Daftar Pemilik Mall di Jakarta, Tajirnya Bikin Gagal Fokus!

Nama-nama mall mewah di Jakarta pasti enggak asing lagi bagi kamu. Tapi, pernah enggak sih kamu kepoin akan daftar pemilik mall di Jakarta itu?

Pariwara

Pasalnya seperti yang kita tahu nih, enggak sedikit mall bergaya “high-class” ada di ibu kota. Sebut saja Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pacific Place, hingga Plaza Senayan.

Harga barang-barang fesyen maupun kebutuhan hidup yang ditawarkan di mall tersebut, bisa dibilang mahal lho. Bahkan seringnya hanya didatangi kalangan super-tajir.

9 Konglomerat Pemilik Mall di Jakarta

Nah, dibalik kemegahan mall-mall ternama itu, siapa sih sebenarnya pemilik pusat perbelanjaan tersebut?

Berdasarkan telusuran CekAja, daftar pemilik mall di Jakarta ini juga merupakan dari kalangan konglomerat, yang mana total kekayaannya sangat fantastis.

Berikut ini 9 pengusaha yang merupakan pemilik mall di Jakarta.

1. Trihatma Kusuma Haliman

Konglomerat yang pertama dalam daftar pemilik mall di Jakarta adalah Trihatma Kusuma Haliman.

Pemilik Agung Podomoro Grup ini merupakan bos properti dari tiga mall sekaligus, yaitu Senayan City, Central Park, dan Thamrin City.

Total kekayaan yang dimiliki “Crazy Rich Indonesia” ini menyentuh angka Rp6,98 triliun.

Saking berlimpahnya harta, Haliman diketahui pernah membeli proyek properti mewah di Singapur seharga Rp207 miliar.

Proyek yang dimaksud adalah sebuah unit apartemen di Le Nouvel Ardmore.

2. Tan Kian

Meski sempat tersandung kasus korupsi, namun diluar dari itu enggak menutup fakta kalau Tan Kian merupakan seorang pebisnis handal, yang juga masuk dalam daftar pemilik mall di Jakarta.

Pendiri Dua Mutiara Group ini merupakan bos properti di berbagai kawasan mewah ibu kota, tepatnya di Mega Kuningan dan Sudirman.

Salah satu asetnya yaitu Pacific Place, bahkan dikenal sebagai mall paling elite, setara dengan kedudukan Plaza Indonesia, Grand Indonesia, dan Plaza Senayan.

Selain mall, Tan Kian juga merupakan pemilik properti dari Hotel JW Marriot, Hotel Ritz Carlton, serta The Plaza Office Tower, yang terletak di kawasan sentra bisnis Sudirman-Kuningan.

Total kekayaan Tan Kian sendiri diperkirakan mencapai Rp3,19 triliun.

(Baca Juga: 6 Anak Muda Terkaya di Indonesia)

3. Alexander Tedja

Siapa diantara kalian yang sering hangout ke Gandaria City atau Kokas? Dua mall beken ini ternyata milik Alexander Tedja, yang merupakan “raja” properti dari Surabaya.

Di bawah naungan Pakuwon Jati Tbk, Alexander Tedja berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan hingga mencapai Rp23,7 triliun.

Namun dibalik kesuksesannya dalam bidang properti dan retail, siapa sangka bila pebisnis yang masuk dalam jajaran daftar pemilik mall di Jakarta ini, ternyata mulanya menekuni bisnis perfilman.

Tedja mendirikan PT ISAE Film pada 1972 silam, dan selang 5 tahun kemudian pria kelahiran 22 September 1945 ini berhasil membangun Menara Mitra Cinema Corp.

4. Eka Tjipta Widjaja

Berikutnya ada pendiri Sinar Mas Group, yakni almarhum Eka Tjipta Widjaja yang juga termasuk dalam daftar pemilik mall di Jakarta.

Bersama Bambang Trihatmodjo, Ferry Teguh Santosa, dan Peter Sondakh, Eka Tjipta mendirikan pusat perbelanjaan elite di kawasan Thamrin, Plaza Indonesia.

Bukan hanya itu saja, pria kelahiran Quanzhou, Tiongkok ini juga merupakan pemilik mall Fx Sudirman, sekaligus pemilik bisnis properti dan bisnis kelapa sawit.

Berdasarkan perkiraan pada Desember 2019 lalu, Forbes mencatat total kekayaan Eka Tjipta Widjaja mencapai USD9,6 miliar atau setara Rp134 triliun.

5. Eka Tjandranegara

Daftar pemilik mall di Jakarta lainnya adalah Eka Tjandranegara.

Pusat perbelanjaan yang dia miliki yaitu Taman Anggrek, merupakan salah satu asetnya di bawah naungan perusahaan Mulia Group.

Mulia Group sendiri termasuk raksasa bisnis properti Indonesia, yang telah berekspansi ke Kuala Lumpur, Malaysia sejak 2015 lalu.

Mulia Group didirikan pada 1982 silam oleh sang ayah, Tjandra Kusuma.

Bersama dua saudaranya, Gunawan dan Djoko Tjandaranegara, Eka membangun bisnis Mulia Group dan sukses menaungi 41 anak perusahaan, baik di dalam maupun luar negeri.

Selain bidang properti, Tjandranegara bersaudara ini pun merambah ke bisnis keramik, metal dan gelas.

Total kekayaan Eka Tjandranegara ini diketahui mencapai belasan triliun.

6. Soetjipto Nagaria

Pengusaha properti sekaligus pendiri Summarecon Agung Grup, Soetjipto Nagaria juga termasuk daftar pemilik mall di Jakarta.

Asetnya berupa Mall Kelapa Gading, yang berada di Jakarta Utara.

Pria berkebangsaan Indonesia yang lahir pada 6 Desember 1940 silam ini, sempat dinobatkan sebagai orang terkaya Tanah Air ke-111 versi majalah Globe Asia, dengan total kekayaan mencapai Rp4,4 triliun.

Beberapa proyek propertinya patut diacungi jempol, salah satunya seperti perumahan mewah yang dibangun di kawasan Serpong, Tangerang, hingga Bekasi.

7. Murdaya Poo

Di bawah induk perusahaan PT Metropolitan Kentjana, Murdaya Poo mendirikan Pondok Indah Mall dan Puri Indah Mall.

Salah satu “Crazy Rich Surabaya” ini, tak hanya sukses dalam menggeluti bidang bisnis, namun juga politik.

Dia dikenal sebagai pria multi-talenta, di mana salah satu prestasi terbaiknya adalah mendirikan Jakarta International Expo.

Forbes mencatat total kekayaannya mencapai Rp25 triliun.

8. Mochtar Riady

Posisi kedelapan dalam daftar pemilik mall di Jakarta diisi oleh Mochtar Riady.

Salah satu orang terkaya Tanah Air ini, merupakan pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Group.

Total kekayaan bersihnya mencapai Rp27,20 triliun, yang diketahui berasal dari bisnis real estate, ritel, pendidikan, kesehatan, hingga bisnis digital bank.

Sebelum terjun ke bisnis properti, Mochtar Riady adalah seorang pria biasa yang bercita-cita sebagai bankir.

Berkat ketekunannya itu, dia berhasil menyulap empat bank sekaligus, yaitu CIMB Niaga, Bank BCA, UOB Indonesia, dan Bank Panin, menjadi bank besar di Indonesia.

(Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia 2020)

9. Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono

Konglomerat bersaudara yang termasuk dalam daftar pemilik mall di Jakarta yang terakhir adalah Michael Bambang dan R. Budi Hartono.

Aset yang dimiliki duo Hartono ini adalah Grand Indonesia.

Keduanya merupakan pewaris PT Djarum, terhitung sejak ayah mereka, Oei Wie Gwan meninggal pada 1963 silam.

Total kekayaan yang dimiliki Michael Bambang dan R. Budi Hartono ini kira-kira sekitar Rp522 triliun, jumlah yang cukup fantastis bukan?

Nah, ternyata kenaikan nilai kekayaan pemilik PT Djarum ini juga berasal dari harga saham PT Bank Central Asia Tbk, yang juga mengalami peningkatan pada 2019 lalu.

Nah, itu tadi beberapa nama konglomerat Indonesia yang termasuk dalam daftar pemilik mall di Jakarta.

Tentu pencapaian yang didapat itu merupakan hasil kerja keras mereka selama bertahun-tahun.

Jadi, kata-kata motivasi seperti “Usaha tak pernah mengkhianti hasil” itu ada benarnya lho.

Ini berlaku untuk setiap orang, begitupun jika kamu ingin dan berusaha untuk merambah dunia bisnis.

Enggak perlu takut merugi, sebab memang dalam berbisnis, pasti ada yang namanya jatuh bangun.

Malahan dari kondisi seperti itulah, kita bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki.

Menyoal bisnis, pasti enggak lengkap tanpa adanya modal. Modal ini sendiri bisa kamu dapat lewat pinjaman KTA di CekAja.com.

Kenapa Harus Mengajukan KTA di CekAja?

Di CekAja, kamu bisa mendapatkan kucuran dana untuk modal usaha, yang pastinya berbunga rendah dan ringan saat mencicilnya.

Proses pengajuannya juga sangat praktis, bahkan kamu bisa mengajukannya secara online kapanpun saat dibutuhkan.

Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com, dan raih impian berbisnismu mulai dari sekarang.

Pariwara