Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak di Bogor dengan Harga Murah

by Ayunindya Annistri on 21 Oktober, 2019

Dijuluki sebagai kota hujan, Bogor selalu menjadi tujuan melepas penat bagi warga Jakarta saat akhir pekan tiba. Selain terkenal akan wisata alamnya, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata kuliner yang menggugah selera.

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan makanan apa yang ingin dicicipi, kali ini CekAja sudah menyiapkan daftar tempat wisata kuliner enak di Bogor dengan harga murah. Yuk, dicek!

Kuliner yang satu ini bisa dibilang juaranya dalam menghidangkan minuman manis, seperti sop buah. Perpaduan aneka buah segar dengan susu melimpah siap memanjakan lidahmu setelah lelah berkeliling kota Bogor. Selain itu ada pula sop durian yang tak kalah nikmat untuk kamu cicipi.

Mulanya Sop Buah Pak Ewok ini hanya berjualan di Jalan Bukit Tunggal saja, namun mengingat banyaknya pengunjung yang mendatangi tempat tersebut, Sop Buah Pak Ewok membuka dua cabang yaitu di samping IPB Botani dan Jalan Haur Jaya. Dijamin deh kamu gak akan lagi kehabisan untuk mencicipi seporsi sob buah yang dibanderol dengan harga Rp15.000 ini.

Bila sedang berkunjung ke Bogor bersama keluarga, jangan lupa untuk mampir ke De Salman Resto yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 68. Resto yang sengaja didesain khusus untuk keluarga ini menyediakan beragam menu makanan dengan harga yang relatif murah.

(Baca juga: Daftar Kuliner Murah di Palembang, Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima)

Jika datang kesini, kamu wajib mencicipi iga bakar. Rasanya yang manis, pedas, serta gurih siap menggoyang lidahmu. Jangan lupa pula akan sop buntutnya yang gak kalah enak, apalagi bila dimakan bersama dengan sepiring nasi hangat.

  • Bakso Kikil Pak Jaka

Sejak diulas oleh salah satu acara televisi swasta, Bakso Kikil Pak Jaka yang terletak di Jalan Surya Kencana ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan, bakso yang khas akan kikilnya tersebut juga menjadi favorit sederet artis ternama Indonesia dan pejabat.

Dengan harga yang relatif murah yakni sekitar Rp16.000, pengunjung dibebaskan untuk memilih sendiri kikil yang disukai. Selain itu, bakso ini juga disajikan polos tanpa pelengkap sayur.

  • Martabak Encek

Jangan mengaku pecinta martabak kalau belum mencicipi yang satu ini. Masih di sekitaran kawasan Suryakencana, Martabak Encek yang biasanya buka di jam 2 siang ini selalu ramai pembeli. Bahkan sebelum penjualnya datang, pengunjung sudah berbondong-bondong untuk mengantri.

Sekilas cara penyajian martabak ini tidak jauh berbeda dengan martabak manis lainnya, hanya saja sang penjual masih menggunakan arang dalam proses memasaknya. Sehingga martabak yang dibanderol harga Rp40.000 sampai Rp55.000 ini memiliki cita rasa berbeda.

  • Macaroni Panggang

Sudah sejak lama Macaroni Panggang dikenal sebagai salah satu makanan khas kota Bogor. Kuliner enak dengan harga murah ini berlokasi di Jalan Salak No. 24, Kota Bogor.

Meski tak pernah sepi pengunjung, tempat makan yang satu ini menyuguhkan suasana nyaman untuk kamu bersenda gurau bersama keluarga maupun teman terdekat. Harga seporsinya pun sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp18.000 hingga Rp172.000.

Selain macaroni panggang, ada pula lasagna gulung dan aneka steak yang rasanya tak kalah enak. Jika ingin mencicipi hidangan manis, kamu bisa mencoba cinnamon cake atau onbijtkoek serta biskuit kayu manis yang bakal membuat kamu ketagihan untuk kembali mencicipinya.

  • Nasi Goreng Pete Guan Tjo

Menu tradisional yang satu ini memang sudah terkenal sejak tahun 60-an. Bumbunya yang khas ditambah suwiran ayam dan pete yang melimpah membuat Nasi Goreng Pete Guan Tjo ini selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat maupun pelancong. Dengan uang Rp25.000, kamu sudah bisa menikmati seporsi nasi goreng pete ini yang terletak di Jalan Suryakencana.

  • Toge Goreng

Menu tradisional lainnya yang wajib kamu coba adalah toge goreng. Meski namanya toge goreng, namun makanan ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan pula direbus.

Toge yang sudah direbus, kemudian dimasak bersama dengan mie kuning, ketupat, tahu goreng, serta dibumbui dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco.

(Baca juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Banda Aceh dengan Harga Murah, Mangat Taht!)

Salah satu penjual toge goreng yang sangat populer di Bogor adalah Pak Gebro. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini menyediakan aneka toge goreng yang bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp10.000.

Tidak hanya Pak Gebro, ada pula Toge Goreng Haji Omah yang wajib kamu coba. Saking enaknya, toge goreng yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar ini selalu diincar oleh pelancong ketika berkunjung ke kawasan Bogor Permai. Untuk satu porsinya, kamu cukup membayar Rp14.000 saja. Murah bukan?

  • Kedai Nasi Dulang Cianjur “Rahmawati”

Kalau kamu sedang berkunjung ke Bogor, jangan lupa untuk mendatangi rumah makan khas Sunda di Bogor yaitu Kedai Nasi Dulang Cinajur “Rahmawati”. Kedai ini menjual berbagai aneka makanan Sunda dengan harga murah.

Serupa dengan kedai makanan Sunda lainnya, pilihan menu di kedai ini tidaklah sama setiap harinya. Mulai dari makanan berat seperti sayur dan lauk-pauk serta beragam lalapan dipajang pada bagian depan etalase lauk pauk.

Untuk bisa menikmati satu porsi makanan di kedai nasi dulang, kamu hanya perlu mendatangi lokasinya yang ada di Jalan Binamarga No. 1 Bogor. Oiya, jangan lupa mencicipi sambal gandarianya ya yang terkenal pedas namun masih pas di lidah.

Nah itulah tadi sederet tempat wisata kuliner enak di Bogor dengan harga murah. Jadi dari sekian banyak tempat wisata kuliner yang sudah disebutkan tadi, mana nih yang termasuk favorit kamu?

Jangan lupa berolahraga sehabis menyantap menu makanan-makanan enak di Bogor ya. Lindungi diri dengan asuransi kesehatan juga supaya acara makan-makan kamu tidak terganggu masalah kesehatan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau