Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

by Miftahul Khoer on 27 Januari, 2020

Banyak orang yang merasa Liga Indonesia banyak tertinggal dibandingkan liga-liga negara Asia lainnya. Bahkan dibandingkan Thailand dan Malaysia, Liga Indonesia masih kalah dalam urusan peringkat di Asia.

Akan tetapi, kondisi tersebut ternyata tidak menghalangi pemain-pemain top dunia untuk bermain di Indonesia. Pesona Indonesia mampu membuat beberapa nama besar yang pernah mentas di liga-liga Eropa dan Piala Dunia mau bermain di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

Michael Essien - Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Nama Michael Essien tentu sudah tidak asing lagi di telinga pecinta sepakbola dunia. Dia merupakan pemain tim nasional Ghana yang pernah bermain di Piala Dunia Edisi 2006 dan 2014.

Essien juga memiliki pengalaman mumpuni dengan telah malang melintang di berbagai klub besar Eropa seperti Real Madrid, Chelsea, dan AC Milan. Pada 2017, dia membuat publik sepakbola Indonesia gempar karena memutuskan untuk bergabung sebagai pemain Persib Bandung, salah satu klub legendaris di Liga Indonesia.

Essien bermain selama satu musim untuk Persib Bandung, namun belum berhasil memberikan kontribusi gelar untuk klubnya tersebut. Saat ini, Essien bermain di Liga Azerbaijan bersama FK Sabail.

Peter Odemwingie - Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Pemain tim nasional Nigeria yang pernah unjuk gigi di Piala Dunia edisi 2010 dan 2014 ini juga sempat meramaikan pesepakbolaan Indonesia dengan bermain bersama Madura United pada musim 2017/2018 bersamaan dengan datangnya Michael Essien ke Persib Bandung.

Peter bermain untuk Madura United hingga Januari 2019 untuk kemudian memutuskan pensiun sebagai pemain. Sebelum bermain di Indonesia, dia pernah merasakan ketatnya liga Eropa dengan bermain untuk Stoke City, Bristol City, Cardiff, dan West Bromwich Albion di Liga Inggris.

Selain itu, dia juga pernah bermain untuk Lokomotiv Moscow di Rusia dan juga LOSC Lille di Perancis. Bersama Madura United, pemain ini mampu mencetak 15 gol.

Shane Smeltz - Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Pemain andalan tim nasional Selandia Baru, Shane Smeltz juga pernah merumput di liga Indonesia bersama Borneo FC pada 2017 silam.

Smeltz pernah merasakan semarak Piala Dunia pada 2010 bersama Selandia Baru dan berada satu grup dengan Italia, Paraguay, dan Slowakia.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Streaming Sepakbola Liga Champions Terbaik)

Pemain ini lama malang melintang di Liga Australia dan pernah juga bermain di liga Turki dan Malaysia. Meskipun pernah bermain di Piala Dunia, namun kiprahnya bersama Borneo FC kurang cemerlang hingga akhirnya Smeltz memutuskan untuk pensiun sebagai pesepakbola di usia 36 tahun pada 2018 silam.

  • Pierre Njanka

Pierre Njanka - Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Pierre Njanka merupakan pemain tim nasional Kamerun yang pernah merasakan bermain di Piala Dunia 1998 dan 2002. 

Njanka bermain di Liga Indonesia sejak 2008 saat membela Persija Jakarta yang merupakan klub pertamanya di Indonesia. 

Kemudian pada 2009 dia memperkuat Arema FC dan pindah ke Mitra Kukar tahun 2011 serta pada 2012 pindah ke Persisam Putra yang saat ini telah berganti nama menjadi Bali United sebelum memutuskan pensiun pada 2013 silam.

  • Roger Milla

Roger Milla - Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Roger Milla merupakan pemain sepakbola andalan tim nasional Kamerun pada Piala Dunia 1982, 1990, dan 1994. Pemain pemilik selebrasi gol khas berdansa di bendera sepak pojok lapangan ini pernah bermain pada sejumlah klub Eropa seperti Saint Etienne, Montpellier, SEC Bastia, dan AS Monaco di Perancis.

Milla pertama kali merumput di Liga Indonesia pada musim 1994 bersama Pelita Jaya, kemudian pada 1995 pindah ke Putra Samarinda hingga pensiun tahun 1996.

Meskipun bermain di Liga Indonesia pada usia yang tidak muda, yakni 42 tahun, Milla mampu bermain impresif dengan mencetak 23 gol bersama Pelita Jaya dalam 23 pertandingan serta 18 gol dari 12 pertandingan bersama Putra Samarinda.

  • Mario Kempes

Mario Kempes - Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Mario Kempes merupakan salah seorang legenda tim nasional Argentina yang pernah membela tim nasional Negeri Tango tersebut pada Piala Dunia tahun 1974, 1978, dan 1982.

Kempes sudah kenyang pengalaman bermain di liga top Eropa bersama Valencia dan Hercules CF di Spanyol, Vienna, SC Polten, dan Kremser FC di Austria. Kempes juga pernah bermain untuk River Plate, CA Rosario, dan Instituto AC di Argentina.

Pemain ini memutuskan pindah ke Liga Indonesia pada 1996 di usia 41 tahun untuk bermain bersama Pelita Jaya.

Selain nama-nama di atas, ada juga Emmanuel Maboang Kessack yang membela Pelita Jaya pada 1997-1998 yang kometisinya berhenti karena krisis moneter. Dia pernah bermain untuk kamerun di Piala Dunia 1990 dan 1994.

(Baca juga: Inilah Daftar Transfer Pemain Bola Paling Kontroversial)

Kemudian ada Eric Djemba-Djemba yang bermain untuk Persebaya pada 2015 yang sayangnya kompetisi terhenti karena pembekuan liga. Dia pernah bermain untuk Kamerun di Piala Dunia 2002 dan juga pernah membela Manchester United.

Nastja Ceh anggota tim nasional Slovenia di Piala Dunia 2002 juga pernah bermain untuk PSMS Medan pada musim 2012-2013 serta Ivan Bosnjak andalan Kroasia di Piala Dunia 2006 pernah bermain untukPersija di tahun 2014.

Semoga liga Indonesia pada tahun-tahun berikut bisa meningkat kualitasnya sehingga akan ada lebih banyak bintang dunia yang tertarik untuk bergabung di usia muda.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.