Daftar Perlengkapan Camping Beserta Harganya, Wajib Banget Dibawa!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Daftar perlengkapan camping beserta harganya harus kamu ketahui agar dapat memperkirakan budget yang dibutuhkan. Beberapa perlengkapan berikut ini wajib kamu bawa, karena berguna selama camping digelar.

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang harus membatasi aktifitasnya. Kita hanya diperbolehkan beraktifitas di rumah dan di tempat-tempat sepi.

Saat beralih ke masa new normal, sudah ada nih beberapa tempat wisata yang kembali dibuka untuk pengunjung.

Salah satunya adalah beberapa lokasi camping di kaki pegunungan atau area daratan tinggi.

Namun dengan syarat adanya pembatasan jumlah pengunjung dan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat.

Seperti rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak, serta tentunya memakai masker guna mencegah penularan Covid-19.

Pergi Camping Saat Pandemi

Pergi camping bisa menjadi salah satu kegiatan hiburan yang pas di masa pandemi seperti sekarang. Sebab, kamu hanya akan tinggal di satu tempat yang jauh dari keramaian.

Selain itu, kualitas udara yang umumnya bersih dan suasana yang tenang di tempat camping bisa menyehatkanmu secara fisik maupun mental.

Dengan tubuh yang bugar dan kondisi mental yang tenang, maka daya tahan tubuh pun akan ikut meningkat. Sehingga berbagai penyakit pun sulit menyerang tubuhmu.

Agar makin aman, pastikan kamu hanya pergi camping dengan orang serumah atau teman dekat yang memiliki kondisi yang sehat, serta tidak banyak bepergian ke tempat ramai.

Gunakan juga kendaraan pribadi, agar kontak dengan orang asing semakin diminimalisir. Selalu terapkan protokol kesehatan kemanapun kamu pergi, ya.

Pemahaman peta lokasi camping juga wajib kamu kuasai. Sertakan juga salah satu anggota yang sudah pernah atau berpengalaman melakukan camping, agar kemungkinan terburuk tidak terjadi.

(Baca Juga: 11 Rekomendasi Jaket Waterproof Terbaik, Pelindungmu Ketika Naik Gunung)

Daftar Perlengkapan Camping Beserta Harganya

Buat kamu yang baru pertama kali camping, simak nih daftar perlengkapan camping beserta harganya yang tidak boleh ketinggalan dibawa:

1. Tenda

Perkiraan Harga: Rp160.000

Pertama, kamu tentu wajib membawa tenda sebagai tempat berlindung saat menginap. Jenis tenda yang paling banyak dipilih konsumen adalah tenda dome, karena mudah dipasang.

Pastikan tenda memiliki pasak dan frame yang kuat, dan bahan tenda yang anti air. Daftar perlengkapan camping beserta harganya ini cukup terjangkau, karena tenda tentu bisa dipakai berulang.

2. Matras

Perkiraan Harga: mulai dari Rp80.000

Di dalam tenda atau di area depan tenda, kamu membutuhkan matras sebagai alas tidur dan alas duduk.

Matras camping terbuat dari bahan dan tingkat ketebalan yang variatif, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Daftar perlengkapan camping beserta harganya matras termurah mulai dari Rp80.000, sudah termasuk dengan lapisan anti air, dan desain yang mudah dilipat.

Sehingga saat dipakai duduk atau berbaring, air resapan dari tanah atau rerumputan tidak akan terserap dan mengganggumu.

3. Sleeping Bag

Perkiraan Harga: Rp230.000 – Rp600.000

Daftar perlengkapan camping yang satu ini juga enggak boleh ketinggalan. Sleeping bag akan membuatmu tidur nyaman meskipun sedang camping di luar ruangan.

Sama seperti matras, harga sleeping bag beragam tergantung dari bahan dan tingkat ketebalannya.

Untuk kenyamanan ekstra, kamu bisa memilih sleeping bag yang sudah disertai bantal, dan lapisan selimut empuk.

4. Jaket

Perkiraan Harga: mulai dari Rp200.000-an

Jaket yang anti air dan menghangatkan juga dibutuhkan saat camping, apalagi jika kamu memilih lokasi di daratan tinggi yang kerap berkabut.

Jaket gunung akan melindungimu dari hawa dingin, tetesan air, dan sengatan matahari.

5. Sepatu Gunung

Perkiraan Harga: Rp350.000

Daftar perlengkapan camping beserta harganya yang lain adalah sepatu gunung. Untuk kenyamananmu saat menyusuri lokasi camping, sepatu dengan lapisan sol yang tebal namun ringan dibutukan banget.

Sebab, di area camping kita tidak pernah tahu akan menginjak medan dan material apa saja. Sepatu yang nyaman akan menjauhkanmu dari potensi tergelincir atau menginjak benda tajam.

6. Ransel Gunung atau Carrier

Perkiraan Harga: Rp230.000

Karena daftar perlengkapan camping jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit, maka sebaiknya kamu mengemasnya dalam ransel gunung atau carrier.

Daya tampung ransel yang luas serta dilengkapi tali mengaman yang komplit akan memudahkanmu dalam membawa aneka perlengkapan.

7. Senter dan Baterai Cadangan

Perkiraan Harga: Rp30.000

Benda-benda yang menghasilkan cahaya terang seperti senter, headlamp, dan baterai cadangan juga masuk ke dalam daftar perlengkapan camping beserta harganya yang berkisar Rp30.000.

Harga ini meliputi headlamp seharga Rp15.000, senter Rp7.000, dan baterai Rp8.000.

Senter berguna untuk melihat kondisi sekitar saat malam hari. Jadi, jangan sampai tidak dibawa, ya!

8. Korek Api

Perkiraan Harga: Rp7.000

Keberadaan api sudah pasti penting banget di kala camping. Kamu disarankan memilih korek api mancis yang tahan air, agar awet digunakan.

Ada juga pilihan korek api elektrik atau lighter gas yang memudahkan untuk membuat api unggun atau menyulut api pada kompor kecil.

9. Peralatan Memasak

Perkiraan Harga: Rp100.000

Camping enggak lengkap rasanya jika tidak ada agenda masak-memasak. Peralatan masak sebenarnya bisa kamu gunakan sesuai yang tersedia di rumah.

Daftar perlengkapan camping beserta harganya ini terdiri dari teflon atau penggorengan serbaguna, tempat makan, spatula atau sendok sup, sendok, garpu, botol, dan gelas.

(Baca Juga: 10 Fakta Bunga Edelweis, Bunga Abadi yang Mekar di Musim Hujan)

10. Bahan Makanan

Perkiraan Harga: Rp100.000

Jika peralatan masak sudah dibawa, maka jangan lupakan pula bahan makanan. Kamu bisa membawa mie instan, roti, aneka sayur dan buah, bumbu instan, makanan ringan, kudapan seperti marshmallow dan lainnya.

Budget bahan makanan menyesuaikan dengan jumlah anggota yang ikut camping, serta sesuai dengan kebutuhanmu.

11. Kantong Sampah atau Trash Bag

Perkiraan Harga: Rp24.000

Walau berkegiatan di luar rumah, bukan berarti kamu tidak menjaga kebersihan di tempat lain. Bawalah trash bag atau kantong sampah, agar memudahkanmu mengemas sisa sampah.

Selain itu, trash bag juga berguna untuk menutupi berbagai benda dari tetesan atau rembesan air.

12. Jas Hujan

Perkiraan Harga: Rp15.000

Untuk mengantisipasi terjadinya hujan, jas hujan juga penting kamu bawa. Cuaca di area camping bisa saja tidak terduga.

Sedangkan area camping biasanya jauh dari parkiran. Daftar perlengkapan camping beserta harganya ini bisa dimiliki mulai dari Rp15.000.

13. Pisau Serbaguna

Perkiraan Harga: Rp35.000

Pisau serbaguna memiliki beragam jenis pisau dan alat lainnya, seperti sendok dan garpu kecil lipat, penggaris, pembuka botol, tang, dan lain-lain.

Semuanya dikemas dalam satu set yang mudah dibawa dan masuk ke kantong. Salah satu dari Daftar perlengkapan camping beserta harganya ini juga murah, berkisar Rp35.000 sampai Rp70.000.

14. Tisu

Perkiraan Harga: Rp4.000

Tisu juga masuk ke dalam daftar perlengkapan camping beserta harganya, untuk menjaga kebersihan dan higienisitas benda-benda yang dipakai.

Kamu bisa membawa tisu kering, tisu basah, atau tisu yang mengandung pembersih (sanitizer).

15. Peralatan P3K

Perkiraan Harga: Rp50.000

Daftar perlengkapan camping beserta harganya yang terakhir adalah peralatan P3K untuk pertolongan jika ada anggota yang terluka.

Di dalam tas P3K juga sebaiknya kamu sertakan survival kit yang terdiri dari pisau serbaguna, korek api, dan lain-lain.

Set peralatan ini sangat berguna untuk semua anggota yang pergi camping, di saat mendesak dan bisa terjadi kecelakaan tertentu.

Itulah daftar perlengkapan camping beserta harganya yang harus kamu bawa.

Pilihan produk perlengkapan ini tersedia di e-commerce dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan harga di toko offline.

Belanja makin untuk dengan promo dari kartu kredit bisa kamu dapatkan. Yuk, cek perbandingan berbagai kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

Sistem di CekAja.com akan membantumu mendapat rekomendasi kartu kredit yang sesuai dengan profil finansial.

Cara pengajuannya juga gampang, karena hanya perlu mengisi formulir pengajuan online.

Nikmati kebebasan berbelanja dengan kartu kredit yang bisa kamu ajukan lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah