Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Daftar Makanan yang Bisa Membantumu Tidur Nyenyak

by Ariesta on 30 Maret, 2016

makanan sehat - CekAja.com

Nyenyak atau tidak tidurmu secara tidak langsung memengaruhi kualitas hidupmu. Kalau tidurmu tidak berkualitas, meskipun sudah terlelap selama delapan jam, bukannya rasa segar yang didapatkan saat bangun melainkan rasa ngantuk dan letih. Tidak hanya kantung mata yang akan menghiasi wajahmu, tapi kamu juga merasa sulit berkonsentrasi dan tidak bertenaga.

Ternyata apa yang kamu makan turut menentukan kualitas tidur. Bagi kamu yang menderita insomnia, ada makanan-makanan tertentu yang berkhasiat membuatmu cepat terlelap. Sebaliknya, ada juga makanan yang mencegahmu mendapatkan tidur nyenyak. Makanan apa sajakah itu?

DO

Buah cherry

Cherry adalah salah satu dari sedikit buah di alam yang mengandung melatonin. Melatonin berkhasiat untuk mengontrol jam biologis tubuh sehingga kamu bisa tidur pada waktunya dan bangun tepat waktu. Menyantap cherry beberapa jam sebelum tidur juga dapat meningkat kualitas dan dirasi tidur pada penderita insomnia.

Kamu yang sulit tidur karena jet lag juga bisa merasakan manfaatnya. Berdasarkan penelitian Universities of Pennsylvania, penderita insomnia yang makan buah cherry sebelum tidur lebih mudah tidur daripada yang tidak makan cherry.

(Baca juga: Makanan Berkhasiat Agar Bisa Langsing dan Cepat Kurus)

Susu

Mungkin kamu teringat kenangan saat ibu atau nenekmu membuatkan segelas susu hangat sebelum tidur. Faktanya susu mengandung asam amino tryptophan yang membuatmu cepat mengantuk.

Kacang kenari

Sama halnya dengan susu, kacang kenari juga sumber terbaik tryptophan, asam amino yang merangsang sekresi  hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini ibarat alarm boologis di tubuh kita yang mengatur siklus tidur. Hasil penelitian University of Texas juga mengungkap kalau kenari kaya akan melatonin yang membuatmu terlelap segera  setelah menyentuh bantal.

Almond

Almond kaya akan magnesium, mineral yang dibutuhkan untuk tidur berkualitas sekaligus mampu menyembuhkan sakit kepala. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Orthomolecular Medicine menemnukan bahwa jika kadar magnesium dalam tubuhmu rendah, kamu akan sulit terlelap.

Teh chamomile

Berdasarkan penelitian, menyeduh teh kamomil membantumu cepat terlelap. Secangkir teh chamomile dapat meningkatkan glisin, senyawa kimia yang dapat  melemaskan saraf dan otot, serta bertindak seperti obat penenang ringan.

Madu

Kandunga gula alami dalam madu meningkatkan kadar insulin dan tryptophan. Menurut ahli nutrisi  Lindsey Duncan dalam acara DrOz.com, sesendok teh madu sebelum tidur yang dicampur ke dalam teh chamomile membuat istirahatmu makin berkualitas.

Don’t

Kafein tersembunyi

Secangkir kopi sebelum tidur jelas-jelas bisa menganggu kualitas tidurmu. Namun kafein tersembunyi yang terdapat dalam makanan lain juga bisa membuat tidur tidak nyenyak meski kadarnya sedikit. Terutama bagi kamu yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein, kamu harus menghindari cokelat karena bisa mengandung sejumlah kafein yang sama dengan soda. Untuk tidur terbaik, jangan mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur.

Burger

Lemak jenuh dan garam yang terdapat dalam setangkup burger menstimulasi asam berlebihan di dalam perut. Perut jadi tidak nyaman, nyeri, sehingga tidur pun terganggu. Selain bisa mengganggu kualitas tidur, kamu juga bisa semakin gemuk.

Makanan pedas

Sistem pencernaan seharusnya beristirahat saat kamu tidur. Tapi makanan pedas membuatnya tetap terjaga dan mengakibatkan mulas. Kamu pun jadi harus bolak balik ke kamar mandi sehingga kualitas tidur terganggu.

(Baca juga: Ingin Sehat? Ini Rekomendasi Makanan Sehat Berdasarkan Shio di Tahun 2016)

Makanan berprotein tinggi

Protein, meski sangat dibutuhkan dalam porsi diet sehari-hari, merupakan pilihan yang tidak tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi seperti steak sulit dicerna. Padahal sistem pencernaanmu tidak boleh bekerja keras menjelang waktu tidur.

Terlalu banyak minum air

Minum air putih memang bagus agar tubuh tidak dehidrasi. Namiun minum terlalu banyak sebelum tidur membuat tidurmu terganggu karena kamu harus buang air kecil. Idealnya minumlah batasi asupan air putih dua jam sebelum tidur agar istitahatmu lelap.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami