Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Tempat Ngabuburit dan Kulineran Asyik di Jabodetabek, Yuk Cek!

by Miftahul Khoer on 7 Mei, 2019

Sudah menjadi tradisi kalau setiap bulan puasa, warga Muslim pasti selalu meluangkan waktu untuk ngabuburit atau menjemput waktu buka puasa sambil berburu kuliner. Adakah lokasi khusus di setiap daerah yang asyik untuk ngabuburit dan berburu kuliner?

Ya, hampir di setiap daerah pasti memiliki lokasi tertentu yang asyik buat ngabuburit maupun berburu kuliner terutama di kota-kota besar dan metropolitan. Berikut kawasan yang kerap menjadi incaran warga Jabodetabek buat ngabuburit sambil berburu takjil untuk buka puasa. Yuk simak!

Jakarta
  • Bendungan Hilir

Bagi warga Jakarta, sudah tentu gak asing lagi dengan nama Bendungan Hilir alias Benhil. Di lokasi ini, setiap bulan puasa selalu dijadikan pusat kuliner dari berbagai pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman mulai dari bermacam kue tradisional, hingga modern.

Kamu juga bisa memilih banyak menu buka puasa seperti kolak, es campur, kelapa muda, sop buah hingga aneka jus dengan harga yang terjangkau pastinya. Bendungan Hilir berada di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat yang lokasinya mudah dijangkau karena dekat dengan pusat bisnis.

(Baca juga: Tradisi Sambut Ramadan, Makan Daging Hingga Mandi untuk Menyucikan Diri)
  • Pelataran Masjid Sunda Kelapa

Buat kamu yang sering melewati Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng Jakarta Pusat, pasti sering melihat salah satu masjid terkenal yakni Masjid Sunda Kelapa. Ya, masjid bersejarah ini setiap harinya memang ramai dikunjungi warga terutama yang ingin beribadah. Di hari biasa juga, pelataran Masjid Sunda Kelapa banyak para penjaja kuliner yang siap memanjakan perut kamu.

Nah, di bulan puasa ini, Pelataran Masjid Sunda Kelapa juga kerap dijadikan lokasi pusat kuliner. Di sana terdapat penjual aneka menu takjil dan menu buka puasa mulai dari beragam kolak, kue, gorengan hingga menu ciri khas Betawi. So, buat kamu yang berada di Jakarta, cobain deh ngabuburit di Masjid Sunda Kelapa sambil memborong bermacam kuliner di sana.

Bogor
  • Lapangan Sempur

Geser sedikit dari Jakarta menuju Bogor, lokasi ngabuburit yang paling banyak dikunjungi di Bogor kota adalah Lapangan Sempur. Lokasi ini merupakan salah satu tujuan utama warga Bogor yang dijadikan tempat rekreasi.

Di Lapangan Sempur, kamu bisa menikmati berbagai wahana seperti lapangan basket, skatepark, hingga panjat tebing sambil menanti waktu buka. Dan jangan salah, ada banyak kuliner yang dijajakan di area Lapangan Sempur mulai dari mie ayam, bakso tahu, soto khas bogor hingga makanan berat yang dijajakan di area tersebut. Yuk langsung ke Lapangan Sempur Bogor, lokasinya gak jauh dari Istana Bogor kok.

(Baca juga: Serba-serbi Umroh Saat Ramadan)
  • Kawasan Stadion Pakansari

Selain Lapang Sempur, Bogor juga punya pusat perhatian warga yang berada di wilayah kabupaten yakni Stadion Pakansari. Sejak diresmikan pada tahun 2016 lalu, kawasan Stadion Pakansari menjadi pusat kegiatan. Gak heran kalau warga setempat memanfaatkannya untuk berjualan aneka makanan.

Pada bulan puasa pun, kawasan Stadion Pakansari selalu dipenuhi pengunjung untuk ngabuburit dan berburu kuliner buka puasa. Kamu bisa datang ke area luar Stadion Pakansari di bulan puasa ketika sore hari untuk melihat langsung surga kuliner yang dijajakan para pedagang mulai dari makanan tradisional, modern, dan kuliner kekinian. Mau menu takjil untuk buka puasa? Gak perlu khawatir gak kebagian, ada banyak banget jenis menu yang dijual di sini. Yuk datang langsung.

Depok

Selain dikenal sebagai kota macet, Depok juga dikenal dengan kota kuliner. Maklum, di salah satu jalan di Depok yakni Margonda, sebagian besar dipenuhi oleh tempat kuliner yang bikin ‘gak kuat iman’ untuk mengunjungi satu persatu.

  • GDC

Namun, Depok juga ternyata punya lokasi yang asyik buat ngabuburit sore hari. Lokasinya berada di kawasan kompleks perumahan Grand Depok City (GDC). Setiap bulan puasa, coba kamu datang deh ke GDC, maka kamu akan melihat surga kuliner yang tersembunyi di kota macet satu ini. Kuliner yang dijajakan cukup standar sih seperti aneka kolak, minuman segar, dan bermacam hidangan berat untuk buka puasa.

(Baca juga: Biar Kantong Gak Jebol, Begini Cara Kelola Pengeluaran Selama Ramadan)
  • Kawasan Stasiun

Pusat kuliner di Depok yang juga menjadi kebanggaan warga Depok terutama para angker alias anak kereta adalah di area stasiun. Gak bisa dibantah lagi kalau kuliner di tiga kawasan stasiun yang ada di Depok yakni Pondok Cina, Depok Lama, dan Depok Baru selalu menjadi incaran para penumpang angker.

So, kalau kamu tinggal di kawasan Depok dan setiap hari pulang pergi menggunakan KRL, jangan lupa buat mampir berburu kuliner di area ketiga stasiun tadi ya.

Bekasi
  • Perumnas 1

Jika Jakarta, Bogor, dan Depok punya lokasi yang khusus menyediakan kuliner buka puasa dan tempat ngabuburit setiap Ramadan, maka Bekasi juga gak mau kalah.

Salah satu lokasi berburu kuliner bulan puasa di Bekasi yang terkenal ada kawasan Perumnas 1. Di sini kamu bisa memborong makanan yang siap disantap saat beduk magrib menggema seperti asinan, lopis, gorengan, batagor, otak-otak dan banyak lagi. Ada juga aneka minuman mulai dari kolak, es tebu hingga minuman kekinian.

  • Taman Galaxy

Selain Perumnas 1, kamu juga bisa berburu kuliner sambil ngabuburit di kawasan Taman Galaxy, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Setiap bulan puasa, warga sekitar memang selalu membuka stan untuk menjajakan kuliner mulai dari pempek, batagor, cilok, dan makanan lain. Ada juga minuman yang bisa menyegarkan tenggorokan setelah puasa seharian yakni cincau, dawet, es kopyor hingga minuman yang tengah hits kekinian.

Nah, tunggu apalagi, yuk ngabuburit sambil berburu makanan dan minuman buat buka puasa di surga-surga kuliner di atas. Eits, kamu juga harus ingat ya untuk selalu jaga kesehatan di bulan puasa. Cek pilihan perlindungan kesehatan terbaik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami