9 Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia, Mulai dari Rp400 jutaan Aja!

Daftar mobil listrik murah di Indonesia, memang belum banyak diproduksi. Sebab, para pabrikan otomotif tentu mempertimbangkan kendala pasar, yang masih belum teredukasi mengenai untung rugi membeli mobil dengan teknologi baru ini.

Advertisement

Pemerintah sendiri mendukung dan berupaya, untuk mengadakan era elektrifikasi di Indonesia. Adapun, hal tersebut dibuktikan dengan adanya Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Upaya pengembangan kendaraan listrik adalah untuk mendukung kampanye dunia mengurangi emisi karbon dan penghematan bahan bakar berbasis fosil.

(Baca Juga: Usia Baterai Mobil Listrik)

Penggunaan kendaraan listrik ini ditargetkan mencapai 400 ribu unit di tahun 2025 dikalkulasi dapat mengurangi emisi karbon sebesar 1,4 juta ton.

Selain itu juga bisa menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga 800 juta liter atau sekitar 5 juta barel, jika dikonversi mencapai Rp 3,59 triliun! Nah, berikut CekAja akan memberikan referensi daftar mobil listrik murah di Indonesia.

Rekomendasi Mobil Listrik

1. Nissan Kicks e-POWER

Mobil listrik murah di Indonesia pertama yaitu Nissan Kicks e-Power dan menjadi mobil listrik terbaru yang dikenalkan oleh Nissan Indonesia.

Produksi Nissan ini menjadi mobil listrik termurah yang ada di Indonesia saat ini, lebih murah Rp120 jutaan dibandingkan dengan Hyundai Ioniq.

Namun, memang Nissan Kicks e-Power masih membutuhkan bahan bakar berupa bensin.

Tapi, bahan bakar tersebut digunakan hanya untuk menggerakkan generator. Generator inilah yang nantinya akan berguna untuk mengisi baterai listrik.

Nissan Kicks e-Power menggunakan mesin bensin HR12DE, berkapasitas 1.198 cc, 3 silinder, DOHC, CVTV.

Mesin bensin ini mampu menghasilkan tenaga 78 hp dengan torsi 103 Nm. Sedangkan mesin listriknya mampu mengeluarkan tenaga 128 hp dengan torsi 260 Nm.

Setelah mesin bensin mengisi penuh baterai listriknya maka mesin bensin tersebut akan otomatis mati. Lalu penggerak akan berpindah ke mesin listrik sampai baterainya habis.

Saat baterainya habis, maka mesin bensin akan kembali menyala untuk mengisi daya.

Ibaratnya mesin bensin ini berfungsi sebagai genset berjalan yang dibutuhkan oleh Nissan Kicks. Untuk soal harga, mobil listik murah ini dibanderol mulai dari Rp449 jutaan saja!

2. Hyundai Ioniq EV

Mobil listrik murah di Indonesia kedua dari Hyundai terbilang menjadi mobil listrik termurah jika dibandingkan dengan merek mobil listrik lainnya di Indonesia.

Hyundai Ioniq dibekali baterai Lithium-Ion polymer dengan kapasitas 38,3 kWh. Sekali terisi full, baterai ini kuat diajak berjalan sejauh 350 km lebih.

Untuk lama pengisian baterai normalnya 6 jam. Namun, jika menggunakan fast charging hanya butuh 57 menit untuk mencapai kapasitas baterai 80 persen.

Kombinasi motor dan baterainya tersebut diklaim pabrikan bisa menuntaskan 0-100 km/jam hanya dalam 9,9 detik.

Mobil ini juga dibekali dengan motor listrik yang menjanjikan tenaga puncak 134 dk dan torsi 295 Nm.

Mobil listrik berjenis hatchback ini dijual dalam 2 varian berbeda. Pertama Ioniq Prime dengan harga Rp 624,8 juta, dan tipe Signature dengan harga Rp 664,8 juta.

3. Hyundai Kona Electric

Sama dengan saudaranya, Hyundai Ioniq, Kona Electric juga merupakan mobil listrik murah di Indonesia karena dibanderol dibawah 1 miliar rupiah.

Mobil SUV ini hadir dengan motor listrik magnet synchronous bertenaga 150 kW dan baterai Lithium-Ion 64 kWh. Tenaganya sebesar 201 tk dan torsi maksimum 394 Nm.

Kecepatan maksimalnya diklaim mampu tembus 155 km/jam dengan rincian pengecasan 9 jam untuk normal charging.

Tapi jika menggunakan fast charging hanya membutuhkan waktu 75 menit sampai baterai terisi 80 persen.

  • Harga : Rp 697 juta

4. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi mobil listrik murah di Indonesia, terbukti mobil elektrifikasi ini paling laris di Indonesia karena berhasil terjual sebanyak 652 unit selama 2020.

Dulu mobil ini dikenal berbentuk sedan, saat ini berubah wujud menjadi SUV Crossover dibekali mesin berkode 2ZR-FXE 1.8L dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 ps dan torsi 162,7 Nm.

  • Harga : Rp 510,5 juta

5. BMW i3

BMW i3 ini sebenarnya tidak masuk kategori mobil listrik murah di Indonesia, karena walaupun bentuknya kecil tapi dibanderol harga yang cukup tinggi.

Mobil ini bisa dibilang sebagai pionir mobil listrik murni yang dijual secara resmi untuk pasar Indonesia.

Mobil ini diproses menggunakan motor listrik dan baterai berdaya 42,2 kWh. Kombinasi tersebut mampu semburkan tenaga 184 dk dan torsi puncak 270 Nm.

  • Harga : Rp1.309 Milyar

6. Lexus UX300e

PT Toyota Astra Motor merilis mobil listrik pertamanya, yakni Lexus UX 300e. Mobil ini dibekali motor listrik berkapasitas 54,35 kWh dengan tenaga 201 Tk dan torsi 300 Nm, serta daya jelajah hingga 300 km dalam sekali pengisian daya listrik.

Pengisian baterai mobil ini membutuhkan waktu 24 jam untuk 0-100 persen saat menggunakan listrik rumah.

Namun dengan AC Wall charger membutuhkan 5-6 jam dan DC Fast Charging di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hanya 50 menit.

  • Harga : Rp1,245 miliar (berstatus CBU dari Jepang)

7. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV termasuk daftar mobil listrik murah di Indonesia karena menawarkan keunggulan bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt.

SUV berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dari Mitsubishi Motors ini memadukan mesin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 hp dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik 13,8 kWh dan motor di bagian depan dan belakang.

Untuk motor penggerak bagian depan berdaya 80 hp dengan torsi 199 Nm, sedangkan untuk motor penggerak bagian belakang bertenaga 93 hp dengan torsi 195 Nm.

  • Harga : Rp 1,309 miliar

8. Toyota Prius PHEV

Mobil listrik murah di Indonesia terakhir dari Toyota Prius PHEV, mengandalkan dua tenaga berbeda, listrik dan mesin bensin.

Tenaga listrik di bagian depan mengandalkan permanent magnet synchronous motor dengan daya sebesar 53 kW dan torsi 163 Nm.

Di sektor mesin konvensional hadir mesin berkapasitas 1.8L Hybrid Synergy Drive bertenaga 72 kW serta torsi 142 Nm.

Mesin ini punya speed tertinggi 160 kpj dengan konsumsi bahan bakar rata-rata hasil pengujian mencapai 42 kpl.

Jika baterai terisi penuh bisa menempuh jarak 68,2 km, cukup pendek, untungnya tenaga mobil ini tidak cuma mengandalkan tenaga dari baterai saja.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sampai full sekitar 2 jam 20 menit, atau bisa dengan quick charging selama 20 menit untuk terisi hingga 80 persen menggunakan kabel type 2.

  • Harga : Rp 884 juta

9. Tesla Model 3 Facelift

Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat ini masuk ke Indonesia melalui Prestige Motorcars.

Tesla Model 3 dengan varian Standard Range Plus dibekali satu motor listrik berkekuatan 241 dk penggerak roda belakang.

Proses charger baterai sampai penuh butuh waktu 107 menit menggunakan kabel tipe 2.

Tapi jika ingin lebih cepat, kamu bisa gunakan Tesla Supercharger, sehingga hanya butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk terisi sampai 80 persen.

  • Harga : Rp 1,5 miliar (Tesla Model 3 Facelift)

Tantangan Kendaraan listrik

Produsen otomotif juga harus menghadapi beberapa tantangan dalam rangka mempercepat hadirnya era kendaraan listrik di Indonesia.

  • Baterai
  • Jarak terbatas dan membutuhkan ukuran baterai yang berat dan besar
  • Pengisian baterai yang masih relatif masih lama
  • Harga baterai masih tinggi
  • Umur baterai bervariasi bisa sampai 8 tahun tergantung pemakaian kendaraan
  • Sosialisasi dan pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap kendaraan listrik.
  • Integrasi terhadap grid.

Nah, itu dia daftar mobil listrik murah di Indonesia. Yang mana mobil impianmu?

Memiliki kendaraan idaman, menjadi suatu kebanggaan tersendiri, terlebih jika itu adalah hasil dari capaian kerja selama ini.

Sehingga, penting banget nih untuk memiliki asuransi mobil sebagai bentuk proteksi atas kendaraan yang dimiliki.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Pengajuan Asuransi Kendaraan KSK Indonesia)

Apalagi, kondisi-kondisi tak terduga di masa mendatang, entah menyangkut kondisi fisik mobil hingga risiko kecelakaan di perjalanan.

Selain itu, bisa menjaga kondisi finansial agar tetap stabil. Karena, segala tanggungannya akan dialihkan ke pihak asuransi.

Sehingga membeli polis asuransi mobil dengan premi murah menjadi solusi cerdas untuk jaminan jangka panjang.

CekAja.com siap membantu kamu dalam membandingkan berbagai asuransi kendaraan terbaik di Indonesia. Yuk, segera ajukan proteksi kendaraan impian kamu di CekAja.com!

Advertisement