Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Negara yang Dianggap Miliki Udara Terbersih di Dunia, Kunjungi Yuk!

by Ariesta on 1 Maret, 2016

Liburan murah - CekAja

Bosan dengan polusi? Kamu bisa kunjungi beberapa daftar negar ayang dianggap miliki kualitas udara terbaik berikut ini. Liburan pun bisa sambil hirup udara segar. Kunjungi yuk!

Kota-kota besar identik dengan kemacetan dan berbagai polusi. Polusi suara, polusi air, polusi udara, merupakan pemandangan biasa di kota seperti Jakarta. Kamu yang tinggal di kota berpolusi pun pasti ingin tinggal di tempat yang memiliki kualitas udara yang bersih dan segar.

Bukannya apa-apa, kualitas udara juga mempengaruhi kualitas kesehatan. Berdasarkan WHO (World Health Organization), faktor-faktor seperti jumlah populasi, peraturan pemerintah akan ambang batas polusi, sangat mempengaruhi  besih atau tidaknya udara di kota tersebut. Tentu saja faktor-faktor lain seperti hutan kota juga mempengaruhi.

Nah apa saja 10 negara dengan kualitas udara terbersih di dunia? Ini daftarnya.

10. Luxemburg

luxembourg-500x375

Negara kecil di Eropa Barat ini memiliki udara yang sangat bersih. Populasi penduduknya hanya 543.202 jiwa dengan kesadaran lingkungan tiggi. Wilayahnya yang kecil bahkan bisa dikelilingi dengan bersepeda selama tiga hari. Peraturan pemerintah yang ketat dan kepadatan penduduk yang rendah membuat negara ini menyandang peringkat ke 10 negara dengan udara terbersih.

9. Irlandia

ireland-500x375

Dengan banyaknya perbuktikan dan ruang terbuka hijau, Irlandia mampu menjaga kualitas udara di negaranya. Selain karena aturan pemerintah yang ketat soal polusi, para penduduk Irlandia beruntung karena angin kencang dari laut utara turut menyapu polusi udara.

8. Swedia

sweden-500x332

Sebagai garda depan di bidang inovasi di antara negara-negara Eropa, Swedia memang bisa membuat iri hampir setiap negara di dunia. Selain kemajuan besar mereka dalam hal ekonomi, politik, dan sosial, Swedia telah mampu melindungi satwa liar dan kualitas udara bersih dengan sangat efektif.

(Baca juga: Inilah Resor Termewah di Berbagai Negara)

7. Selandia Baru

new-zealand-500x330

Negeri para Hobbit ini memang terkenal dengan alamnya yang spektakuler. Selandia Baru dihuni oleh sekitar 4,5 juta jiwa dengan kepadatan 17 jiwa per kilometer persegi. Ungkapan bahwa lebih banyak domba/biri-biri dibandingkan manusia di memang cocok karena negara ini terkenal dengan ekspor wolnya. Keseimbangan antara alam dan kehidupan warganya membuat Selandia Baru minim polusi udara.

6. Denmark

denmark-500x373

Denmark tidak hanya bergelar negara dengan kualitas hidup terbaik, tapi juga udara terbersih. Polusi di Denmark bahkan hanya setengah dari tetangganya Jerman. Padahal Jerman juga terkenal dengan kebersihan udaranya.

5. Estonia

estonia-500x375

Estonia, negara yang terletak di utara Eropa ini berbatasan langsung dengan laut Baltik. Negara ini terdiri dari lebih dari 1.500 kepulauan, pantai berbatu, hutan, dan danau. Negara yang dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet ini pernah meraih peringkat pertama sebagai negara dengan udara terbersih di dunia, tapi kini jatuh ke posisi lima. Meski demikian, hutan yang masih asli menjadi penyumbang terbesar kesegaran udara di Estonia.

4. Brunei Darussalam

brunei-mosque-500x332

Sebagai salah satu negara berkembang di Asia, Brunei mampu menjaga kualitas udara bersih terlepas dari industri yang terus berkembang. Kunci sukses Brunei tidak lain karen jumlah populasi penduduknya yang kecil dan area negara yang tidak terlalu luas jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

3. Finlandia

finland-500x332

Di peringkat tiga ada Finlandia dengan kadar udara bersih dua kali lebih baik daripada tetangganya Norwegia. Alam liar dan hutan yang masih terjaga, serta populasi yang sedikit membuat penduduk negara ini bisa menghirup udara segar berkualitas. Tak mengherankan jika Finladia menyabet gelar sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia.

 2. Kanada

canada-500x375

Terlepas sebagai salah satu negara terluas di dunia, kepadatan penduduk di Kanada masih rendah. Kepadatan di Kanada hanya 3,4 jiwa per kilometer dengan luas area 9,9 juta kilometer persegi. Bandingkan dengan China yang seluas 9,5 juta kilometer persegi namun dihuni oleh 145 jiwa per kilometernya.

(Baca juga: Tanda Tangan Orang-orang Ini Membuat Negara-negara Pengutang Bisa Bermodal)

1. Islandia

iceland-500x332

Gelar negara dengan kualitas udara terbersih di dunia diraih oleh Islandia. Sebagai negara yang paling jarang penduduknya di Eropa, Islandia tidak memiliki banyak kesulitan menjaga polusi udara, terutama setela banyak area tidak bisa ditempati karena aktivitas vulkanik. Islandia ibarat sebuah cagar alam murni dengan ekonomi mapan dan berada di peringkat ke 13 dalam hal Indeks Pembangunan Manusia.

Tentang Penulis