Daftar Merk Mobil Paling Laris di Indonesia 2020, Apa saja?

5 min membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Selain Toyota, ada beberapa nama lainnya yang termasuk dalam kategori merk mobil paling laris di Indonesia 2020. Kira-kira apa sajakah merk tersebut? Cek informasi lengkapnya di sini.

Pertumbuhan Pasar Mobil di Indonesia Sempat Melambat

Sebelumnya, enam bulan awal di tahun ini, pertumbuhan pasar otomotif khususnya kendaraan roda empat sempat mengalami perlambatan.

Hal tersebut diakibatkan karena pandemi Corona yang juga mewabah di Tanah Air. Alhasil, terjadi penurunan pembelian mobil.

Mengutip dari laman Otomotif Kompas, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau disingkat Gaikindo, penjualan wholesales periode Januari sampai Juni, hanya mencapai 260.933 unit.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, selisih penjualan pada periode yang sama tersebut kira-kira sekitar 221.164 unit.

(Baca Juga: 10 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan)

7 Merk Mobil Paling Laris di Indonesia 2020

Lantas, apa saja merk mobil paling laris di Indonesia 2020? Berikut ini CekAja rangkum informasinya berdasarkan laman Otosia.com.

1. Honda Brio

Kisaran Harga: Mulai dari Rp147 juta

Honda berhasil menduduki peringkat pertama sebagai merk mobil paling laris di Indonesia, khususnya edisi September lalu.

Bahkan untuk seri Honda Brio, total penjualannya mencapai 4.973 unit.

Pabrikan otomotif asal Jepang ini memang sangat terkenal di Indonesia, dan jadi salah satu pilihan masyarakat saat ingin membeli mobil.

Untuk seri Honda Brio, produk ini diketahui memiliki kapasitas mesin sebesar 1,2 liter, dengan total tenaga yang dihasilkan berkisar 89 hingga 90 ps.

Menyoal transmisinya, seri ini sudah menggunakan transmisi paling handal yakni CVT, yang juga dikenal paling hemat bahan bakar.

Sementara dari segi desainnya, Honda mengusung desain compact nan sporty, yang juga dilengkapi dengan bagasi luas, sehingga cocok untuk dibawa berkendara ke luar kota.

2. Mitsubishi Xpander

Kisaran Harga: Mulai dari Rp218 juta

Tak hanya Honda, pabrikan otomotif asal Jepang ini pula digadang-gadang jadi salah satu merk mobil paling laris di Indonesia 2020, selama periode Januari-September.

Dan satu serinya yang selalu jadi pilihan konsumen Tanah Air adalah Mitsubishi Xpander.
Berjenis MPV, mobil ini mengusung konsep Dynamic Shield, yang membuat tampilannya kian sporty dan elegan.

Tak berhenti disitu saja, karena perawakannya yang gagah sekaligus lebar, Mitsubishi Xpander dinilai memiliki dimensi interior yang lapang.

Apalagi pada bagian belakangnya, yang mampu menampung hingga 1.630 liter.

Untuk dapur pacunya, Mitsubshi melengkapi seri unggulannya ini dengan mesin berteknologi A91 DOHC dengan kapasitas 1,5 liter.

Hebatnya lagi, mesin yang dipakai pabrikan ini adalah inovasi tersendiri, yaitu Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronical Control.

3. Daihatsu Sigra

Kisaran Harga: Mulai dari Rp120 juta

Masih dari pabrikan asal Jepang, berikutnya merk mobil paling laris di Indonesia 2020 adalah Daihatsu. Merek ini memang terkenal dengan produk yang berukuran compact alias kecil.

Salah satu serinya yaitu Sigra, jadi salah satu alternatif mobil keluarga, karena kapasitasnya yang cukup besar, bahkan bisa menampung hingga 7 penumpang.

Mengandalkan mesin berteknologi DOHC VVT-i, mobil ini dapat melaju dengan besaran tenaga sekitar 67 ps dan torsi 4.400 rpm.

Karena tergolong low cost green car, Daihatsu Sigra tentu saja irit bahan bakar, dengan tingkat perbandingan kompresi 5:1.

Disisi lain, mobil keluarah Daihatsu ini juga memiliki ruang kabin yang cukup lapang, sehingga menyoal kenyamanan penumpang, Sigra juaranya.

4. Suzuki Ertiga

Kisaran Harga: Mulai dari Rp207 juta

Siapa yang tak kenal dengan Ertiga? Seri terbaik dari Suzuki ini, berulang kali masuk dalam daftar merk mobil paling laris di Indonesia 2020, khususnya pada bulan Februari, Mei, Juni, dan Juli.

Sentuhan eksterior bodinya yang lebih modern, membuat tampilan Ertiga menjadi sangat menawan dan elegan.

Bukan cuma bodi saja, All New Ertiga juga mengganti desain lampu yang tampak lebih tajam, dengan bentuk seperti gabungan antara BMW seri-3 F3 dan Innova Reborn.

Berbicara mengenai mesinnya, mobil ini hadir dengan mesin baru bertenaga 1.500 cc dan teknologi rangka heartect, untuk menciptakan performa yang lebih halus.

Sementara menyoal sisi keamanannya, All New Ertiga sudah dilengkapi fitur pengaman terbaik, seperti Antilock Braking System, ISOFIX, serta dual SRS airbag.

5. Toyota Avanza

Kisaran Harga: Mulai dari Rp197 juta

Merk mobil paling laris di Indonesia 2020 berikutnya adalah Toyota, yakni seri Avanza.

Perusahaan otomotif yang berpusat di Aichi, Jepang ini, mampu menjual seri Avanza hingga 1.988 unit, selama periode September lalu.

Mobil keluarga ini mengusung dual transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Untuk performa mesinnya, Avanza mengandalkan teknologi DOHC 4 Silinder Dual VVT-i, yang juga hemat BBM.

Sementara dari segi keselamatan penumpang, seri ini dilengkapi dengan fitur penunjang seperti Side Impact Beam, dual SRS Airbag, sabuk keselamatan 3 titik, serta rem Anti-lock Braking System.

6. Toyota Kijang Innova

Kisaran Harga: Mulai dari Rp337 juta

Masih dari merk Toyota, berikutnya seri yang enggak kalah unggul dan kerap dibandingkan dengan Avanza adalah Toyota Kijang Innova.

Seri ini hadir dengan kesan eksterior yang bold dan modern.

Ini bisa dilihat dari tampilan bodinya, ditambah lagi dengan pilihan warnanya yang netral dan terkesan luxury, seperti putih, hitam, abu-abu metalik dan cokelat.

Dua tipe mesin yang digunakan, yaitu 1TR-FE Dual VVT-i (bensin) dan 2GD-FTV berkapasitas 2,4 liter (diesel).

Keduanya menghasilkan tenaga masing-masing, 139 Ps dan 149 Ps, dengan torsi maksimalnya mencapai 18,7 Nm.

Selain itu, Toyota Kijang Innova juga sudah dilengkapi suspensi depan yang handal, dengan memadukan double wishbone with coil spring dan stabilizer.

Untuk suspensi belakangnya, seri ini menggunakan 4 link with coil spring and lateral road.

7. Honda HR-V

Kisaran Harga: Mulai dari Rp301 juta

Seperti merk mobil paling laris di Indonesia 2020 lainnya, Honda HR-V juga telah menggunakan mesin mobil yang handal dan tentunya irit bahan bakar.

Tersedia dalam dua pilihan mesin, Honda HR-V melengkapi dapur pacunya dengan mesin berkapasitas 1.5 liter SOHC dan mesin berkapasitas 1.8 liter SOHC.

Keduanya termasuk jenis mesin SOHC silinder i-VTEC + DBW 16 katup.

Untuk menghasilkan performa yang “sangar”, mobil ini pun mengandalkan teknologi Drive by Wire pada sisi mesinnya.

Beralih ke fitur yang dimiliki, Honda HR-V bisa dibilang punya standar yang tinggi akan hal ini.

Tujuannya tak lain karena ingin memberikan kenyamanan dan keselamatan maksimal bagi pemiliknya.

Adapun fitur yang dimiliki oleh Honda HR-V diantaranya seperti:

  • Dual SRS Airbags
  • Jok ISOFIX
  • Side Impact Beam
  • Seatbelt with Pretensior
  • Emergency Stop Signal
  • Seatbelt Reminder and Load Limiter
  • Keyless Entry
  • Alarm System

(Baca Juga: 9 Merk Ban Mobil Terbaik)

Nah itu dia beberapa merk mobil paling laris di Indonesia 2020. Harganya memang gak murah.

Namun, kualitas mesin hingga fitur yang disematkan dari merk tersebutlah yang menjadikannya unggulan.

Maka dari itu, saat kamu membeli mobil dari merk tersebut, pastikan sudah melengkapi perlindungannya dengan asuransi kendaraan ya.

Sehingga, risiko kerusakan sampai pencurian bisa diminalisir sedini mungkin, karena adanya asuransi.

Terus, bagaimana cara membeli polis asuransi kendaraan?

Gampang kok! Setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung ajukan asuransi kendaraan di CekAja, yang terbukti paling bagus dalam pelayanan.

Bahkan tim CekAja siap memberikan diskon sampai 20 persen buat pengajuan pertama asuransi kendaraan di sini.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, akses laman utama CekAja sekarang juga, dan nikmati beragam manfaat asuransi kendaraan dari portal finansial terbaik ini.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri