Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Dari ‘Swipe’ hingga Iklan, Cek Fitur Anyar di WhatsApp!

by Miftahul Khoer on 10 Oktober, 2018

Setelah resmi dicaplok Facebook pada 2014 lalu, aplikasi pesan dengan pengguna terbanyak, WhatsApp Messenger terus berinovasi dengan fitur-fitur terbarunya. Nah, saat ini ada beberapa fitur baru dari aplikasi populer tersebut. Simak apa saja fitur terbaru WhatsApp.

bahaya sosial media - CekAja.com

Saat ini pengguna WhatsApp sudah tembus lebih dari 1,5 miliar di seluruh dunia. Seiring penggunanya terus bertambah, WhatsApp bakal segera mengeluarkan fitur terbaru untuk memanjakan layanan kepada para penggunanya. Apa saja fitur-fitur terbaru tersebut? Yuk cek.

Swipe to reply

Bagi pengguna iPhone, fitur ini mungkin sudah tidak asing lagi. Para pengguna iOS telah lebih dulu menikmati fitur swipe to reply atau membalas pesan dengan hanya menggeser dari isi pesan di WhatsApp tersebut.

Dalam waktu dekat, para pengguna Android bisa menggunakan fitur tersebut pada WhatsApp terbaru yang sedang diuji pada versi beta 2.18.300. Anda bisa mengunduh aplikasi WhatsApp versi terbaru tersebut di Play Store.

Dengan adanya fitur baru untuk Android tersebut, para pengguna WhatsApp tak harus repot-repot membalas pesan dengan menekan atau mengetuk tombol terlebih dahulu, melainkan cukup menggeser isi pesan yang akan dibalas dan tentunya bisa lebih menghemat waktu.

Iklan di status

Para pengguna WhatsApp pernah curiga terkait akuisisi Facebook pada aplikasi pesan ini pada 2014. Banyak yang menduga bahwa setelah dicaplok Facebook, maka WhatsApp akan dimonetisasi.

Mungkin kecurigaan tersebut terbuktikan dengan adanya fitur terbaru berupa iklan dalam status untuk WhatsApp Android versi 2.18.305. Namun, saat ini fitur tersebut masih belum bisa digunakan dan dikabarkan akan segera bisa dinikmati oleh para pengguna di masa depan.

Sedari awal dibuat pada 2009, WhatsApp berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para penggunanya tanpa direcoki iklan. Namun, ternyata iklan akan menjadi alternatif pemasukan setelah sebelumnya WhatsApp ‘berburu’ pendapatan dari beberapa rencana proyeknya antara lain akun premium yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan.

(Baca juga: 5 Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang Kini Tinggal Nama)
Stiker untuk WhatsApp

Tak mau kalah sama Line, akhirnya WhatsApp juga bakal punya fitur stiker dengan nama Biscuit. WABetaInfo mengumumkan bahwa fitur tersebut bisa diakses untuk WhatsApp beta untuk Android versi 2.18.307.

Sebelumnya, pratinjau stiker untuk WhatsApp pertama kali tersedia di Andorid versi 2.18.218. Layanan stiker untuk WhatsApp juga telah diperkenalkan saat Konferensi Pengembang F8 yang diselenggarakan oleh Facebook awal tahun ini.

(Baca juga: Kecerobohan di Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut)
Notifikasi gambar inline

WABetaInfo mengumumkan bahwa WhatsApp tengah menguji pemberitahuan gambar inline di Android versi beta 2.18.291. Namun tak semua bisa mengakses fitur tersebut karena hanya bisa berfungsi pada Android 9.0 Pie.

Pada fitur ini, pengguna akan memeroleh notifikasi gambar dari WhatsApp apakah gambar yang diterima bisa bisa diperluas atau diperkecil. Fitur ini hanya akan berfungsi untuk gambar, bukan untuk video dan GIF.

Picture in picture

Fitur terbaru lainnya dari WhatsApp adalah mode picture in picture yang memungkinkan pengguna bisa melakukan obrolan, menonton video YouTube, bermain Facebook dan beraktivitas lain. Fitur ini terdapat pada versi Android beta 2.18.301.

Singkatnya, ketika Anda membuka WhatsApp dan ada yang mengirimkan video, Anda bisa melihat video tersebut sambil membalas pesan lain. Jika sebelumnya layar ponsel Anda mengharuskan membuka video secara keseluruhan, maka di fitur ini Anda bisa melakukan multi tasking.

(Baca juga: Inilah Alasannya Pokémon Go Geser Penggunaan Media Sosial)
Deskripsi grup

Sebetulnya fitur ini sudah cukup lama tersedia terutama bagi para pengguna grup WhatsApp. Fitur ini akan muncul secara otomatis di atas layar obrolan setiap kali ada anggota baru yang bergabung.

Deskripsi grup bisa ditambahkan atau dituliskan oleh anggota. Isinya, menjelaskan tentang apa tujuan grup tersebut dibuat. Fitur ini juga berfungsi untuk membatasi dan mengelola siapa saja yang dapat mengubah foto profil, subjek dan deskripsi grup tersebut.

Nah, itulah beberapa fitur baru yang bakal dikeluarkan WhatsApp. Mari kita tunggu seperti fitur-fitur terbaru tersebut mampu memanjakan para penggunanya.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami