Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Daftar Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

by lhmdi on 27 Mei, 2017

serangan jantung_asuransi kesehatan - CekAja.com

Masih banyak masyarakat yang menggangap olahraga saat puasa merupakan hal yang sia-sia untuk dilakukan. Di tambah rasa malas yang tinggi, rencana untuk berolahraga akhirnya hanya jadi wacana.

Namun, olahraga di bulan puasa ternyata sangat penting dilakukan. Apalagi saat bulan puasa, pola makan dan istirahat juga mengalami perubahan. Oleh karena itu tubuh perlu dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak.

Tujuannya, tubuh yang lesu dan lemas, justru tetap terjaga karena setiap gerakan dengan berolahraga dapat menjaga metabolisme tubuh tetap dapat berjalan optimal. Hasil yang berbeda akan didapat jika tubuh tidak dilatih untuk bergerak. Karena otot, metabolisme dan hormon tubuh akan mengalami kondisi yang menurun dari sebelumnya.

Program dan jenis olahraga saat puasa

Oleh karena itu, jika sedang berpuasa, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, bukan malah berhenti. Sebaiknya rancang segera program-program untuk mengolah tubuh secara rutin dalam waktu satu bulan puasa. Lalu, olahraga apa saja yang tepat dilakukan saat bulan puasa?

Pada minggu pertama, rancang latihan yang fokus pada gerakan sederhana yang menggunakan bobot tubuh sebagai beban. Jenis olahraga yang dilakukan sederhana seperti gerakan squas, atau berjalan kaki dengan cara naik tangga.

Minggu kedua, lakukan program latihan yang mengajak tubuh untuk beradaptasi dengan olahraga menggunakan alat-alat yang sederhana. Lalu, lakukan olahraga ini secara bertahap agar tubuh kamu semakin mendapatkan manfaat olahraga ketika di bulan puasa nanti.

Menjelang akhir puasa, rencanakan untuk menurunkan frekuensi latihan dan fokus pada mengembalikan energi yang prima, karena akan dibutuhkan sebagai persiapan Idul Fitri.

Karena itu pilih olahraga yang sederhana dan tidak memerlukan intensitas tinggi. Beberapa aktifitas atau olahraga outdoor pun bisa dipilih untuk menjaga kondisi tubuh. Berikut beberapa olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan di luar ruangan:

  1. Jogging

Jogging atau lari pelan saat puasa merupakan salah satu bentuk olahraga dengan intensitas ringan atau gerakan yang tidak memaksa otot tubuh bekerja terlalu berat. Manfaatkan waktu setelah sahur dan di pagi hari untuk melakukannya.

Dengan Jogging di pagi hari rasa lelah dan mengantuk setelah sahur bisa berkurang. Hal ini terjadi karena tubuh akan membakar kalori yang sudah kamu lakukan saat sahur nanti. Sisakan sedikit waktu untuk melakukan jogging di pagi hari.

  1. Bersepeda

Selain jogging atau lari santai, bersepeda santai untuk berolahraga di pagi hari atau setelah sahur bisa dilakukan. Selain dapat membakar kalori tubuh, bersepeda juga dapat membakar sekitar 300 kalori tubuh. Karena itu, sisakan waktu selama 30 menit untuk bersepeda di bulan puasa!

  1. Renang

Olahraga yang menyegarkan di bulan puasa adalah renang. Selain mampu membakar sekitar 300 kalori tubuh, renang di sore hari atau menjelang buka puasa juga akan membantu tubuh untuk tidak lemas dan membuat pikiran kamu terasa malas.

Namun, harus waspada agar air yang ada di kolam tidak masuk ke dalam mulut dan justru membatalkan puasa itu sendiri.

  1. Jalan Cepat

Jenis olahraga berikutnya yang bisa dilakukan adalah jalan cepat. Rencanakan olahraga ini di sore hari dan lakukan selama 30 menit untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa.

  1. Yoga

Yoga dikenal mampu memberikan rasa tenang kepada tubuh setelah melakukannya. Selain Yoga juga dikenal mampu mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Yoga bisa dilakukan di luar ruangan atau outdoor, seperti di taman-taman atau halaman rumah. Lakukan olahraga ini dalam rentang waktu 30 menit hingga satu jam untuk menjaga keseimbangan tubuh selama bulan puasa.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami