Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Dapatkan Uang Pinjaman Gratis untuk Modal Usahamu

by Satrya Agung on 28 Maret, 2016

sewa tempat usaha murah - CekAja.com

Minat masyarakat berwirausaha akhir-akhir ini semakin tinggi. Terlihat dengan muncul dan tumbuhnya berbagai usaha kecil dan menengah.

Yang membanggakan lagi sebagian besar pelakunya adalah kawula muda. Meski rata-rata dari mereka minim pengalaman, tapi tekad dan keinginan yang tinggi membuat mereka berjalan mantap mengawali bisnis yang dirintis. Kemudian yang jadi tanda tanya adalah dengan maraknya pertumbuhan usaha kecil dan menengah ini bisa mendapatkan uang pinjaman gratis sebagai modal usaha?

Sejak 2014 saja pelaku usaha kecil dan menengah atau disingkat dengan UKM di Indonesia mempunyai jumlah yang signifikan. Bahkan disinyalir terbanyak di antara negara-negara tetangga. Jumlah ini semakin meningkat tiap tahunnya.

Ini terjadi dikarenakan jumlah populasi penduduk Indonesia dengan usia produktifnya lebih banyak ketimbang jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Keterbatasan inilah yang mendorong anak-anak muda untuk menciptakan lapangan pekerjaan mereka sendiri.

UKM tumbuh pesat

Di tahun 2014 tercatat sebanyak 57,9 juta pelaku UKM ini dan semakin bertambah tiap tahun. Kontribusinya pun tak bisa dipandang sebelah mata, karena dari lini UKM ini saja telah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97,30% dan kontribusi PBD sebesar 58,92%. Angka ini sungguh tidak main-main dan perlu perhatian khusus dari semua pihak, baik calon investor maupun pemerintah.

Melihat potensi yang besar ini dan respon yang positif dari masyarakat, pemerintah pun tidak berpangku tangan. Bersama dengan lembaga-lembaga keuangan bergandengan memberi dukungan penuh pada pelaku usaha UKM.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memberikan uang pinjaman gratis yang bisa dijadikan modal, baik itu sebagai modal awal atau sebagai suntikan dana guna mengembangkan sayap usaha mereka.

Pinjaman usaha

Untuk mendapatkan pinjaman modal ini tentu ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi selaku pebisnis muda. Kamu bisa mendatangkan tiap bank yang ada di daerahmu untuk mendapatkan informasi mengenai pinjaman modal ini. Tanyakan cara mendapatkannya dan persyaratan apa saja yang harus dilengkapi.

Namun jika kamu merasa terlalu repot untuk mendatangi tiap-tiap bank, masih ada satu cara gampang yang bisa kamu lakukan. Yakni dengan masuk ke situs CekAja.com lalu memilih menu UKM dan Pinjaman UKM. Di halaman situs tersebut terpapar apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan program tersebut.

Kamu tinggal memasukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan jangka waktu, serta beberapa data yang dibutuhkan. Selanjutnya tim CekAja.com yang akan melanjutkan ke pihak bank-bank rekanan. Yang kamu lakukan selanjutnya adalah menunggu kabar baik dari CekAja.com dan pihak yang setuju dengan pengajuanmu. Cukup mudah, bukan?

Pisahkan rekening usaha dan rekening pribadi

Di samping suntikan dana modal, kamu juga bisa mengelola uang yang nantinya mengalir ke rekeningmu. Pastikan uang tersebut bisa kamu kelola dengan baik, dan jangan digabung dengan keuangan pribadimu. Ini bisa menyebabkan kekacaun dalam catatan keuanganmu nanti.

Jika kamu baru akan menjalankan bisnis dan masih bingung hendak akan menjalan usaha apa, maka kamu bisa membaca beberapa bisnis UKM yang menjanjikan di tahun ini yang sudah pernah kami bahas. Kamu lihat apakah ada yang sesuai dengan bakat dan ketertarikanmu. Jika ada maka pilihlah lahan bisnis tersebut. Ini penting agar terhindar dari kejemuan dalam menjalankan bisnis.

Oke, itulah tadi informasi mengenai uang pinjaman gratis untuk modal usahamu. Semoga bermanfaat dan bisnismu pun semakin pesat.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami