Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Orang Sukses dan Terkenal yang Miliki Kebiasaan Tidur Paling Aneh

by Ariesta on 10 Mei, 2016

Bagi orang sibuk dan sukses, tidur nyenyak merupakan hal mewah. Ini karena mereka sangat sulit menemukan waktu istirahat di tengah rutinitas dan jadwal yang padat.

Karena waktu yang terbatas, mereka benar-benar melakukan segala cara untuk mendapatkan tidur berkualitas. Mereka tidak akan membiarkan insomnia, pekerjaan, atau suara pasangan yang mendengkur menganggu. Untuk mendapatkan tidur terbaik, beberapa di antara orang sukses ini bahkan punya ritual unik nan aneh seperti berikut ini.

Tidur di snoratorium kedap suara ala Tom Cruise

tom-cruise-sleeps-in-a-sound-proof-snoratorium

Tidak banyak yang tahu kalau Tom Cruise punya kebiasaan mendengkur yang cukup parah. Agar tidak menganggu orang lain, Cruise menyulap ruangan kecil di bagian belakang rumahnya menjadi snoratorium di mana dia bisa mendengkur dengan damai.

Ruangan tersebut dibuat kedap suara, nyaman, dan gelap. Cocok bagi para pendengkur berat yang ingin tidur nyenyak tanpa membuat orang lain merasa terganggu.

Tidur sore dua jam ala Winston Churchill

winston-churchill-took-a-two-hour-nap-every-day

Tidur setelah jam tiga sore tidak baik untuk kesehatan. Tidur siang sebaiknya dilakukan di antara pukul 12 sampai pukul tiga dengan durasi tidak lebih dari dua jam. Namun Winston Churchill justru sebaliknya. Setiap jam lima sore, sang perdana menteri akan minum wiski berkadar alkohol rendah dan soda lalu tidur selama dua jam.

Churcill beranggapan cara ini membuatnya bisa terjaga selama 24 jam ke depan untuk menyelesaikan pekerjaan. Churcill memang terkenal sering begadang. Karena kebiasaan tidurnya yang tak menentu ini, ada rumor kalau sang perdana menteri pernah menyelenggarakan meeting untuk membahas tentang perang dunia sambil berendam.

(Baca juga: Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur)

Tidur 15 jam ala Mariah Carey

mariah-carey-surrounds-her-bed-with-20-humidifiers-and-needs-15-hours-of-shut-eye-per-night

“Aku harus tidur 15 jam sehari supaya bisa menyanyi dengan baik,” kata Carey saat diwawancarai media pada tahun 2007.

Tak hanya waktu tidur yang panjang, ia juga mengaku menaruh 20 pelembab udara di sekeliling tempat tidur. Tujuannya agar udara di kamar tidak kering dan saat bangun suaranya tidak serak.

Bantal harus mengarah ke posisi tertentu ala Stephen King

all-of-stephen-kings-pillows-are-pointed-in-a-certain-direction

Berdasarkan buku karya Lisa Rogak, Haunted Heart: The Life and Times of Stephen King, sang ilmuwan harus menyikat gigi, mencuci tangan, dan menyusun bantal-bantal ke arah tertentu. Jika semua tersebut tidak dilakukan Stephen King sulit untuk tidur nyenyak.

Tidur menghadap ke utara ala Charles Dickens

charles-dickens-slept-facing-north-to-improve-his-creativity

Sastrawan Inggris Charles Dickens menderita insomnia akut. Tapi cara untuk mengobati insomnia ini cukup unik. Dia selalu membawa kompas ke manapun dia pergi agar di selalu tidur dan menulis menghadap ke arah utara. Pengarang Oliver Twist ini percaya jika dengan menghadap ke utara, otaknya bisa berpikir lebih kreatif.

Tidur sepanjang hari setiap empat bulan sekali ala Marissa Mayer

marissa-mayer-catches-up-on-sleep-during-weeklong-vacations-every-four-months

CEO Yahoo Marissa Mayer terkenal sebagai bos yang gila kerja. Kebiasaan workaholic-nya ini membuatnya bisa bekerja hingga 130 jam sehari dengan rata-rata durasi tidur 3-4 jam per hari.

Untuk membayar waktu istirahat yang kurang, Mayer rutin mengambil cuti setiap empat bulan sekali. Saat itulah dia bebas tidur sepanjang hari.

(Baca juga: Tiga Penyakit Langka yang Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan)

Menempelkan alumunium foil di jendela ala Eminem

eminem-puts-tin-foil-on-his-windows-to-keep-out-the-light

Kebanyakan orang harus mematikan lampu untuk mendapatkan tidur lelap. Selain itu tidur di kamar gelap lebih bagus untuk kesehatan dibandingkan tidur dalam ruangan yang terang. Tapi tidak demikian dengan Eminem.

Sang rapper menempelkan alumunium foil di jendela agar mendapat ilusi terang. Dia juga lebih senang tidur di tempat yang tidak senyap alias ramai oleh suara kendaraan bermotor atau suara orang-orang. Cara ini diklaim meminimalisir jetlag saat traveling ke tempat yang zona waktunya berbeda.

Menyimpan semua gadget di luar kamar ala Arianna Huffington

arianna-huffington-turned-her-bedroom-into-a-slumber-palace

Setelah pingsanakibat kelelahan dan terbangun di atas genangan darahnya sendiri pada 2007, Arianna Huffington kini menjadi mentor bagi siapapun yang mendambakan tidur nyenyak.

Huffington menyulap kamarnya sedemikian rupa lengkap dengan kanopi dan tirai. Sebelum tidur, dia mematikan semua alat elektronik dan menyimpannya di luar kamar. Setelahnya dia berendam air hangat yang dicampur dengan garam dan miyak lavender untuk membuat tubuh lebih rileks dan mengenyahkan stres. Terakhir, dia membaca buku puisi atau filosofi sampai jatuh terlelap.

 

Tidur 20 menit setiap empat jam ala Leonardo da Vinci  

leonardo-da-vincis-sleep-schedule-included-20-minute-naps-every-four-hours

Da Vinci merupakan penganut pola tidur ekstrem yang disebut siklus tidur Uberman. Pelukis Monalisa ini tidur selama 20 menit setiap empat jam.

Siklus tidur yang tidak biasa ini dipercaya bisa membuat seniman/penemu/ilmuwan terjaga lebih lama di siang hari. Tapi siklus ini juga membuat mereka sulit bekerja untuk menyelesaikan projek jangka panjang karena terpotong tidur setiap empat jam sekali.

 

Tidur di ketinggian 8.500-9.000 kaki ala Michael Phelps

michael-phelps-sleeps-in-a-chamber-with-air-comparable-to-8500-to-9000-feet

Semakin tingginya tempatnya, semakin tipis kadar oksigen. Metode inilah yang dipilih oleh perenang Amerika sekaligus pemecah rekor dunia Michael Phelps.

 Dengan menempatkan kamar di ketinggian 8.500-9.000, tubuh Phelps dipaksa bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah dan mengirim oksigen ke otot. Cara ini meningkatkan kekuatan tubuh Phelps menjelang kompetisi.

Tidur tidak lebih dari dua jam ala Nikola Tesla

inventor-nikola-tesla-never-slept-for-more-than-two-hours-a-day

Sama halnya dengan Da Vinci, Tesla juga menjalankan siklus tidur Uberman. Bedanya, penemu dan fisikawan yang memprakarsai arus listrik bolak-balik ini tidak pernah tidur lebih dari dua jam sehari. Tapi bukannya mengantuk, Tesla justru bisa bekerja 84 jam di laboratorium tanpa istirahat.

(Baca juga: Kenapa Wanita Mesti Tidur Lebih Lama Dibanding Pria?)

Wah, aneh-aneh ya kebiasaan tidur mereka? Tapi untuk kamu yang tidak terbiasa sebaiknya tetap melakukan rutinitas tidur minimal 6-8 jam sehari. Kurang tidur tidak baik untuk kesehatan lho, bahkan bisa mendatangkan penyakit berat!

Kalau sudah begini, kamu pun harus keluar uang untuk sembuh, kecuali kalau kamu sudah mengantongi asuransi kesehatan. Kalau belum punya, CekAja siap membantumu memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis