Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

by Ayunindya Annistri on 3 Februari, 2020

Perkembangan zaman yang kian pesat membuat kehidupan menjadi serba praktis. Bila dulu kita harus membeli kaset DVD untuk mendengarkan musik, kini muncul layanan streaming lagu dan situs download lagu gratis untuk mempermudah kamu saat ingin mendengar karya-karya indah dari para musisi favorit.
Situs Download Lagu Gratis

Ketimbang streaming lagu melalui platform musik, kamu bisa mengunjungi situs download lagu gratis yang saat ini banyak tersebar di laman pencarian Google. Mengingat platform penyedia musik seperti Spotify memiliki ketentuan acak lagu hanya 6 kali. Selebihnya kamu harus mengupgrade akunmu menjadi premium untuk mendengarkan lagu secara offline.

Mengubah akun menjadi premium tersebut tentu saja tidak gratis. Tiap penggunanya bakal dikenakan biaya sebesar Rp50 ribu hingga Rp79 ribu tergantung paket premium yang digunakan.

Nah, bila kamu termasuk orang yang enggan mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mendengarkan musik, cobalah solusi lainnya seperti mengunjungi situs download lagu gratis.

Situs-situs berikut ini tidak hanya menyediakan deretan lagu lokal saja, kamu yang demen lagu-lagu internasional juga bisa mengunduhnya secara bebas tanpa dikenakan biaya. Yuk, cek daftarnya!

1. Go-Lagu

Go-Lagu - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Situs download lagu gratis pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Go-Lagu. Ini merupakan media musik digital yang memiliki banyak link download audio dalam format mp3 dan video mp4. Kamu dapat menemukan berbagai genre musik hingga cover baik untuk musik dalam negeri maupun luar negeri.

2. BeSonic

BeSonic - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

BeSonic juga termasuk situs download lagu gratis yang tampilannya hampir serupa dengan Soundcloud. Situs ini tergolong lengkap dari segi genre musik yang dihadirkan, mulai dari musik Klasik hingga Rock. Namun sayangnya, meski berlabel gratis, tidak semua musik di BeSonic bisa diunduh oleh pengguna.

(Baca Juga: Situs Freelance Terbaik 2020 di Indonesia)
3. Jamendo

Jamendo - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Selanjutnya ada Jamendo, yang merupakan situs resmi untuk men-download lagu secara gratis. Situs ini memiliki 400 ribu lebih lagu dari seluruh musisi dunia. Dari segi tampilan, Jamendo tampak seperti platform musik pada umumnya dengan warna khas merah jambu dan biru.

Bisa dikatakan, Jamendo menjadi tempat berkumpulnya para musisi yang ingin mendistribusikan karyanya agar bisa meraih popularitas dari masyarakat di berbagai belahan negara.

4. Stafaband

Stafaband - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Siapa yang tak kenal dengan situs download lagu yang satu ini? Stafaband merupakan situs download lagu gratis yang masih eksis hingga sekarang. Situs ini sangat khas dengan tampilan warna hitam dan merah yang amat mencolok.

Dari segi penggunaan, Stafaband terbilang cukup mudah saat dioperasikan. Hanya saja saat mengklik lagu yang diinginkan, kamu harus menunggu beberapa detik sebelum akhirnya sistem secara otomatis memunculkan lagu tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Stafaband tidak hanya menyuguhkan satu pilihan dari lagu yang ingin diunduh, namun juga terdapat banyak versi dari lagu tersebut yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

5. Metro Lagu

Metro Lagu - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Metro Lagu adalah gudangnya lagu dengan format mp3 yang bisa diunduh kapan pun saat dibutuhkan. Situs download lagu gratis ini memungkinkan kamu untuk mencari lagu favorit berdasarkan judul dan nama musisinya. Terdapat pula format mp4 bila sewaktu-waktu lagu yang diunduh dalam bentuk mp3 tidak bisa diputar.

6. Last FM

Last FM - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Last FM menjadi salah satu jejaring musik terbesar yang dimiliki oleh CNET. Situs ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengunduh berbagai genre musik secara gratis, melainkan pula untuk melihat ragam event musik yang bakal berlangsung di negara asalmu.

Sebagai contoh, untuk event musik di bulan Februari hingga September 2020, masyarakat Indonesia bakal disuguhkan dengan penampilan dari para musisi besar seperti Rex Orange County, Billie Eilish, One OK Rock, dan masih banyak lagi.

7. Alfalagu

Alfalagu - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Alfalagu adalah situs download lagu gratis yang tidak hanya menyuguhkan deretan lagu dari Indonesia saja. Kamu yang pecinta K-pop atau lagu berbahasa Inggris, juga bisa mendapatkan lagu favoritmu hanya di situs ini.

Cara mengunduhnya cukup gampang, kamu hanya perlu mengakses laman Alfalagu kemudian masukkan judul atau nama artis yang ingin dituju. Setelah itu klik filenya dan sistem akan secara otomatis membuka lagu tersebut dan pilih fitur “Download MP3”.

8. IndoMusik

IndoMusik - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Selain Alfalagu, CekAja juga punya rekomendasi situs download lagu gratis lainnya yakni IndoMusik. Situs ini memiliki genre musik yang terbilang cukup lengkap, mulai dari Pop hingga Jazz. Hebatnya lagi, masing-masing lagu yang disajikan oleh IndoMusik tidak hanya tersedia dalam versi original saja, namun ada juga versi live dan cover.

9. Gudang Lagu

Gudang Lagu - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

Kamu sedang mencari lagu dangdut yang bisa diunduh secara gratis? Gudang Lagu tempatnya. Ini merupakan situs download lagu gratis yang tidak kalah populer dibandingkan dengan situs lainnya. Lewat Gudang Lagu, kamu enggak hanya bisa mengunduh lagu dangdut saja. Karena, situs ini juga menyediakan lagu-lagu terbaik mancanegara, termasuk lagu berbahasa Inggris dan K-Pop.

(Baca Juga: Daftar Situs Nonton Streaming Sepakbola Liga Champions Terbaik)
10. NoiseTrade

NoiseTrade - Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi

NoiseTrade merupakan platform musik global yang telah ada sejak April 2008 lalu. Situs ini memungkinkan kamu untuk men-download lagu secara gratis asal telah memiliki akun yang terkoneksi dengan email.

Situs NoiseTrade juga menjadi media promosi bagi para artis yang ingin menyalurkan karya-karyanya untuk penikmat musik, baik melalui fitur streaming ataupun download. Selain itu, situs yang berada di bawah naungan PledgeMusic ini pun tidak hanya menyuguhkan informasi seputar musik saja. Namun juga informasi mengenai film, serial tv, games, hingga politik.

Itu dia beberapa rekomendasi situs download lagu gratis yang bisa kamu cobai. Dapatkan informasi lainnya seputar gaya hidup, strategi kelola keuangan, hingga cara memilih produk finansial yang tepat hanya di CekAja.com. Untuk langganan musik sampai kapanpun, kamu bisa gunakan kartu kredit yang dapat memudahkan segalanya. Yuk, cek pilihan nya!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau