Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Danamon UKM, Solusi Modal Usaha Hingga Rp20 M

by Surtan Siahaan on 4 Oktober, 2017

pinjaman bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bank Danamon kini semakin fokus menggarap segmen UKM. Salah satu program pembiayaan andalan yang diminati adalah Danamon Solusi UKM. Apa kelebihannya?

Produk ini merupakan solusi bagi pengusaha kecil menengah yang membutuhkan bantuan permodalan untuk pengembangan usaha dengan dua kelebihan yakni bunga yang kompetitif dan proses pencairan yang mudah dan cepat yakni hanya 7 hari kerja dengan plafon pinjaman hingga Rp 20 miliar.

Danamon Solusi UKM sendiri memiliki tiga paket solusi usaha yang disesuaikan untuk kebutuhan-kebutuhan pengusaha yang beranekaragam. Pada dasarnya, produk pembiayaan ini ditujukan untuk tiga kebutuhan yakni

Kredit modal kerja

Ini adalah kredit yang dikhusukan untuk kebutuhan modal kerja atau modal usaha seperti pembiayaan inventori, piutang dan proyek.

Kredit investasi

Pinjaman ini dikhususkan untuk mendanai kebutuhan barang modal dalam rangka modernisasi, rehabilitasi, perluasan (contohnya pembangunan atau renovasi tempat usaha). Selain itu, kredit juga bisa digunakan untuk kebutuhan yang berhubungan dengan investasi seperti pembelian mesin atau alat kerja.

Kredit tempat usaha

Pinjaman ini diberi nama Kredit Investasi Ruko, Program Khusus Solusi UKM dan Promo Danamon Solusi UKM.

Agar lebih jelas mengenai produk ini, yuk kita bahas satu per satu.

Ingin beli tempat usaha? Daftar kredit investasi ruko

entrepreneur muda _ pinjaman UKM - CekAja.com

Pebisnis pasti membutuhkan lokasi usaha untuk menjalankan bisnisnya. Bahkan, pelaku bisnis online yang menjual produknya secara daring sekalipun membutuhkan tempat untuk menyimpan stok produknya.

Kredit Investasi Ruko dari Bank Danamon merupakan fasilitas yang mempermudah pengusaha yang ingin memiliki ruko/rukan.

Apa keunggulan produk ini?

Poduk ini memungkinkan pengusaha memiliki ruko/rukan dengan tenor pinjaman hingga 20 tahun dan uang muka yang cukup ringan yakni mulai dari 10% harga ruko/rukan.

Danamon juga menyediakan jenis pembayaran balloon payment yang memungkinkan nasabah mendapatkan pembayaran cicilan yang ringan di tahun-tahun awal kredit.

Berapa bunga yang diperoleh nasabah?

Kredit Investasi Ruko merupakan pembiayaan ruko/rukan dengan suku bunga 9% fixed selama dua tahun dan naik menjadi 9,25% fixed untuk tiga tahun selanjutnya. Bank Danamon juga membebaskan biaya tahunan selama 5 tahun.

Program Khusus Solusi UKM

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Masih berkaitan dengan pembiayaan modal kerja untuk Usaha Kecil Menengah (UKM), Danamon memiliki berbagai program khusus yang menarik yaitu:

1# Member get member

Ini merupakan program imbal keuntungan (reward) yang diberikan bagi nasabah yang berhasil mereferensikan Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja pada nasabah baru dan kemudian mendapatkan persetujuan.

2# Kredit pembiayaan hari raya

Menjelang hari raya seperti Lebaran atau Natal, kebutuhan akan modal usaha biasanya meningkat baik untuk kebutuhan pembayaran THR atau kebutuhan perluasan usaha. Program ini dibuat untuk membantu pengusaha mendapatkan tambahan modal tersebut. Kredit ini ditawarkan dua bulan sebelum hari raya.

3# Program pemulihan plafon kredit

Ada kalanya pengusaha yang sudah mengajukan kredit justru membutuhkan dana tambahan di tengah pelunasan kredit tersebut. Namun, nasabah Danamon Solusi UKM tak perlu khawatir karena nasabah bisa mengajukan re-instate alias pencairan pinjaman dari kredit yang sudah dilunasi atau maksimal kembali ke plafon kredit awal.

4# Koperasi karyawan

Di sebuah perusahaan tak jarang karyawan membentuk koperasi untuk menambah kesejahteraan di antara mereka. Danamon memiliki fasilitas kredit bagi koperasi karyawan yang membutuhkan modal kerja.

Lantas, dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman?

Untuk nasabah individu, beberapa syarat yang dibutuhkan diantaranya KTP, NPWP, KK, Akta Nikah (Jika Sudah Menikah). Sedangkan untuk badan usaha, dokumen yang dibutuhkan diantaranya TDP, SK Menkeh, Akta AD Perusahaan. Kemudian dokumen lain yang disertakan seperti SIUP, Rekening Koran 3 Bulan Terakhir, dan juga laporan keuangan.

Biaya apa saja yang harus dibayar untuk pinjaman ini?
  1. Biaya Provisi (Biaya ini cukup dibayar sekali di awal)
  2. Biaya Notaris
  3. Biaya Asuransi
  4. Biaya Administrasi
  5. Biaya Appraisal
  6. Biaya Denda (Biaya ini barud ipungut jika terdapat keterlambatan pembayaran angsuran)
  7. Biaya Penalti (Biaya ini akan dipungut apabila terdapat pelunasan pinjaman baik sebagian atau seluruhnya dipercepat sebelum jatuh tempo)
Cara mengajukan Danamon Solusi UKM

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman UKM dari Bank Danamon. Pertama, mengajukan secara langsung ke kantor cabang Bank Danamon yang paling dekat dengan domisili kita.

Cukup membawa sejumlah dokumen yang dipersyaratkan, kita sudah bisa mengikuti proses pengajuannya. Namun, ada kalanya kita kesulitan untuk mendatangi kantor cabang bank entah karena kesibukan mengurus bisnis atau kendala lain seperti kemacetan lalu lintas yang membuat usaha mendatangi kantor cabang bank jadi lebih besar.

Untungnya, saat ini nasabah Bank Danamon tidak perlu lagi harus mengajukan pinjaman secara langsung di kantor cabang. Sebab, kemajuan teknologi keuangan membuat kita semua bisa mengurus proses pinjaman hanya melalui smartphone atau gadget kesayangan.

Caranya cukup mengajukan Danamon Solusi UKM melalui CekAja.com, toko finansial yang sudah bermitra dengan Bank Danamon. Tertarik mendapatkan modal usaha dari Bank Danamon untuk memajukan bisnis? Tunggu apa lagi, ajukan sekarang juga melalui CekAja.com.

Tentang Penulis