Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Negara Terbaik untuk Investasi, Indonesia Masih Termasuk?

by Ayunindya Annistri on 4 November, 2019

Tahun lalu, Indonesia dinobatkan sebagai salah satu negara terbaik untuk investasi yang dirilis oleh pihak US News & World Report.  Gelar tersebut hanya bisa didapat bila telah memenuhi beberapa kriteria khusus.

Berdasarkan laporan Bank Dunia, suatu negara bisa dikatakan layak untuk investasi, jika memenuhi empat syarat, meliputi penduduk, hubungan antar penduduk, lingkungan, serta kerangka kerja negara yang mendorong tiap individu maupun perusahaan untuk melakukan investasi di berbagai sektor.

Untuk mendapatkan hasil yang valid, US News melakukan survei terlebih dahulu pada 80 negara, dengan total 21 ribu orang lebih di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya itu saja, US News juga melakukan pengukuran terhadap 65 atribut berbeda yang mana hanya berfokus pada delapan atribut, antara lain adalah kewirausahaan, stabilitas ekonomi, keahlian teknologi, kualitas hidup, dinamisme, keterampilan SDM, korupsi, serta pajak yang menguntungkan.

(Baca Juga: Investasi Modal Mini dengan Tabungan Emas Pegadaian)

Di tahun 2019 ini, US News kembali merilis daftar terbaru negara terbaik untuk investasi. Namun sayangnya, Indonesia harus berada di peringkat ke-18 setelah berhasil dikalahkan oleh Arab Saudi yang kini menduduki peringkat ke-2. Hal ini karena beberapa faktor tertentu dan salah satunya terkait perizinan yang masih dipersulit.

Dengan diikuti 6 ribu lebih partisipan yang dijuluki decision maker dalam dunia bisnis global, berikut daftar terbaru 8 negara terbaik untuk investasi versi US News:

1. Uruguay

Tahun ini, hasil survei menunjukan negara Uruguay unggul dan menempati peringkat pertama dalam daftar negara terbaik untuk investasi, setelah melesat jauh 12 ranking dari tahun sebelumnya. Negara yang memiliki total GDP mencapai USD 56, 2 miliar atau setara Rp 787 triliun ini, dianggap menarik oleh para investor, karena sistem pemerintahan dan lingkup bisnisnya yang lebih stabil dibanding negara Amerika Latin lainnya.

2. Arab Saudi

Peringkat kedua diraih oleh Arab Saudi. Negara yang unggul di sektor minyak ini diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan ekonomi. Menurut data International Monetary Fund (IMF), laju ekonomi Arab Saudi di tahun 2019 sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dari perkiraan sebelumnya yakni sebesar 1,8%. Karena faktor inilah menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu negara terbaik untuk investasi.

3. Costa Rica

Selanjutnya ada Costa Rica yang menempati peringkat ketiga dalam daftar negara terbaik untuk investasi. Negara ini sempat dijuluki sebagai negara paling bahagia di tahun 2016 silam. Dari data yang didapat, Costa Rica berhasil meraih GDP sebesar USD 57, 1 miliar atau sekitar Rp 802 triliun.

(Baca Juga: Mau Investasi Emas atau Perak? Simak Dulu Perbandingan Untung-Ruginya di Sini)

4. Luxembourg

Dengan total GDP mencapai USD 62,4 miliar, Luxemborg berhasil meraih peringkat keempat sebagai negara terbaik untuk investasi di tahun 2019 ini. Meskipun, negara ini terbilang kecil dibandingkan negara maju lainnya, Luxemborg justru menjadi negara yang bisa memberikan kesejahteraan bagi penduduk sekitarnya. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi.

5. India

Walau masih berstatus negara berkembang, tetapi India terbilang cukup potensial, terutama dari segi ekonomi. Salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini berhasil melesat naik dalam daftar negara terbaik untuk investasi versi US News. Jika sebelumnya India menempati peringkat ke-9, di tahun 2019 ini, negara tersebut berhasil menggeser posisi Singapura yakni di peringkat ke-5.

6. Polandia 

Pertumbuhan ekonomi Polandia yang kian pesat, menjadikan negara tersebut digandrungi oleh para investor asing.  Negara dengan ekonomi terbesar di Uni Eropa ini berhasil meraup GDP sebesar USD 524,5 miliar atau setara Rp 7,3 trilun.  Setiap tahunnya, pemerintah Polandia selalu memberikan insentif kepada para pelaku usaha baik milik lokal maupun asing, agar perekonomian negara tersebut tetap berkembang pesat ditengah persaingan ekonomi global.

7. Qatar 

Qatar pernah menjadi negara termiskin lantaran banyaknya kawasan kumuh di negara tersebut. Namun, mulai dari tahun 1971, negara tersebut berhasil memajukan perekonomiannya karena ditemukan gas alam dan minyak bumi. Hingga saat ini, Qatar masih menjadi negara primadona bagi para investor asing, termasuk pula Indonesia.

8. Vietnam 

Vietnam juga berhasil memboyong gelar sebagai negara terbaik untuk investasi. Negara yang terletak di pinggir timur semenanjung Indocina Asia Tenggara ini memiliki pertumbuhan GDP sekitar 7,1% dengan total USD 223, miliar atau sekitar Rp 3,1 triliun.

Itu lah beberapa negara yang dapat dijadikan tujuan untuk berinvestasi. Untuk informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau