Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Daftar Terbaru Orang Paling “Tajir” Sedunia Tahun 2016

by Surtan Siahaan on 8 Maret, 2016

Di tengah ketidakpastian prospek harga minyak dunia, pasar saham yang volatil dan menguatnya Dollar Amerika Serikat, Forbes kembali meluncurkan daftar orang terkaya sedunia yang anyar pada awal Maret 2016. Dampak melambatnya perekonomian dunia berimbas pada kekayaan para taipan dunia. Beberapa di nataranya bahkan kehilangan kekayaan hingga miliaran dollar.

Sejumlah nama lama yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya sedunia masih bertahan, meskipun posisi sejumlah orang berubah. Salah satunya adalah Mark Zuckerberg yang muncul kembali di 10 besar setelah sebelumnya sempat terlempar ke urutan 16 orang terkaya dunia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini daftar terbaru orang terkaya dunia tahun 2016:

Bill Gates

VBK-BILL_GATES_1213944f_thehindu

Pendiri Microsoft masih menjadi orang paling kaya sedunia meskipun kekayaannya turun sebesar US$ 4,2 miliar menjadi US$ 75 miliar. Bill Gates berhasil menjadi yang terkaya selama 3 tahun berturut-turut. Gelar ini telah disandangnya selama 16 tahun sejak 21 tahun terakhir.

Amancio Ortega

4 Amancio Ortega - CekAja

Pria asal Spanyol, Amancio Ortego Gaona merupakan pebisnis dan pengusaha di bidang fesyen. Di usianya yang 79 tahun, toko fesyen online Zara yang dia dirikan bahkan pernah membuatnya dinobatkan sebagai yang terkaya pada Oktober 2015. Saat ini, Ortega berhasil menyalim Carlos Slim di urutan 2 dengan total kekayaan mencapai US$ 67 miliar.

(Baca juga: Usaha Sampingan yang Berikan Banyak Uang di Tahun 2016)

Warren Buffet

3 Warren Buffet - CekAja.com

Pendiri perusahaan investasi Berkshire Hathaway, Warren Buffet, berhasil menjalani tahun 2015 dengan aman. Buktinya, posisinya tetap stabil di urutan tiga besar orang terkaya dunia. Hebatnya, Meski kekayaannya turun menjadi US$ 60,8 miliar, pemilik nama lengkap Warren Edward Buffett tidak mengurangi aktivitas kedermawanannya.

Carlos Slim Helu

2 Carlos Slim Hellu - CekAja.com

Tahun 2015 sepertinya bukan momen yang baik untuk taipan asal Meksiko, Carlos Slim Helu. Sebab, kekayaannya turun US$ 27,1 miliar menjadi hanya US$ 50 miliar sepanjang tahun lalu.

Sekadar informasi, kekayaannya Carlos berasal dari kepemilikan atas sejumlah besar perusahaan Meksiko melalui grup konglomerat Grupo Carso. Grup tersebut mambawahi beragam industri yang meliputi telekomunikasi, pendidikan, kesehatan, industri manufaktur, makanan dan minuman, real estate, penerbangan, media, pertambangan, minyak, perhotelan, hiburan, teknologi, ritel, olahraga, dan jasa keuangan.

Jeff Bezos

588px-Jeff_Bezos_2005

Pada tahun 2016, Jeff merupakan satu di antara dua orang terkaya yang berhasil menyodok di urutan 10 besar. Jeffrey Preston atau Jeff Bezos adalah entrepreneur dan investor yang sukses berkat mendirikan e-commerce Amazon. Yang awalnya hanya menyajikan produk berupa buku, Amazon telah menjadi perusahaan retail terbesar dan membuat Bezos menjadi miliarder dengan total kekayaan US$ 45,2 miliar.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg, Founder & CEO of Facebook, at the press confere

Jika banyak taipan lain mengalami penyusutan kekayaan, lain halnya dengan Mark Zuckerberg. Pendiri Facebook berusia 31 tahun ini berhasil menambah pundi- pundi kekayaannya menjadi US$ 11,2 miliar. Saat ini, kekayaan Mark mencapai US$ 44,6 miliar.

(Baca juga: Saat Transaksi Online, 1 dari 5 Orang di Asia Gunakan Dompet Digital)

Larry Elison

5 Larry Elison - CekAja.com

Pria bernama lengkap Lawrence Joseph Ellison ini merupakan pendiri sekaligus direktur teknologi dari Oracle Corporation. Total kekayaannya mencapai US$ 43,6 miliar yang membuatnya meraih gelar orang terkaya nomor tujuh di dunia. Yang menarik, Ellison ternyata tidak mengantongi gelar serjana. Sebelumnya ia pernah menjadi mahasiswa di University of Illinois dan University of Chicago namun drop out

Michael Bloomberg

download (4)

Taipan media massa asal Amerika Serikat ini memiliki kekayaan sebanyak US$ 40 miliar. Pria yang lahir di hari valentine tahun 1942 ini sukses setelah mendirikan portal perdagangan saham dan surat utang terbesar di dunia, Bloomberg.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami