Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Dari Sikat Gigi Sampai Bersiul, Inilah Aturan Pemerintah Terkonyol di Dunia

by Ariesta on 25 Februari, 2016

Aturan dibuat untuk dilanggar. Namun, hal itu jadi anggapan salah karena artinya kamu belum punya kesadaran hukum. Karena, aturan dibuat agar ketertiban dan kedamaian tercipta. Aturan juga ditegakkan demi tercapainya tujuan negara yang pastinya menyejahterakan rakyat.

Tapi bagaimana jika aturan tersebut tidak masuk akal, aneh, atau bahkan konyol? Kenyataannya aturan-aturan seperti itu memang ada dan ada yang masih berlaku hingga sekarang. Penasaran apa saja aturan tersebut?

Aturan menyikat gigi

baby

Di negara bagian Massachusetts, semua anak-anak yang berada di tempat penitipan wajib menyikat gigi setelah makan siang. Aturan ini bahkan tertera dalam hukum negara bagian Massachusetts. Faktanya, pemerintah bahkan menyediakan pasta gigi ber-fluoride untuk anak-anak.

Larangan mati

cemetery

Kota Longyearbyen di Norwegia yang dihuni 1.500 orang punya aturan yang sangat aneh. Sejak 70 tahun lalu, pemerintah melarang penduduk atau pendatang meninggal di kota ini. Alasannya tidak lain karena suhu yang dingin membuat jenazah tidak bisa membusuk meskipun telah dikubur selama bertahun-tahun.

Karena inilah, pemerintah setempat mengeluarkan aturan agar penduduk atau pengunjung Longyearbyen yang merasa sakit atau berusia lanjut untuk meninggalkan kota. Bukannya mengusir, melainkan agar jika mereka meninggal bisa dikubur secara layak.

(Baca juga: Dikenal Sebagai Pengusaha Sukses, Mereka Bisa Kaya dengan Modal Minim)

Larangan berbisnis

store

Saat pemerintah Indonesia giat menggerakkan masyarakat untuk berbisnis demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, di Milwaukee Wisconsin justru sebaliknya. Dalam rangka membatasi jumlah pelaku bisnis, pemerintah di sana memberlakukan izin sangat mahal jika kamu ingin berdagang.

Tak hanya itu, kamu diharuskan membayar 2 dolar AS untuk setiap 1.000 dolar AS dari total harga barang yang sedang berusaha kamu jual meskipun belum laku!

Aturan menerbangkan layang-layang

Kite-flying

Berdasarkan peraturan penerbangan India tahun 1934 yang berlaku untuk Boeing 737, ternyata aturan ini juga berlaku untuk layang-layang! Layang-layang termasuk ke dalam golongan benda terbang, sehingga kamu butuh izin untuk menerbangkannya. Mungkin kamu juga butuh izin untuk mendaratkan layang-layang di bandara?

Larangan bersiul

Whistling

Sebuah kota bernama Petrolia di Ontario Kanada melarang warganya untuk bersuara keras antara pukul 11 malam sampai 7 pagi. Larangan ini termasuk berteriak, berseru, bersiul, dan bernyanyi di tempat umum. Wah nampaknya pemerintah di sana ingin warganya bisa tidur nyenyak tanpa gangguan polusi suara.

Larangan menginjak uang

Bath

Sosok Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, sangat dihormati oleh rakyatnya. Gambar wajah raja yang sudah bertahta sejak 1946 ini menghiasi setiap mata uang Thailand. Akibatnya, menginjak uang baht dianggap sebagai aksi penghinaan terhadap raja dan bisa berujung denda.

Larangan berperut buncit

buncit

Larangan ini terbilang aneh karena lahir di negara yang terkenal dengan atlet sumo bertubuh tambun. Tapi begitulah kenyataannya. Pada Januari 2008, pemerintah Jepang mengesahkan “Metabo Law” sebagai usaha mengatasi obesitas. Aturan tersebut mengharuskan warga usia 45-74 tahun tidak memiliki lingkar perut lebih dari 35,4 inci untuk pria dan 31,5 untuk wanita.

Jika melanggar, tentu saja kamu tidak akan dipenjara. Tapi pemerintah akan mengharuskan kamu untuk berkonsultasi dengan ahli untuk memulai program diet. Meskipun tidak berefek denda pada individu, tapi pemerintah pusat bisa memberikan denda jika perusahaan atau pemerintah daerah cuek terhadap warganya yang tidak memenuhi standard lingkar perut.

Larangan mengunyah permen karet

permen

Si Singapura, menjual atau mengunyah permen karet bisa didenda USD 1.000. Jika dua kali melanggar, denda yang kamu bayar pun bisa dua kali lipatnya. Tak hanya itu, kamu juga diharuskan untuk membersihkan (menjadi tukang sapu, mengepel, menyikat) area publik selama sehari. Meski demikian, permen karet diperbolehkan jika alasannya demi kepentingan medis.

(Baca juga: 10 Klaim Asuransi Perjalanan Teraneh dan Terunik)

Larangan membilas toilet

flushing

Di Swiss, membilas alias menekan atau memutar tuas flush toilet dilarang dilakukan di atas jam 10 malam. Tapi aturan ini hanya berlaku di apartemen padat penghuni. Alasannya, suara bilasan air toilet dianggap sebagai polusi suara. Wah, kalau tengah malam kebelet ingin ke toilet bagaimana ya?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami