Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Demi Milenial, Bandara Soekarno-Hatta Operasikan Terminal Maskapai Murah

by Gentur Putro Jati on 26 April, 2019

PT Angkasa Pura II (Persero) alias AP II bakal menetapkan Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta sebagai terminal khusus bagi maskapai penerbangan berbiaya murah atau low-cost carrier (LCCT). Penetapan tersebut menjadikan Terminal 2F sebagai terminal LCC pertama di Indonesia.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin menjelaskan pengoperasian Terminal 2F untuk maskapai LCC akan dimulai pada Rabu (1/5) pekan depan. Awaluddin mencatat akan ada delapan maskapai LCC yang melayani penerbangannya dari Terminal 2F, yaitu:

• AirAsia rute internasional dari saat ini di Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
• Cebu Pacific dari saat ini Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
• Lion Air Group (Lion Air, Thai lion, Malindo) rute internasional dari saat ini Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
• Jetstar Asia dari saat ini Terminal 3 pindah ke Terminal 2F mulai 15 Mei 2019
• Citilink dan Tiger Scoot juga nantinya menyusul akan pindah ke Terminal 2F, dengan jadwal perpindahan yang akan ditentukan kemudian.

(Baca juga: Tren Traveling 2019, Mana Pilihanmu?)

Selain itu, AP II juga akan melakukan relokasi operasional maskapai di Bandara Soekarno-Hatta sebagai berikut:

• Sriwijaya Air dari saat ini Terminal 2F pindah ke Terminal 2D mulai 1 Mei 2019
• AirAsia rute domestik dari saat ini Terminal 2F pindah ke Terminal 2D/E mulai 1 Mei 2019


Awaluddin menjelaskan, alasan perusahaannya menetapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus LCC agar bisa lebih memperluas konektivitas pangsa pasar khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah.

“Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” ujar Awaluddin dalam keterangan resmi perusahaan.

Data traffic penumpang Bandara Soekarno-Hatta menunjukkan, jumlah penumpang LCC khusus rute internasional pada 2018 mencapai sekitar 30 persen dari total penumpang rute internasional sebanyak 15,5 juta orang.

Fasilitasi Milenial

Awaluddin meyakini, penumpang segmen LCC di Soekarno-Hatta juga masih tumbuh. Di mana year-to-date periode 1 Januari-24 April 2019 tercatat ada 1,34 juta orang atau naik hampir 2 persen dibandingkan dengan 1 Januari-24 April 2018 sebanyak 1,32 juta orang.

Sementara itu pergerakan pesawat pada 1 Januari-24 April 2019 mencapai 9.604 pergerakan atau naik 5,03 persen dibandingkan 1 Januari-24 April 2018.

“Penerbangan murah menjadi tren di kalangan traveler khususnya mereka yang termasuk generasi milenial. Di Soekarno-Hatta sendiri, sekitar 60 persen penumpang pesawat adalah generasi milenial,” jelasnya.

(Baca juga: Rupiah Anjlok? Lakukan Ini Saat Traveling ke Luar Negeri)

Ia menambahkan, AP II telah mendesain Terminal 2F sesuai kebutuhan traveler yang mengutamakan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan. Demi memenuhi kebutuhan itu, jumlah check-in desk di LCC Terminal 2F akan dikurangi dari 20 unit pada 2020 menjadi 10 unit pada 2022. Di sisi lain, jumlah fasilitas self check-in ditambah menjadi 40 unit. AP II juga akan menambah fasilitas self bag drop dari 10 unit pada 2020, menjadi 20 unit pada 2022.

“Pelayanan fokus pada digitalisasi seperti web check-in, self check-in dan self bag drop. Ini kami sebut dengan technology implementation for value added services. Berbagai layanan berbasis teknologi juga selalu di-update,” kata Awaluddin.

Insentif Maskapai

Tidak hanya itu, maskapai LCC juga mendapat insentif landing rates jika membuka rute internasional baru ditambah dengan bebas biaya promosi di media digital dan sosial milik AP II.

Saat ini Terminal 2 memiliki kapasitas 9 juta penumpang per tahun. Setelah revitalisasi usai pada 2022, maka kapasitas terminal akan bertambah menjadi 24 juta penumpang per tahun.

Dengan semakin mudahnya kamu bepergian menggunakan pesawat lewat Bandara Soekarno-Hatta, jangan lupa untuk selalu melindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum