Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Dear Mbak Nunung, Sebaiknya Pakai Cara Ini Buat Jaga Stamina

by Sindhi Aderianti on 24 July, 2019

Hampir setiap tahun ada saja kalangan selebriti yang tertangkap tangan menggunakan narkoba. Baru-baru ini, komedian senior Nunung pun ikut terjaring polisi karena diketahui mengonsumsi narkotika berjenis sabu. Ia ditangkap bersama sang suami di kediamannya pada Jumat (19/7) siang.

Dalam penggerebekan tersebut, polisi menemukan barang bukti berupa satu paket sabu seberat 0,36 gram dan beberapa alat hisapnya. Transaksi narkoba wanita bernama asli Tri Retno Prayudati itu, ditutupi dengan modus jual-beli perhiasan.

Saat ini, polisi telah menetapkan tiga tersangka atas kasus penyalahgunaan narkotika tersebut yakni Nunung, suami Nunung atas nama July Jan Sambiran, dan tersangka TB alias HM yang memberikan sabu kepadanya.

Sabu bisa menghilangkan lelah?

Selain dengan suami, Nunung mengaku juga kerap menggunakan narkoba bersama teman-teman seprofesinya. Kesibukan sehari-hari di dunia entertainment yang begitu padat memang diakui sangat mengganggu stamina.

Narkotika berbentuk kristal putih itu memang salah satu jenis obat stimultan yang sangat adiktif. Secara kimiawi juga mirip dengan amfetamin.

Amtefamin sendiri adalah obat stimulan sistem saraf pusat yang digunakan untuk menangani narkolepsi dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Obat tersebut bekerja dengan mengubah kadar zat alami tertentu yang mengontrol impuls di dalam otak, sehingga meredakan gejala dari kondisi yang diderita.

Oleh karenanya, mereka yang memakai sabu sering kali merasa lebih  segar, tidak mudah lelah, bahkan percaya diri turut meningkat. Inilah yang menjadi alasan mengapa Nunung sampai nekat menggunakan ‘barang haram’ tersebut sejak lima bulan lalu.

Efek mengerikan ‘Nyabu’

Menurut pengakuan Nunung ke pihak berwajib, dirinya menggunakan sabu-sabu hanya untuk meningkatkan stamina. Nunung dan suami kerap menggunakannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Namun jangan salah, mengonsumsi sabu bukanlah jawaban untuk menjaga stamina. Sabu tetap saja obat-obatan terlarang yang tak layak dikonsumsi, apalagis secara rutin.

(Baca juga: Liburan Sehat? Simak Kiat-kiatnya Yuk Biar Gak Loyo!)

Sebab pemakaian sabu dalam jangka panjang dapat menyebabkan kecanduan kronis. Belum lagi perubahan fungsional dan molekul pada otak yang berujung pada kerusakan. Riset juga menunjukkan pengguna sabu berisiko tinggi mengalami gangguan parkinson.

Sedangkan efek jangka pendeknya, pengguna bisa merasakan sejumlah ketidaknyamanan seperti insomnia, hilangnya nafsu makan, serta denyut jantung tak teratur. Kemungkinan terburuk yang terakhir, tentu saja tertangkap polisi dan mendekam di penjara. Mengerikan sekali, bukan?

Say No To Drugs! Ini tips sehat agar stamina tetap On

Rasa lelah sebenarnya wajar dirasakan setiap orang yang memiliki segudang kegiatan. Jadi, tak berarti harus dihindari 100 persen seperti efek yang diberikan sabu. Yang benar adalah menjaga stamina agar tidak mudah lelah. Berikut tipsnya yang sehat dan aman:

  1. Minum banyak air putih

Air putih adalah kunci! Sebab, kekurangan cairan dapat memecah persediaan energi dan mengacaukan kerja tubuh. Itulah yang membut kita jadi merasa cepat lelah, tidak bersemangat dan sulit berkonsentrasi. Ketika tubuh memiliki cukup air, keseimbangan elektrolit secara otomatis memberimu energi yang maksimal untuk beraktivitas.

Mulai sekarang, yuk bawa selalu botol minum berisi air putih yang bisa kamu minum dimanapun. Mbak Nunung juga jangan lupa minum air putih yang banyak ya.

  1. Konsumsi vitamin C

Selanjutnya, coba tambah asupan sehari-harimu dengan vitamin C. Fungsi dari vitamin C sendiri adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu dengan merangsang produksi sel darah putih. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C pun dapat membantu meningkatkan energi, sehingga dapat mencegah kamu dari kelelahan.

Biasanya, suplemen vitamin C juga mengandung vitamin B yang ampuh membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Selain berbentuk tablet, suplementasi vitamin C bisa pula kamu dapatkan melalui suntikan atau infus dengan bantuan tenaga medis.

  1. Power nap

Saat memasuki jam istirahat, sesekali tak ada salahnya mencoba power nap. Konon, power nap dapat menyegarkan tubuh meskipun waktu tidurnya cukup singkat.

Studi menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi. Umumnya power nap ini dilakukan selama 20 menit.

Lakukan selagi bisa di sela-sela kegiatanmu. Supaya tidur lebih berkualitas sebaiknya pasang alarm, tidur di tempat yang membuatmu nyaman, dan matikan ponsel selama power nap berlangsung.

Buat kamu yang sangat sibuk kejar target seperti Mbak Nunung, tidak ada salahnya manfaatkan waktu di kendaraan untuk melakukan power snap jika harus pindah-pindah lokasi mencari rezeki.

  1. Makan tepat waktu

Energi ibarat baterai yang harus selalu di-charge. Semisal ketika konsentrasi dan tenaga mulai hilang di siang hari, berarti kita harus mengisi energi tersebut dengan makan secukupnya.

Makanan berfungsi menyuplai energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas. Jangan sampai menunda makan, jika pada akhirnya kamu justru mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak. Ingat, makan dalam porsi tak terkontrol nantinya akan memicu kantuk.

(Baca juga: Lima Makanan Penjaga Stamina Buat Kamu yang Ikut Kawal MK)

Apapun alasannya, menggunakan narkotika seperti sabu tetaplah perbuatan yang merugikan dan tidak patut ditiru. Soal menjaga stamina ditengah padatnya kegiatan, cukup lakukan 4 cara sederhana di atas.

Kalau kamu merasa kesehatanmu terganggu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Lebih aman lagi kalau kamu melindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih dengan mudah lewat CekAja.com. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.