Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Datengin yuk, 5 Tempat Asyik Untuk Menikmati Tahun Baru di Indonesia!

by Gito on 31 Desember, 2019

Momentum perayaan tahun baru sudah di depan mata. Kamu yang sudah memiliki rencana untuk menikmati suasana pergantian tahun pastinya sudah tidak sabaran. Tetapi untuk kamu yang belum tahu mau berbuat apa dan kemana, sambangi 5 tempat keren di Indonesia ini yang pastinya asyik untuk menikmati momen pergantian tahun

Acara Tahun Baru Dunia - CekAja

Pergantian tahun merupakan momen yang banyak ditunggu oleh banyak orang di dunia. Posisinya yang berdekatan dengan hari raya Natal membuat sebagian orang menggabungkannya perayannya dalam satu waktu, yakni saat Tahun Baru.

(Baca juga: Liburan Gabut? Cus ke 7 Event Seru dan Gratis di Malam Tahun Baru Ini)
Sejarah Perayaan Tahun Baru

Nah membincang perayaan tahun baru, ternyata tradisi seperti ini pertama kali lahir pada zaman Romawi.

Di jadikannya 1 Januari sebagai awal pergantian tahun sesuai dengan nama salah satu dewa berwajah dua, Janus sekaligus tanda penghormatan kepadanya.

Janus memiliki dua wajah yang masing-masing menghadap ke belakang dan ke depan. Nah dalam kepercayaan Romawi, dibayangkan bahwa satu wajah Janus melihat ke tahun yang lama dan wajah lainnya menatap masa depan.

Tradisi itu juga dilengkapi dengan acara pemberian hadiah sebagai pelambang keberuntungan.

Suguhan makanan dan minuman tidak lupa disajikan untuk perupa kedamaian. Selain itu, keadaan disekitar rumah juga diberikan cahaya kerlap kerlip sebagai lambang cemerlangnya hidup.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut kemudian terus diadopsi dan dimodifikasi menjadi sesuatu yang baru hingga menjelma seperti sekarang. Dimana terdapat letupan kembang api, suara terompet dan juga pawai kendaraan.

Kamu yang belum memiliki rencana untuk menikmati acara pergantian tahun, mungkin bisa datang dan mengunjungi 5 tempat asik ini. Simak yuk!

1. Lampion di Borobudur

Kamu yang kebetulan berada di Yogyakarta bisa datang ke Candi Budha terbesar di dunia, Borobudur. Di sana setiap malam pergantian tahun diadakan pelepasan ribuan lampion.

Namun sayangnya, khusus untuk tahun ini malam pergantian tahun di Borobudur tidak akan diisi acara pelepasan lampion.

Hal itu terjadi lantaran ada keberatan dari PT Perusahaan Listrik Negra (PLN) yang menyatakan bahwa pelepasan lampion berpotensi membahayakan jaringan kabel listrik miliknya.

Tetapi tenang, kamu tetap dapat menikmati malam pergantian tahun di Borobudur dengan menikmati pertunjukan musik bertajuk Borobudur Nite The Sound of Spirit Soul.

Dengan harga tiket Rp150 ribu, kamu bisa menikmati pertunjukan musik sambil melihat lanskap Yogyarakarta dari Borobudur yang megah

2. Ramaikan Lovely Toraja

Sejak tahun 2010, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Tana Toraja mengadakan acara untuk mempererat tali persaudaraan masyarakat Toraja di malam pergantian tahun.

Dalam acara yang dinamakan Lovely Toraja itu kamu dapat menikmati sajian kopi, kuliner lokal, atraksi unik dan festival kembang api.

Selain itu, ada juga tarung kerbau khas Tana Toraja yang pastinya bisa menjadi oleh-oleh cerita menarik bagi kerabat di Jakarta.

Selain itu, karena libur pergantian tahun cukup panjang kamu juga bisa menikmati suasana alam Toraja yang indah dan sejuk.

3. Denpasar Festival

Bali memang memiliki sejuta pesona. Khusus untuk pergantian tahun terdapat perayaan khusus yang digelar di Denpasar. Acara yang diadakan setiap tahun tersebut dinamakan Denpasar Festival.

Disana kamu dapat melihat parade atau pawai, bazaar, pameran, pertunjukan seni dan lain sebagainya yang bisa memanjakan mata dan juga kepuasan kamu.

Selain itu, karena di Bali juga kamu bisa sekaligus berlibur menikmati suasana alamnya yang menakjubkan.

4. Badendang Rotan di Maluku

Di Maluku jelang pergantian tahun diadakan pertunjukan bernama Badendang Rotan. Acara ini mirip dengan pertunjukan tarik tambang yang terbuat dari rotan yang dianyam ala maluku.

Badendang Rotan sendiri juga diadakan saat jelang Natal, Idul Fitri, Lantik Raja, Cuci Negeri dan juga Tahun Baru.

Dalam pelaksanaannya, kamu akan melihat rotan sepanjang 50 hingga 60 meter yang dipegang bersama sambil berjalan.

Oh ya, kamu juga bisa ikut dalam prosesi ini. Rasakan budaya setempat yang diiringi dengan bunyi tifa untuk teman bernyanyi lagu-lagu khas Maluku.

(Baca juga: Lima Ide Merayakan Tahun Baru dengan Bujet Seadanya)
5. Raja Ampat, Papua

Pesona dari timur Indonesia yang juga sayang untuk tidak dikunjungi saat pergantian tahun adalah Raja Ampat, Papua Barat. Disana kamu bisa melihat Festival Semarak Tahun Baru Raja Ampat.

Acaranya sudah digelar sejak tanggal 30 dan berakhir di 31 Desember 2019. Ajak keluarga kamu untuk menikmati indahnya alam Papua sekaligus menyicipi budaya menarik yang ada di Indonesia.

Jangan lupa kalau bepergian ke luar kota lengkapi dirimu dengan kartu kredit. Karena kamu bisa mendapatkan banyak promo menarik didalamnya, mulai dari diskon hotel hingga restoran. Sibuk? Akses CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit