10 Daftar Pulau Terbesar di Dunia, Ada di Indonesia Juga!

Kita semua tentu mengetahui, ada banyak sekali jumlah pulau yang ada di bumi. Tetapi, beberapa di antaranya memiliki luas tanah yang begitu besar, lho. Penasaran? Berikut daftar pulau terbesar di dunia selengkapnya.

Pulau merupakan daratan yang dikelilingi air di atas laut, sungai, ataupun danau. Keberadaan pulau tidak mesti dimiliki oleh semua negara.

Ada beberapa negara yang seluruh daerahnya merupakan daratan penuh yang masuk ke dalam sebuah benua.

Jika membicarakan daftar pulau terbesar di dunia, mungkin kamu akan bertanya-tanya soal perbedaan benua dengan pulau.

Perbedaan benua dengan pulau berada pada luas wilayahnya. Benua memiliki luas yang lebih besar jika dibandingkan dengan pulau.

Meskipun benua dikelilingi oleh lautan, namun luasnya yang begitu besar membuatnya tak lagi layak disebut sebagai pulau. Misalnya, benua Australia yang disepakati para ahli sebagai benua bukan pulau.

(Baca Juga: 10 Sungai Terpanjang di Indonesia dengan Segala Keunikannya)

Daftar Pulau Terbesar di Dunia

Setiap tempat tentu memiliki keunikannya masing-masing, termasuk soal luasnya pulau yang begitu besar.

Berikut ini daftar pulau terbesar di dunia yang wajib kamu ketahui:

1. Pulau Greenland

Luas wilayah: 2.175.600 kilometer persegi

Daftar pulau terbesar di dunia yang pertama adalah Greenland. Letaknya ada di bagian utara bumi, di bagian timur laut Kanada, dan menghadap Samudera Atlantik.

Meskipun berada di ujung utara dan masuk ke wilayah Benua Amerika Utara, namun Pulau Greenland masuk ke dalam daerah kekuasaan Kerajaan Denmark.

Pulau ini memang tidak menjadi anggota Uni Eropa, namun kepemimpinan Raja Denmark sebagai kepala negara tetap berlaku.

2. Pulau Papua

Luas: 786.000 kilometer persegi

Kedua, ada Pulau Papua yang masuk ke dalam daftar pulau terbesar di dunia. Pulau Papua berada dalam kekuasaan dua negara, yakni Indonesia dan Papua Nugini.

Letaknya ada di bagian paling timur Indonesia, sehingga masih masuk ke dalam Benua Asia Tenggara. Di Pulau Papua, ada banyak flora dan fauna endemik yang menjadi ciri khasnya. Salah satunya adalah burung Cenderawasih.

Selain itu, puncak tertinggi Indonesia juga berada di Pulau Papua. Yakni Puncak Jayawijaya yang masuk ke dalam seven summits, dengan ketinggian 5.030 meter.

3. Pulau Kalimantan

Luas: 743.330 kilometer persegi

Pulau Kalimantan atau yang disebut juga sebagai tanah Borneo juga masuk ke dalam daftar pulau terbesar di dunia.

Sebagian besar Pulau Kalimantan dimiliki oleh Indonesia, sedangkan sebagian lainnya milik Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pulau ini menjadi salah satu pusat hujan hujan tropis terbesar di dunia. Serta habitat hewan langka seperti orang utan dan harimau.

Sumber daya alam lainnya juga tersimpan di Pulau Kalimantan. Tanahnya mengandung sumber daya mineral dan tambang, seperti minyak bumi, emas, batu bara, dan lain sebagainya.

4. Pulau Madagaskar

Luas: 587.041 kilometer persegi

Luas Pulau Madagaskar yang dimiliki oleh negara Madagaskar di Benua Afrika juga tak kalah besar.

Tanah Madagaskar menjadi habitat bagi flora dan fauna unik, yang sebagian besar di antaranya merupakan flora dan fauna endemik yang tidak ditemui di belahan bumi lain.

Diperkirakan, ada lebih dari 250.000 spesies fauna dan 9.100 janis flora yang ada di Madagaskar. Pemeliharaan lingkungan di sana juga cukup baik, bahkan menjadi daya tarik wisatawan dunia.

5. Pulau Baffin

Luas: 507.541 kilometer persegi

Pulau Baffin adalah sebuah pulau yang terletak di bagian Utara Kanada, berdekatan dengan arktik di kutub Utara. Makanya, di pulau ini suhunya cukup ekstrem yakni berkisar -8 derajat Celcius.

Meskipun begitu, Pulau Baffin juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Kamu bisa melihat banyak danau, dan pancaran aurora di sore hingga malam hari.

Beruang kutub dan rubah juga hidup dengan baik di pulau ini.

(Baca Juga: Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Ada yang Capai Ratusan Ribu!)

6. Pulau Sumatera

Luas: 443.065 kilometer persegi

Satu lagi nih, pulau di Indonesia yang masuk dalam daftar pulau terbesar di dunia. Pulau ini terbilang rawan gempa karena berada di zona lempeng indo-Australia.

Keindahan alam bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari keindahan hutan hujan tropis, area pesisir pantai yang begitu bagus, serta kekayaan flora dan fauna yang bervariasi.

Pulau Sumatera juga kaya akan sumber daya mineral, seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara, dan lain sebagainya.

7. Pulau Honshu

Luas: 227.414 kilometer persegi

Daftar pulau terbesar di dunia selanjutnya adalah Pulau Honshu yang terletak di Jepang. Tepatnya diapit oleh Samudera Pasifik dan Laut Jepang.

Daratan di Pulau Honshu sebenarnya sangat luas, karena luasnya ini merupakan 60 persen dari total negara Jepang.

Kota-kota besar seperti Tpkyo, Yokohama, Kyoto, Osaka, dan Hiroshima berada dalam area pulau ini. Tak mengherankan jika jumlah penduduknya pun sangat padat.

Objek wisata alam terkenal yang ada di Pulau Honshu adalah Gunung Fuji dan Danau Biwa.

8. Pulau Britania Raya

Luas: 219.000 kilometer persegi

Jika kamu mengira Pulau Britania Raya adalah daratan negara Inggris, maka kamu salah. Sebab, Pulau Britania Raya adalah pulau yang etrletak di lepas pantai Eropa Barat.

Ada tiga negara yang menguasai pulau ini, yakni Inggris, Wales, dan Skotlandia. Salah satu pulau dari daftar pulau terbesar di dunia ini juga disebut dengan nama Great Britain.

Keindahan alam di Pulau Britania Raya masih sangat terjaga. Pariwisata di pulau ini menjadi sektor terkuat sumber mata pencaharian warganya.

9. Pulau Victoria

Luas: 217.291 kilometer persegi

Daftar pulau terbesar di dunia selanjutnya adalah Pulau Victoria yang letaknya berdekatan dengan Pulau Baffin. Yakni di bagian arktik wilayah Kanada di Benua Amerika Utara.

Karena berada di kutub Utara, pulau ini tidak terlalu banyak dihuni orang-orang. Nama Victoria dipilih untuk menamai pulau ini sebagai bentuk penghormatan dengan Ratu Victoria.

10. Pulau Ellesmere

Luas: 196.236 kilometer persegi

Pulau terakhir dari daftar pulau terbesar di dunia adalah Pulau Ellesmere. Letaknya masih berada di arktik, masuk dalam bagian wilayah Kanada.

Keunikan dari kondisi geografis di pulau ini adalah area pegunungan es, yang berjejer padat, dan hanya ditumbuhi kayu Willow saja. Sebab suhu di Pulau Ellesmere sangatlah dingin.

Itulah daftar pulau terbesar di dunia yang begitu luas dan memiliki keunikannya masing-masing. Di masa pandemic seperti sekarang, sebaiknya kamu menahan diri dulu untuk traveling.

Dengan di rumah aja, kamu tetap bisa menyenangkan hati dengan belanja berbagai kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan penunjang hobi, yang bisa kamu beli dengan promo menarik.

Penasaran dengan caranya? Miliki dulu kartu kredit yang bisa kamu bandingkan dan ajukan lewat CekAja.com.

Melalui sistem online yang mudah, kamu akan mendapat rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

Cicilan dijamin ringan, dan suku bunganya kompetitif. Ada banyak diskon dan promo menarik yang bisa kamu dapatkan di merchant rekanan kartu kredit.

Yuk, cek rekomendasi perbandingan kartu kredit sekarang juga dan ajukan hanya melalui CekAja.com!