Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi, Mana yang Jadi Pilihanmu?

by Ayunindya Annistri on 14 February, 2020

Ujian Nasional sebentar lagi bakal diselenggarakan. Ini berarti para siswa SMA di seluruh Indonesia akan lulus dan memasuki babak baru dalam kehidupan, yakni menjadi seorang mahasiswa. Nah, buat kamu yang berminat untuk mempelajari ilmu kejiwaan manusia, sebaiknya kamu mulai mencari tahu apa saja universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi.

Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Mengapa Belajar Psikologi Itu Penting?

Mungkin sebagian dari kita menganggap bila Ilmu Psikologi itu hanya dapat dipelajari oleh orang-orang yang memang peka akan lingkungan sekitar. Padahal nyatanya, semua orang dapat mempelajari ilmu yang berhubungan dengan perilaku kejiwaan manusia ini.

Tidak hanya menjadi seorang Psikolog saja, karena banyak hal yang bisa didapat setelah kamu mempelajari Ilmu Psikologi. Misalnya, menjadi lebih memahami kepribadian sendiri maupun bisa menganalisa suatu masalah dan menyelesaikannya, baik untuk diri sendiri atau memberikan saran yang berarti untuk orang lain.

6 Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Setelah mengetahui pentingnya belajar Psikologi, kamu tentu penasaran bukan mana saja universitas terbaik di dunia yang menyediakan program studi tersebut.

Tenang, karena CekAja bakal memberikan rekomendasinya mengenai universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi yang tersebar di berbagai belahan dunia. Yuk, simak!

1. Stanford University

Stanford University - Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Lokasi: 450 Serra Mall, Stanford, CA 94305, Amerika Serikat

Besaran biaya kuliah: Mulai dari USD41.787 atau setara dengan Rp572 juta per tahun

Website: https://www.stanford.edu/

Menduduki peringkat ke-4 dalam World University Rankings 2020 versi Times Higher Education, Stanford University masuk dalam rekomendasi universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi. Universitas ini dikenal memiliki kontribusi yang besar untuk dunia pendidikan khususnya dalam sejarah penelitian pada Department of Psychology.

Saat ini, Stanford University memiliki Undergraduate Program dan PhD Program untuk Jurusan Psikologi. Lalu, ada pula PhD Minor, yang merupakan program penambahan mata kuliah di luar sks wajib pada Jurusan Psikologi.

(Baca Juga: 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education)
2. Harvard University

Harvard University - Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Lokasi: Cambridge, Amerika Serikat

Besaran biaya kuliah: Mulai dari USD54.561 atau setara dengan Rp747 juta per tahun

Website: https://www.harvard.edu/

Masih menempati peringkat pertama dalam daftar US Rankings 2020 di Times Higher Education, Harvard University menjadi salah universitas terbaik di dunia pada jurusan Psikologi.

Universitas yang telah berdiri sejak 1636 ini setidaknya memiliki empat fokus pembelajaran khusus Department of Psychology, mulai dari clinical science, developmental social, hingga cognition, brain and behavior.

Proses belajar mengajar yang diterapkan khususnya untuk mahasiswa pascasarjana Jurusan Psikologi juga tergolong menarik. Sebab, mereka dituntut untuk mampu menguasai lebih dari satu fokus pembelajaran yang dimiliki pada jurusan tersebut.

Dengan mentor yang handal, Harvard University berharap dapat menghasilkan alumni-alumni terbaik dan berkualitas untuk Jurusan Psikologi.

3. University of Edinburgh

University of Edinburgh - Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Lokasi: Old College, South Bridge, Inggris

Besaran biaya kuliah: Mulai dari GBP23.200 atau setara dengan Rp414.932 juta

Website: https://www.ed.ac.uk/

Terletak di ibu kota Skotlandia, University of Edinburgh juga termasuk dalam daftar universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi. Menurut data Research Excellence Framework (REF) 2014, setidaknya 81.5 persen hasil penelitian pada program studi Psikologi di University of Edinburgh dinilai luar biasa dari segi jangkauan dan manfaat yang dihadirkan.

Untuk Jurusan Psikologi sendiri, universitas ini memiliki 3 program yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, seperti Undergraduate Degree Programmes, Masters Programmes, dan PhD Programmes. Kemudian ada pula program persiapan sarjana, kursus singkat serta pelatihan profesional untuk mahasiswanya.

4. Ludwig Maximilian University of Munich

Ludwig Maximilian University of Munich - Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Lokasi: Geschwister Scholl Platz 1, Munich, Jerman

Besaran biaya kuliah: Mulai dari EUR16.000 atau setara dengan Rp237 juta

Website: http://www.en.uni-muenchen.de/

Universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi berikutnya adalah Ludwig Maximilian University of Munich yang berada di Jerman. Negara ini memang menjadi salah satu destinasi favorit mahasiswa internasional untuk mengemban pendidikan lanjutan.

Pada Jurusan Psikologi, Ludwig Maximilian University of Munich berhasil turut serta dalam penelitian internasional dan beberapa proyek besar lainnya dari The Germany-wide Excellence Initiative. Jurusan ini memiliki 3 program gelar yaitu S1, S2, dan S3 dengan cakupan ilmu mengenai dasar neuroscientific dan perilaku sosial beserta konteks organisasinya.

5. The University of Melbourne

The University of Melbourne - Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Lokasi: Parkville VIC 3010, Australia

Besaran biaya kuliah: Mulai dari AUD15.000 atau setara dengan Rp138 juta

Website: https://www.unimelb.edu.au/

Beralih ke benua Australia, terdapat universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi yakni The University of Melbourne. Universitas ini menyediakan program Diploma, Undergraduate, PhD, Master, dan Doctor khusus Jurusan Psikologi.

Kualitas dari The University of Melbourne rasanya enggak perlu diragukan lagi. Misalnya saja dalam daftar World University Rankings 2020 versi Times Higher Education, dimana universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi ini menempati peringkat ke-32.

6. The University of Hong Kong

The University of Hong Kong - Daftar Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Psikologi

Lokasi: Pokfulam, Hong Kong

Besaran biaya kuliah: Mulai dari HKD164.000 atau setara dengan Rp289 juta

Website: https://www.hku.hk/

Universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi yang terakhir adalah The University of Hong Kong. Ini merupakan universitas negeri yang meraih peringkat 1 di Hong Kong sebagai universitas terbaik berdasarkan QS World University Rankings 2020.

Program studi Psikologi pada universitas tertua di Pokfulam ini tersedia untuk tingkat Undergraduate, Taught Postgraduate, dan Research Postgraduate.

Lebih lanjut, The University of Hong Kong juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk mengikuti program magang, pertukaran pelajar dengan standar internasional, serta proyek regional yang bertujuan untuk mencetak lulusan terbaik sesuai bidangnya.

(Baca Juga: 8 Universitas Terbaik di Dunia Jurusan Manajemen Hotel)
Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Lulusan Psikologi enggak hanya bisa menjadi Psikolog atau Guru Konseling saja, namun kamu juga dapat menggeluti bidang pekerjaan lainnya, antara lain adalah:

  • Human Resources Development (HRD)
  • Dosen Psikologi
  • Ahli Psikometri
  • Ahli Intervensi Sosial
  • Penulis atau Penerjemah Buku Psikologi
  • Trainer
  • Konselor Karir
  • Research and Development (RND)
  • Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Itulah keenam universitas terbaik di dunia untuk belajar Psikologi beserta prospek kerjanya yang menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dana pendidikan untuk melanjutkan kuliah di universitas-universitas ternama hanya dengan mengajukannya melalui CekAja.com

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau