Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Daftar Pesepak Bola Terkena Corona, Adakah Idolamu?

by Teti Purwanti on 20 Maret, 2020

Wabah virus Corona atau COVID–19 kini sudah semakin meluas. Hal tersebut membuat beberapa negara yang sudah terjangkit menerapkan sistem lockdown, demi menjaga keamanan dan kesehatan masyarakatnya. Lockdown memang dianggap bisa memperkecil penyebaran virus, namun nyata virus ini tidak pandang bulu.

Beberapa petinggi beberapa negara bahkan ada yang meninggal akibat virus ini dan sisanya masih berjuang melawan. Tidak cuma itu, artis dan juga para atlet juga terdampak virus ini, terutama sepak bola dari Italia. Pemain Liga Italia menjadi yang paling banyak positif Corona, pasalnya di Italia sendiri hingga 18 Maret 2019 sudah tercatat ada 27.980 kasus terkait corona mengacu data organisasi kesehatan dunia (WHO). Dari puluhan ribu kasus tersebut, tercatat 2.158 orang meninggal.

Sementara itu, hingga saat ini setidaknya terdapat 13 pemain Liga Italia yang terjangkit Corona.

Daniele Rugani dan Blaise Matuidi (Juventus)

Daniele Rugani menjadi pemain Juventus pertama yang terjangkit virus corona. Rugani pertama kali diketahui terserang virus corona pada pertengahan pekan lalu, dan menjadi satu kunci penting dalam penangguhan total aktivitas sepakbola di seluruh Eropa.

Hingga saat ini Rugani menjalani isolasi mandiri dan sangat rindu untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang terutama keluarganya. Meski dia sedih karena terjangkit virus in, dia merasa beruntung karena semenjak dia positif orang-orang menjadi lebih sadar tentang virus yang mematikan ini.

Sementara itu,  Gelandang Juventus, Blaise Matuidi, positif terinfeksi virus corona sesuai hasil tes yang dilakukan pemain asal Prancis tersebut. Matuidi jadi pemain kedua Juventus yang terkena virus corona setelah Daniele Rugani. Sama seperti Rugani, Matuidi positif virus corona sesuai hasil tes meski tidak menunjukkan gejala. Matuidi sudah menjalani isolasi setelah Rugani positif corona sejak pekan lalu.

Omar Colley, Albin Ekdal, Manolo Gabbiadini, Antonino La Gumina, Morten Thorsby, Fabio Depaoli, dan Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Sampdoria jadi tim dengan kasus terbanyak karena ada tujuh pemain yang positif virus corona di Liga Italia. Manolo Gabbiadini, Omar Colley, Albin Ekdal, Antonino La Gumina, dan Morten Thorsby merupakan lima pemain Sampdoria yang lebih dulu mengidap penyakit corona kemudian disusul oleh Fabio Depaoli dan Bartosz Bereszynski.

Fabio Depaoli dan Bartosz Bereszynski memberitakan kalau keduanya terjangkit corona melalui akun Instagram mereka. Keduanya merasa cukup sedih, pasalnya keduanya merasa sudah melakukan berbagai hal untuk pencegahan namun tetap tidak bisa menghindari penyakit tersebut.

Adapun Gabbiadini merupakan pemain Sampdoria yang pertama dinyatakan positif virus corona. Selain pemain, dokter tim klub itu, Amedeo Baldari, juga tertular virus tersebut.

Patrick Cutrone, German Pezzella, dan Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Vlahovic merupakan pemain Fiorentina yang kali pertama terkena virus corona, disusul dua pemain lain dan Fisioterapis klub ini yang juga diketahui positif COVID-19. Vlahovic sempat mengisahkan bagaimana dirinya terkena virus tersebut melalui Live Instagramnya.

Dia mengisahkan bagaimana dirinya bangun tidur dengan demam dan mulai menghubungi klubnya. Smenejak itu dirinya mengisolasi diri dan tidak bertemu siapapun. Dia juga berharap agar pemain lain bisa tetap sehat, sambil menjauhkan diri dari banyak orang dan beristirahat.

Mattia Zaccagni (Hellas Verona)

Gelandang Hellas Verona, Mattia Zaccagni menambah panjang daftar pemain di Liga Italia yang terkena virus corona Covid-19. Dia menjadi pemain Liga Italia ke-13 yang terjangkit virus tersebut.

Sekarang Zaccagni adalah pemain Verona pertama yang positif Virus Corona COVID-19. Menurut pernyataan klub, pemain berusia 24 tahun itu sudah mengisolasi diri sebagai tindakan pencegahan karena Verona bermain melawan Sampdoria pada 8 Maret lalu. Dalam laga itu, ia mencetak gol. Pemain Hellas Verona sudah menjalani tes Virus Corona, namun hasilnya belum semua keluar. 

Pelatih Arsenal

Menurut peta persebaran dari New York Times, di Inggris ada sekitar 400 orang yang terindikasi positif terjangkit virus corona. Pemerintah Inggris pun telah mengeluarkan himbauan agar warganya tidak sering keluar rumah atau pergi ke keramaian. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta positif virus corona dimulai kontak dengan pemilik klub Olympiakos, Evangelos Marinakis.

Pemilik klub Yunani, Olympiakos Evangelos Marinakis terkonfirmasi mengidap virus corona pada Rabu (11/3/2020). Marinakis pun telah mengakui, ia telah terjangkit virus tersebut. Marinakis diketahui sempat berkunjung ke markas Arsenal saat Olympiakos bertandang di laga 32 besar Liga Europa, tengah pekan lalu. Ia dikabarkan sempat masuk ke ruang ganti dan boks direktur.

Karena itulah, pihak Arsenal langsung menghimbau para pemain mengisolasi diri di rumah masing-masing. Pihak klub juga meminta para pemain menjalani tes. Pihak klub juga menutup lokasi pemusatan latihan London Colney untuk sementara waktu.

Callum Hudson-Odoi (Chelsea)

Di Liga Inggris, Callum Hudson-Odoi dari Chelsea menjadi pemain bola pertama yang terkena virus corona. Kabar ini mengejutkan karena Hudson-Odoi adalah pemain Premier League pertama yang dikonfirmasi menderita virus Corona. Beberapa jam sebelumnya, manajer Arsenal, Mikel Arteta dikonfirmasi juga mengidap COVID-19 tersebut. Odoi juga mengumumkan dirinya terjangkit corona secara pribadi melalui media sosial. Ia mengatakan bahwa kondisinya baik-baik saja dan ia kini tengah mengikuti protokol untuk penanganan virus corona.

Timo Huebers (Hannover 96)

Pesepak bola yang berlaga di Bundesliga 2 bersama dengan klub Hannover 96 ini, menjadi pesepak bola pertama yang positif terserang virus corona. Huebers diperkirakan terinfeksi virus corona pada Sabtu (7/3/2020). Sejak dinyatakan positif corona, Huebers langsung menjalani proses karantina di rumahnya.

Luca Kilian (Paderborn)

Bek SC Paderborn, Luca Kilian menjadi pemain Bundesliga yang terjangkit virus corona. Paderborn mengonfirmasi bahwa dua orang telah menjalani tes virus corona pada Jumat (13/3) waktu setempat. Mereka adalah pelatih Steffen Baumgart dan bek Luca Killian. Baumgart rupanya dinyatakan negatif. Tapi tidak dengan Kilian, yang baru berusia 21 tahun, dinyatakan positif menderita COVID-19. Pengumuman Kilian terjangkit keluar, beberapa jam setelah Liga Jerman dipastikan dihentikan sementara waktu.

Ezequiel Garay, Eliaquim Mangala, dan Jose Gaya (Valencia)

Ezequiel Garay merupakan pemain La Liga pertama yang positif terpapar virus, sebelum dua rekan setimnya, Eliaquim Mangala dan Jose Gaya juga diumumkan sehari berselang. Seperti pesepak bola lainnya yang terserang virus ini, Garay juga mengumumkan kondisinya melalui Instagram. Sekarang Valencia mengkonfirmasi bahwa ada empat kasus lanjutan terkait COVID-19, meski mereka bersikeras tidak ada satupun yang terinfeksi dalam kondisi berbahaya.

Jonathas de Jesus (Elche)

Jonathas de Jesus yang menjadi pemain Segunda Division Liga Spanyol pertama yang positif COVID 19. Jonathas menjalani tes pada Sabtu (14/3) setelah ia mengalami gejala pernapasan dan demam. Elche sudah mengambil langkah pencegahan dengan menutup semua fasilitas di Estadio Martinez Valero untuk publik. Selain itu, klub asal Alicante ini merekomendasikan agar semua staf mereka, mulai dari pemain, staf kepelatihan, dan karyawan untuk melakukan swa-karantina selama 15 hari.

Barcelona Terancam Tidak Dapat Gelar

La Liga telah dihentikan sementara akibat wabah virus corona. Kompetisi La Liga saat ini ditangguhkan sementara sejak akhir pekan kemarin dengan tersisa 11 pertandingan lagi. Barcelona memuncaki klasemen setelah berlangsung 27 pekan. Meski begitu, jika wabah virus corona semakin parah di tanah Spanyol, dan korban positif serta meninggal dunia terus bertambah, maka La Liga 2019-2020 tak bisa diselesaikan, gelar juara tidak akan diberikan kepada Barcelona seperti ditegaskan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubailes.

Liga Eropa Ditunda

Penyelenggaraan Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 resmi ditunda. Pesta sepak bola empat tahunan Eropa itu ditunda selama satu tahun. Penundaan tersebut dilakukan guna membendung penyebaran virus corona atau COVID-19. UEFA sudah mengusulkan turnamen yang awalnya akan diadakan dari 12 Juni sampai 12 Juli 2020 dimundurkan satu tahun dari 11 Juni sampai 11 Juli 2021 guna memberi waktu kepada liga-liga domestik Eropa selesai.

(Baca Juga: Pemain Bola Dengan Gaji Termahal di Dunia, Urutan Pertama Bukan Ronaldo)

Usulan UEFA ini disepakati dalam konferensi video yang diikuti 55 federasi sepak bola negara-negara anggota UEFA serta perwakilan klub, liga, dan pemain di benua biru. Penangguhan Piala Eropa 2020 menjadi opsi agar liga-liga domestik serta kompetisi antarklub Eropa musim 2019/20, yang saat ini tengah ditangguhkan karena pandemi COVID-19, bisa dirampungkan pada musim panas nanti.

Pinjaman Aman Bersama UangTeman

Bagi kamu yang sedang bingung mencari dana darurat untuk memenuhi kebutuhan selama pandemi COVID-19, kamu bisa ajukan pinjaman mu bersama UangTeman.

Jangan khawatir, UangTeman sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga pinjaman mu akan aman dan tidak perlu khawatir mengenai kerahasiaan dokumen mu.

Tunggu apa lagi, ajukan pinjaman mu di UangTeman!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.