Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia, Banyak Pilihannya!

by Teti Purwanti on 13 April, 2020

Layanan jasa titip (Jastip) sedang berkembang pesat di Indonesia karena kita bisa membeli barang-barang yang diinginkan. baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Tanpa harus keluar uang lebih banyak untuk biaya perjalanan.

daftar penyedia jastip di Indonesia

Terlebih lagi, saat ini juga sudah banyak pihak yang menjadikan layanan jasa titip sebagai sumber pencarian, terlebih lagi oleh mereka yang gemar melakukan traveling.

Saat ini, layanan jastip tidak hanya bisa dilakukan melalui open pre-order perorangan melalui media sosial saja. Karena bisnis jasa penitipan (jastip) sudah dikelola semakin profesional dengan maraknya aplikasi digital jastip yang bisa memfasilitasi antara penjual atau pelaku usaha jastip dengan pelanggannya.

Keberadaan aplikasi jastip bisa memberikan banyak pilihan barang yang ditawarkan hingga kemudahan bagi para pencari barang-barang jastip serta bisa juga untuk membandingkan harga barang yang ada di dalam platform jual beli jastip tersebut.

Banyak penjual yang memanfaatkan aplikasi jastip untuk menawarkan barang-barang yang dijualnya. Karena bisa memberikan banyak keuntungan. Seperti menjemput bola dalam hal mencari pelanggan dan pembeli karena pembeli akan memposting barang yang mereka butuhkan.

Sementara bagi pembeli juga bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah karena bisa melakukan negosiasi. Khususnya untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Berikut ini beberapa aplikasi yang melayani Jastip rekomendasi baik untuk penjual ataupun pembeli:

Airfrov

Airfrov - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

Aplikasi ini berasal dari Singapura dan resmi beroperasi sejak 2015 silam. Yang kemudian pada Desember 2016 melakukan ekspansi ke Indonesia.

CEO dan Co-Founder aplikasi ini bernama Cai Li yang mengkhususkan aplikasi untuk para shopaholic yang menginginkan barang branded luar yang tidak ada di Indonesia.

Operasional dari aplikasi ini juga mudah. Bagi siapapun yang ingin menitip barang harus mendaftarkan diri di website Airfrov atau mendaftar melalui aplikasi mobile yang bisa diunduh lewat Android/iOS sebagai requester (pencari barang jastip).

Setelahnya, pencari barang akan masuk ke laman utama yang menyajikan empat kategori pilihan barang. Yang pertama ada request berdasarkan negara tujuan, kedua melihat produk yang Open Pre-Order, ketiga melihat produk request (yakni daftar produk yang bisa dibelanjakan oleh Traveler dengan melakukan penawaran terlebih dahulu), dan terakhir produk rekomendasi dari traveler.

Dengan mengklik masing-masing kategori, pengguna akan mendapatkan detail mengenai harga produk, tanggal keberangkatan ke negara yang dituju hingga tanggal pengiriman barang ke alamat si pemesan.

Sedangkan bagi para traveler yang ingin menawarkan jasa titip, maka cara kerjanya sama dengan requester. Yakni dengan membuat akun di Airfrov. Lalu pilih aktivitas Anda sebagai traveler. Kemudian masukkan informasi negara tujuan dan tanggal kedatangan ke negara tersebut.

Setelah requester menemukan barang yang dicari di profile traveler, mereka mulai bisa bernegosiasi untuk menentukan nilai upah titipannya. Biasanya upah berkisar 5 persen dari harga barang, namun bisa lebih, bila barang yang diminta ternyata berukuran cukup besar dan merepotkan untuk dibawa atau berisiko pecah.

Terkait mekanisme pembayaran seluruhnya dilakukan lewat aplikasi Airfrov. Untuk memudahkan transaksi pengiriman barang ke pelanggan, kini Airfrov juga telah bekerja sama dengan JNE dan Go-Jek.

Bistip

Bistip - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

Selain Airfrov, ada juga aplikasi sejenis bernama Bistip yang menghubungkan si penitip dengan para pelancong yang akan membeli barang titipan.

Pada akun Bistip, pencari barang bisa menitip barang untuk traveler yang bepergian di dalam negeri, jadi tak hanya untuk di luar negeri saja. Seperti menitip makanan ataupun oleh-oleh khas seperti pempek kepada pelancong yang pergi ke Palembang.

Tersedia sekitar 200 rute yang ditawarkan di aplikasi ini, baik lokal maupun internasional. Sementara itu, jumlah traveler yang tergabung pun lebih banyak. Bistip sudah mulai beroperasi sejak 2011 dalam bentuk website dan kini sudah tersedia aplikasinya di playstore.

Mengenai biaya jastip, si penitip dan yang dititipi bisa bernegosiasi untuk menentukannya besaran upahnya.

Bagi para pencari jasa titip, aplikasi Bistip amat memudahkan karena saat membuka laman awal, kamu akan disajikan kolom destinasi tujuan barang yang kamu incar dan lokasi kamu berada. Sistem pencarian ini akan memudahkan kamu menemukan barang yang dicari dengan traveler terdekat.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tanggal keberangkatan dan negara tujuan traveler sesuai kebutuhan.

Jaztip

Jaztip - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

Ada juga aplikasi Jaztip sebagai aplikasi social-commerce yang menggabungkan jastip online dengan kemudahan chatting. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore dan Appstore yang bisa diunduh untuk memudahkan penjual dan pembeli dalam memposting barang dan jasa yang ingin dijual dan dibeli.

Hal menarik dari aplikasi ini adalah para penitip atau jastiper juga dapat melihat postingan Instagram traveler, cukup dengan menghubungkan akun Instagram melalui laman profile Jaztip yang ada di aplikasi.

Serupa dengan aplikasi lainnya, di laman utama Jaztip kamu bisa langsung memposting barang yang kamu butuhkan (bagi pembeli) dan akan langsung masuk ke berbagai kategori mulai dari makanan dan minuman, gadget, produk skin care dan beauty, fashion, mainan hingga keperluan ibu dan anak.

Selain bersedia mencarikan barang yang kamu inginkan, para penjual juga akan memposting pilihan barang yang dapat mereka tawarkan di kolom rekomendasi.

HelloBly

HelloBly - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

HelloBly adalah platform jastip yang memulai layanan sejak awal 2019 dan akan segera tersedia dalam versi iOS.

Marketplace online ini bisa mengakomodasi para pemain jastip dalam satu ruang dengan mudah. Kamu pun akan dimudahkan dalam mencari ragam barang, mulai dari fashion, beauty, buku dan lain-lain. Jangkauan transaksinya juga cukup luas mulai dari Indonesia, Malaysia, Jepang, Amerika, hingga Eropa.

Untuk kamu yang sedang mencari barang melalui jasa titip, cukup menceritakan jastip barang apa yang kamu cari pada akunmu di HelloBly, kemudian tunggu notifikasi dari para penyedia jastip.

Saat barang yang kamu inginkan sudah sesuai, cukup klik deal dan tentukan jastip fee barang yang diinginkan.

Sedangkan bagi para penyedia jastip, kamu bisa memilih request apa yang bisa kamu belikan berdasarkan jangkauan lokasi, negara tujuan, atau shopping center terdekat. Setelah mendapatkan pembeli dan nego soal harga, barang pesanan siap dibeli dan diantar ke tujuan.

Gibby

Gibby - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2016 ini merupakan karya anak negeri buatan Daniel Wijono dan Yunita Hayashi yang dimulai dari kegemaran keduanya liburan sambil berbelanja. Sehingga terciptalah Gibby.

Aplikasi Gibby pun memungkinkan siapa saja untuk menjadi penjual atau Personal Shopper (Gibster). Menawarkan barang-barang menarik untuk dijual kepada pembeli (Requester) di mana saja bahkan di seluruh dunia.

Cara kerja aplikasi ini adalah untuk para pembeli (requester) bisa mengeksplor barang yang diinginkan berdasarkan pilihan toko, jenis benda yang diinginkan. Kemudian berdasarkan user atau penjual, hingga lokasi barang yang diinginkan.

Sedangkan bagi para Gibster atau penjual, bisa memposting foto toko dan lokasi keberadaanmu. Sehingga para requester dapat dengan mudah menemukan jasa dan barang yang kamu tawarkan.

Neetip

Neetip - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

Satu lagi aplikasi layanan jastip bernama Neetip yang bisa mempertemukan kamu sebagai pencari barang jastipan dengan traveler yang sedang berada di lokasi di mana barang yang kamu cari berada. Sehingga bisa menekan harga atau ongkos kirim barang yang dibebankan kepada pembeli.

Sistem kerja aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan membuat akun pada aplikasi yang tersedia di playstore.

Apabila kamu sudah terdaftar, kemudian kamu tinggal memesan barang yang diinginkan, kemudian pihak Neetip akan menyesuaikannya dengan agen/penjual/traveler terkait. Setelah traveler pulang ke Indonesia, kamu bisa saling bertemu di tempat yang disepakati.

Terkait sistem keamanan aplikasi ini tidak perlu dikhawatirkan, karena Neetip sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran escrow system yang 100% yang aman. Alhasil uang kamu akan disimpan oleh pihak Neetip sampai barang sudah kamu terima. Kemudian setelah kamu menerima barang pesanan, uang kamu baru dicairkan ke traveler yang dititipi barang.

Prelo

Prelo - Daftar Penyedia Jasa Titip di Indonesia Banyak Pilihannya

Selain aplikasi yang sudah disebutkan di atas, ada juga Prelo sebuah aplikasi marketplace yang awalnya hanya menjual barang kebutuhan khusus perempuan, namun kini telah beralih menjadi situs-jual beli barang preloved dan jasa titip atau jastip.

Prelo akan memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi jual-beli dalam satu aplikasi saja. Melalui tiga fitur Jual-Beli barang bekas, sewa dan titip. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan juga bisa diakses melalui prelo.co.id.

Pada laman utama aplikasi Prelo, kamu akan disajikan dengan kategori produk. Seperti untuk perempuan, laki-laki, buku, gadget, baby & kid hingga produk home & living.

Kemudian bagi pencari jasa titip, di bagian bawah akan tersedia kolom ‘Trip Jastip Pilihan’ yang memudahkan para pencari jasa titip. Fungsinya untuk melihat jadwal keberangkatan dan tujuan negara si traveler.

Setelah menemukan traveler yang tepat, pembeli tinggal menghubungi via aplikasi chat. Lalu titip barang yang diinginkan.

Perkembangan tren dan teknologi sudah sangat memudahkan kita dalam mencari dan menjual barang bahkan dari berbagai belahan dunia. Sehingga jarak sudah tak lagi ada arti saat teknologi mampu menghubungkannya.

Pinjaman Dana Cepat, Mudah dan Aman Hanya di UangTeman

Mau nitip sepatu, baju, atau bahkan elektronik terbaru dengan kerabat atau situs jastip, tapi belum ada dana. Jangan Khawatir, kini ada UangTeman yang bisa memberikan mu pinjaman dana cepat dan mudah hingga 8 juta rupiah. Tentunya data kamu aman, karena UangTeman sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Yuk, segera ajukan pinjaman dana cepat di UangTeman.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.