Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia

by Ilena Umayanti on 14 Januari, 2020

Sebelum berbicara lebih jauh tentang daftar tokoh pejuang lingkungan hidup di seluruh Dunia. Mungkin terlintas di pikiran kamu beberapa pertanyaan tentang lingkungan hidup. Seperti apa pengertian lingkungan hidup? Kenapa harus ada pahlawan lingkungan hidup? Kenapa lingkungan hidup harus di perjuangkan dan lain sebagainya. Mari kita simak beberapa penjelasannya menurut para ahli.

Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia

Pengertian Lingkungan Hidup

Menurut Emil Salim, istilah lingkungan hidup merupakan hal yang mencakup segala sesuatu yang ada di bumi.

Tidak hanya makhluk hidup melainkan termasuk juga yang non hidup. Segala yang ada di bumi juga termasuk keadaan, dan kondisi bumi yang kita diami.

Segala hal yang saling berkaitan yang juga saling mempengaruhi baik itu hewan, tumbuhan dan juga manusia.

Sementara menurut UU No 32 Tahun 2009, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Secara garis besar kedua pengertian tersebut memiliki makna yang sama. Khususnya dalam kategori cakupan, keduanya mengatakan bahwa lingkungan hidup berarti segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang memiliki pengaruh satu sama lain.

Isu yang paling ramai di bicarakan mengenai kelestarian lingkungan hidup adalah mengenai kebakaran hutan.

Seperti diketahui, di indonesia sudah ratusan hektar hutan yang terbakar. Dilansir dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekitar 857 hektar lahan terbakar dari Januari hingga september 2019.

Kebakaran hutan dan lahan tidak hanya terjadi di lahan gambut melainkan juuga di lahan mineral.

Selain di Indonesia kebakaran hutan yang ramai di perbincangkan juga terjadi di Hutan Hujan Amazon yang terletak di Brasil.

Padahal Amazon menyumbang sekitar 20 persen produksi oksigen dunia. Sangat wajar jika kebakaran hutan di Amazon merupakan isu yang mencuri perhatian manusia di seluruh penjuru Dunia.

Badan Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE) mengemukakan terdapat 76,720 kebakaran yang terjadi hingga Agustus 2019 bahkan api yang menjalar di kawasan Amazon mencapai 18.627 kilometer persegi.

Yang paling hangat dan juga paling ramai di perbincangkan adalah kebakaran hutan yang terjadi di Australia.

Bahkan digadang-gadang, kebakaran yang terjadi di Pulau Kanguru itu sudah menghanguskan 15 juta hektar hutan dan menelan korban jutaan spesies hewan.

Selain isu kebakaran hutan, kita juga sudah sering mendengar isu pencemaran lingkungan dengan penumpukan sampah plastik.

Khususnya di indonesia isu penumpukan sampah plastik sudah ramai di perbincangkan oleh khalayak umum.

Sampah plastik merupakan sampah rumah tangga yang tidak bisa terurai oleh tanah. Hal ini menjadikan semakin lama sampah plastik menjadi semakin menumpuk.

Sayangnya kepedulian masyarakat mengenai pencemaran lingkungan ini masih sangat minim.

Bahkan beberapa organisasi pecinta lingkungan sudah sejak lama menyuarakan kampanye untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan ekosistem dan pencemaran lingkungan.

Manfaat Kelestarian Lingkungan Hidup

Lantas apa saja manfaat yang kita peroleh dari melestarikan lingkungan hidup? Kualitas lingkungan yang baik dapat menciptakan kehidupan manusia yang sehat, aman, dan sejahtera.

Kualitas lingkungan hidup yang baik mencakup pada keadaan unsur hayati dan unsur fisik yang mampu mendukung kehidupan berbagai spesies.

Hal itu dapat dilihat dari daya dukung lingkungan bagi kehidupan. Jika kualitas lingkungan buruk akan berdampak pada menurunnya manfaat alam bagi manusia.

Manfaat alam bagi manusia diantaranya adalah untuk menyediakan sumber makanan, oksigen, wisata, pendidikan, obat-obatan. Selain itu juga bisa digunakan untuk sumber penelitian, pengetahuan dan kesehatan.

Dari penjelasan di atas rasanya sudah cukup tergambarkan seberapa penting kelestarian lingkungan hidup bagi manusia.

Kepedulian akan lingkungan hidup juga terdapat pada beberapa orang yang mendapat julukan eco warrior.

Berikut daftar pejuang lingkungan hidup di seluruh dunia yang harus kamu tahu. Daftar pejuang lingkungan hidup di seluruh Dunia.

1.Rachel Carson – Ilmuan (1907-1964)
Rachel Carson- Ilmuan - Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia
source: biography.com

Rachel carson merupakan seorang wanita yang lahir pada tanggal 27 Mei 1907 di Springdale, Pennsylvania.

Sejak kecil Rachel tumbuh menjadi wanita yang sederhana. Kecintaannya terhadap alam di warisi oleh ibunya.

Hal itu di ungkapkan Rachel dalam bukunya. Rachel lulus dari Pennsylvania College ( sekarang Chatham University ) pada tahun 1929. Dia kemudian belajar di Woods Hole Marine Biological Laboratory dan menerima gelar MA dalam bidang zoologi dari Universitas Johns Hopkins pada tahun 1932.

Setelah perang dunia kedua, dia menantang praktik ilmuwan, pertanian, dan pemerintah yang menggunakan pestisida.

Rachel layak masuk ke dalam daftar tokoh pejuang lingkungan hidup di seluruh Dunia. Rachel menyerukan perubahan dalam cara manusia memandang dunia yang akan berdampak panjang pada lingkungan hidup.

Tidak semudah yang di bayangkan, rachel di serang habis-habisan oleh industri kimia dan pemerintah. Hal itu tidak menyulutkan semangat rachel dalam membawa perubahan pada dunia dengan tetap berani menyuarakan bahayanya pestisida.

Rachel tetap berani untuk angkat bicara bahwa manusia adalah bagian rentan dari lingkungan hidup yang paling mungkin mengalami kerusakan akibat penggunaan pestisida.

2. Chico Mendes- Martir Hutan Hujan (1944-1988)
Chico Mendes- Martir Hutan Hujan - Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia
source: britannica.com

Francisco Alves Mendes Filho lebih di kenal dengan Chico Mendes lahir pada tanggal 15 Desember 1944 di Seringal Bom Futuro, di sebuah kota kecil di Negara bagian Acre, Brasil. 

Ayah Chico Mendes merupakan seorang penyadap karet generasi kedua. Chico memiliki 17 saudara kandung, tetapi hanya enam diantaranya yang selamat.

Pada pertengahan 1980-an, Chico dikenal sebagai aktivis serikat buruh yang radikal dan juga aktivis, meskipun begitu dia juga ikut mencalonkan diri untuk beberapa posisi politik lokal seperti wakil negara dan anggota dewan.

Chico Mendes masuk ke dalam daftar tokoh pejuang lingkungan hidup di seluruh dunia karena upayanya untuk menyelamatkan hutan hujan.

Chico Mendes dan serikat pekerja karet meminta pemerintah untuk membuat cadangan karena mereka ingin orang menggunakan hutan tanpa merusaknya. Mereka juga menggunakan teknik yang sangat efektif.

Sejak saat itu Chico banyak mendapatkan penghargaan. Chico memenangkan beberapa penghargaan untuk karyanya. 

Termasuk Penghargaan Global 500 Roll of Honor Award Program Lingkungan PBB pada tahun 1987 dan Penghargaan Pencapaian Konservasi Nasional Federasi Satwa Liar pada tahun 1988.

Chico Mendes meninggal karena di bunuh di rumahnya oleh Darci putra dari Darly Alves da Silva pada hari kamis 22 Desember 1988.

3. Paul Watson – Bajak laut (1950)
Paul Watson - Bajak laut - Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia
source: twitter.com/captpaulwatson

Paul Franklin Watson lahir pada tanggal 2 Desember 1950 di Toronto. Paul Watson terlahir dari pasangan Joseph Watson dan Annamarie Larsen.

Menurut Lembaga Konservasi Gembala Laut, pada tahun 1968 dan awal 1970-an, Watson bergabung dengan Penjaga Pantai Kanada. 

Disitu dia bertugas di kapal weatherships, pencarian dan penyelamatan. Pada Oktober 1969, Watson bergabung dengan protes Sierra Club menentang pengujian nuklir di Pulau Amchitka.

Pada awal 1970-an, Watson juga aktif dengan Front Pembebasan Vancouver dan Yippies Vancouver. Watson berlayar sebagai anggota atau kru di kapal Greenpeace pada tahun 1971.

Selain itu Watson adalah koresponden lapangan untuk Pembela Satwa Liar dari 1976 hingga 1980 dan perwakilan lapangan untuk Fund for Animals dari 1978 hingga 1981.

Watson merupakan salah satu pendiri Friends of the Wolf dan Earthforce Environmental Society.

Pada Januari 2008, Paul Watson dinamai oleh The Guardian sebagai salah satu dari “50 orang yang bisa menyelamatkan planet ini” untuk karya Lembaga Konservasi Gembala Laut.

Di tengah penghargaannya yang luar biasa, Watson juga sebenarnya memiliki banyak kontroversi.

Meskipun begitu watson tetap layak masuk ke dalam daftar tokoh pejuang lingkungan hidup di seluruh Dunia karena upayanya dalam menjaga kelestarian lintgkungan hidup.

4. Daniel Hooper, alias Swampy (1973)
Paul Watson - Bajak laut - Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia (1)
source: thesun.co.uk

Daniel Marc Hooper (lahir 1973), lebih dikenal sebagai Swampy adalah seorang aktivis lingkungan dari Inggris.

Dia aktif dalam berbagai protes lingkungan termasuk saat menentang perluasan jalan A30 pada tahun 1996.

Pada tahun 1997, dia ikut serta dalam protes terowongan lain yang dimaksudkan untuk mencegah pembangunan landasan pacu kedua di Bandara Manchester.

Selain itu dia juga terlibat dengan kelompok yang protes kapal selam nuklir Trident di Faslane, Skotlandia.

Banyak hal positif dan juga penghargaan yang di dapatkan oleh Daniel sehingga ia masuk kedalam daftar tokoh pejuang lingkungan hidup di seluruh Dunia.

(Baca juga: 10 Negara Paling Kotor di Dunia, Indonesia Salah Satunya?
5. Al Gore (1948)
Al Gore (1948) - Daftar Tokoh Pejuang Lingkungan Hidup Di Seluruh Dunia
source: id.wikipedia.org

Albert Arnold Gore lahir 31 Maret 1948 adalah seorang politikus dan pencinta lingkungan Amerika yang menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat ke-45 dari tahun 1993 hingga 2001.

Gore adalah calon wakil presiden Bill Clinton dalam kampanye sukses mereka pada tahun 1992 dan pasangan ini terpilih kembali pada tahun 1996.

Menjelang akhir masa jabatan kedua Clinton, Gore terpilih sebagai calon Presiden dalam Konvensi Demokrat untuk pemilihan presiden 2000, tetapi kalah dalam pemilihan yang sangat dekat setelah penghitungan ulang di Florida.

Setelah masa jabatannya sebagai wakil presiden berakhir pada tahun 2001, Gore tetap menonjol sebagai penulis dan aktivis lingkungan. 

Profesinya sebagai aktivis perubahan iklim membuatnya mendapatkan (bersama-sama dengan IPCC) hadiah Nobel Perdamaian pada 2007.

Gore telah menerima sejumlah penghargaan yang mencakup hadiah Nobel Perdamaian (penghargaan bersama dengan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, 2007).

Kemudian Penghargaan Grammy untuk Album Kata Terbaik yang Diucapkan (2009) untuk bukunya An Inconvenient Truth, sebuah Primetime Penghargaan Emmy untuk TV Terkini (2007).

Juga Penghargaan Webby (2005). Karena segudang prestasinya Gore merupakan politikus yang pantas untuk masuk ke dalam daftar tokoh pejuang lingkungan hidup di seluruh Dunia.

Pada dasarnya, di seluruh penjuru Dunia pasti ada segelintir orang yang menyadari adanya pemanasan global.

Pemanasan global jelas sebagai dampak dari rusaknya lingkungan serta terancamnya kelestarian alam.

Kamu juga bisa menjadi pahlawan lingkungan. Caranya mulai dari diri sendiri dengan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya atau bisa juga dengan meminimalisir penggunaan plastik. Di mulai dari sekarang ya !

Tentang Penulis