Daftar Rumah Sakit di Semarang untuk Vaksinasi Covid yang Paling Direkomendasikan

Hai warga Semarang, apakah kamu tahu daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid? Jika belum, kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah daftarnya khusus untuk kamu, loh!

Dari banyaknya rumah sakit yang ada di Semarang, empat di antaranya masuk ke dalam daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid.

Keempat rumah sakit ini, tentunya dipilih karena memiliki kualitas terbaik, jika dilihat dari segala aspek, termasuk pelayanannya.

Apabila kamu ingin tahu keempat daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid tersebut, yuk langsung simak bersama-sama ulasan lengkapnya di bawah ini!

Daftar Rumah Sakit di Semarang untuk Vaksinasi Covid

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja.com akan mengulas empat daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid.

Yang mana, empat daftar rumah sakit ini terdiri dari RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang, RSIGM Sultan Agung, RSIA Gunung Sawo, dan Rumah Sakit Bhayangkara Akpol.

Keempat daftar rumah sakit tersebut, akan dijelaskan seluruh informasi dasarnya secara lengkap sebagai berikut.

(Baca Juga: Jenis Vaksin Covid-19 yang akan Digunakan Indonesia)

1. RSUP Dr. Kariadi Semarang

Rumah sakit pertama yang masuk ke dalam daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid, yaitu RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Sebagai rumah sakit terbesar di Semarang, RSUP Dr. Kariadi dijadikan sebagai rumah sakit rujukan untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Tengah.

Dan tidak hanya itu, saat ini pun RSUP Dr. Kariadi menjadi rumah sakit yang digunakan untuk vaksinasi Covid, baik itu tahap pertama maupun tahap kedua, atau bahkan hingga tahap terakhir.

Untuk tahapan pertama, rumah sakit ini melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari 2021, dan berlangsung lancar.

Setelah itu, rumah sakit ini kembali melayani vaksinasi Covid-19 untuk tahap kedua, yang lebih ditujukan untuk mereka dengan usia 60 tahun ke atas, pegawai BUMN, pengelola wisata, pengelola mall dan tenaga kesehatan.

Vaksinasi Covid di RSUP Dr. Kariadi ini terbuka untuk umum, sehingga orang-orang yang masuk dalam kategori tersebut dan tertarik untuk melakukan vaksin, bisa melakukan pendaftaran secara online di situs vaksinasi.rskariadi.id.

Setelah pendaftaran online selesai dilakukan, nantinya kamu akan mendapat kode reservasi yang harus ditunjukkan di hari dan jam yang sudah ditentukan untuk melakukan vaksinasi.

2. RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang

Berikutnya ada RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro, yang juga masuk ke dalam daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid.

Sebagai Rumah Sakit Umum Daerah yang berdiri sejak 1990, RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro memiliki visi untuk menjadi rumah sakit terpercaya dalam bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian.

Visi tersebut pun diwujudkan dengan cara memberikan pelayanan terbaik, mengembangkan SDM, hingga menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penelitian.

Bukti nyata dari hal tersebut pun bisa kamu lihat saat ini, tepatnya ketika RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro menjadi salah satu daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid, baik untuk tahapan satu, dua, tiga maupun tahapan akhir.

Sebelum dijadikan sebagai lokasi vaksinasi Covid, rumah sakit ini dikunjungi terlebih dahulu oleh Gubernur Jawa Tengah, yaitu Ganjar Pranowo.

Untuk bisa melakukan vaksin di sini, kamu harus mengetahui sistem pendaftarannya lebih dulu.

Tentunya tidak jauh berbeda dari sistem rumah sakit sebelumnya, karena sama-sama dilakukan secara online melalui aplikasi yang tersedia.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan barcode, lengkap dengan lokasi vaksinasi Covid beserta waktu pelaksanaannya.

Perlu diketahui, di rumah sakit ini jumlah peserta vaksinasi Covid per harinya dibatasi, yaitu tiga kali 15 orang atau sekitar 45 orang.

3. RSIGM Sultan Agung

Siapa sangka, kalau ternyata RSIGM menjadi bagian dari daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid.

Pasalnya, Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut ini pada dasarnya berfungsi sebagai RS pendidikan utama, sekaligus menjadi sarana diselenggarakannya pendidikan profesi untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.

Maka dari itu, rumah sakit ini juga dikenal dengan sebutan RSIGM Unissula, disamping nama aslinya yaitu RSIGM Sultan Agung.

Di luar hal itu, rumah sakit ini dijadikan sebagai tempat vaksinasi Covid, karena memiliki pelayanan terbaik dan berkualitas. Meskipun, rumah sakit ini baru dijadikan tempat vaksinasi Covid untuk tahapan kedua.

Rencananya, untuk peserta vaksinasi Covid-19 tahap kedua per harinya akan dibatasi sebanyak 100 – 200 orang saja.

Hal itu ditujukan agar peserta yang datang tidak membludak, dan pelayanan yang diberikan tetap maksimal.

Maka dari itu, sebelum pelaksanaan vaksinasi, para peserta diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online terlebih dahulu.

4. Rumah Sakit Bhayangkara Akpol

Rumah sakit terakhir yang masuk ke dalam daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid, yaitu Rumah Sakit Bhayangkara Akpol.

Berbeda dari RSIGM Sultan Agung, rumah sakit ini sudah menjadi lokasi untuk vaksinasi Covid sejak tahap pertama.

Bahkan, Rumah Sakit Bhayangkara Akpol juga sempat menggelar simulasi pemberian vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan pada 7 Januari 2021.

Simulasi itu sendiri dilakukan untuk memetakan protokol pelaksanaan pemberian vaksin Covid tahap pertama, kepada para tenaga kesehatan.

Namun sebelum pemberian vaksin, rumah sakit ini juga akan melakukan skrining awal untuk mengetahui apakah ada yang komorbid dan eksklusi hamil atau tidak.

Sehingga jika pada skrining awal ditemukan ada peserta yang memiliki komorbid atau eksklusi hamil, maka peserta tersebut tidak bisa melakukan vaksin Covid-19.

Untuk lebih jelasnya, tata cara vaksinasi di Rumah Sakit Bhayangkara akan dimulai dari pendaftaran, kemudian skrining, pemeriksaan dokter, vaksinasi, hingga tahap terakhir, yaitu observasi.

Dan untuk proses pendaftarannya sendiri, peserta akan diminta untuk mengisi identitas diri terlebih dahulu, kemudian dicari tahu gejala yang dialami apakah merujuk pada gejala Covid-19 atau tidak, lalu mengetahui riwayat penyakitnya.

(Baca Juga: Syarat Penerima Vaksin Covid-19)

Nah itulah daftar rumah sakit di Semarang untuk vaksinasi Covid, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Dari semua informasi tersebut, kamu yang tinggal di Semarang bisa memilih satu dari empat rumah sakit itu, yang paling dekat dengan lokasi rumah untuk dijadikan lokasi vaksinasi.

Kamu bisa melakukan pendaftaran online terlebih dahulu, lalu datang dihari dan jam yang sudah ditentukan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, sejatinya menjadi upaya untuk menekan angka orang-orang yang terkena virus Covid-19.

Namun jika kamu secara pribadi ingin lebih memproteksi kesehatan diri, maka tidak ada salahnya jika menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Untuk itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!