Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Bikin Dekorasi Rumah dengan Ragam Hias, Ini Caranya

by Tisyrin on 2 December, 2017

kain Indonesia - CekAja.com

Rumah yang tertata apik bisa menambah rasa nyaman ketika sedang berada di dalamnya. Aneka rupa ragam hias dapat menambah kesan elegan di dalam rumah.

Pada dasarnya, ragam hias adalah sebutan untuk bentuk dasar hiasan dengan pengulangan pola pada suatu karya.  Bentuk tersebut bisa diterapkan pada karya berupa batik, ukiran, songket, dan lain sebagainya.

Ragam hias telah berkembang sejak lama, bahkan sejak zaman prasejarah, dan mendapatkan pengaruh dari alam hingga budaya. Selain adanya pengaruh budaya lokal, kadangkala pengaruh budaya negara lain juga turut serta seperti pengaruh budaya Tiongkok dan Arab yang sering terlihat di Indonesia.

Ragam hias bermacam-macam antara lain yang terinspirasi dari flora atau fauna yang sering dijumpai pada batik. Jenis lainnya adalah figuratif yang menggunakan objek manusia.  Ada pula jenis yang tergolong geometris.

Rumah makin cantik dengan batik

Dengan keindahannya, berbagai karya yang menerapkan ragam hias bisa menjadi pilihan untuk dekorasi rumah agar lebih cantik. Contohnya adalah dekorasi rumah serba batik. Pernahkah terpikir untuk melakukannya?

Ya, batik pada dasarnya bukan hanya untuk membuat pakaian saja, tetapi juga bisa untuk mempercantik rumah. Setelah berhasil membeli rumah, PR selanjutnya tentu saja merawat rumah dan menatanya dengan baik bukan? Kehangatan keluarga akan semakin lengkap di tengah suasana rumah yang menyenangkan.

Apabila tertarik untuk mendekorasi rumah dengan batik, perhatikan beberapa tip berikut ini :

Sebelum menghias, perhatikan warna furnitur di sekitarnya

Sudah tak sabar ingin memborong aneka macam benda bernuansa batik dan ingin menaruhnya di rumah? Jangan buru-buru membelinya. Perhatikan dulu warna furnitur yang sudah ada di rumah. Agar terlihat serasi, pilihlah warna batik yang senada.

Misalnya batik dengan warna dasar coklat, maka akan sangat cocok apabila berada di tengah ruangan yang dominan warna furniturnya coklat pula. Sementara ruangan yang memiliki furnitur berwarna-warni cocok dengan batik pesisir yang biasanya memiliki warna cerah.

Jangan sampai menyesal setelah membeli hiasan bertema batik dengan harga cukup mahal, ternyata tak cocok dengan furnitur yang ada di rumah. Akhirnya hiasan yang sudah dibeli tak terpakai.

Tak harus beli, cukup modal kreativitas

Punya kain  batik yang menganggur? Bermodal kreativitas dan inspirasi dari internet, kita bisa membuat hiasan batik sendiri. Jadi tak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai pajangan atau benda bermotif batik yang belum tentu murah harganya.

Padu padankan dengan motif polos

Jatuh cinta pada batik bukan berarti semuanya harus menggunakan batik bukan? Pandai-pandailah memadukannya dengan warna polos agar tidak terlihat terlalu ramai dan tetap sedap dipandang.

Ide dekorasi rumah dengan batik

Terdapat berbagai pilihan ide untuk memberi sentuhan etnik di dalam rumah lewat batik. Pilih salah satu cara berikut ini atau terapkan beberapa cara sekaligus :

Mempercantik sofa

Sofa polos bisa dipercantik dengan sarung bantal batik. Misalnya saja sofa dengan warna kuning dipadukan dengan sarung bantal batik yang memiliki warna dasar oranye. Hal ini akan menghilangkan kesan monoton dan minimalis pada sofa, dan akan menggantinya dengan nuansa etnik.

Taplak meja dari batik

Ganti taplak meja biasa dengan taplak meja batik. Cantik bukan?

Sprei batik? Kenapa tidak?

Kamar tidur juga bisa diberi sentuhan batik. Sprei bermotif batik bisa jadi pilihan. Jika tak ingin terlalu ramai, tetap gunakan selimut polos.

Bosan dengan gorden yang itu-itu saja? Ganti dengan gorden bermotif batik

Merasa kurang cocok jika menggunakan sprei batik? Tenang saja, kita masih bisa memunculkan tema batik di sudut lain di dalam rumah. Nah, apabila sudah merasa bosan dengan model gorden yang biasa saja, mulailah berburu gorden bermotif batik untuk menghidupkan suasana.

Jangan biarkan dinding polos, kain batik bisa jadi hiasan

Hanya dengan membentangkan kain batik di dinding sudah bisa jadi hiasan yang cantik, percaya atau tidak? Coba buktikan sendiri. Atau, bisa juga menghias dinding dengan hiasan-hiasan bermotif batik yang sudah tersedia di pasaran.

Beri sentuhan batik pada perabotan

Untuk membuat perabotan lebih sedap dipandang, kita juga bisa mencari pernak-pernik bermotif batik. Di pasaran banyak tersedia pernak-pernik pelengkap untuk perabotan seperti sarung magic com atau dispenser bermotif batik.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami