Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Dengan Cara Ini, Belanja Lebaran Kamu Dijamin Makin Murah

by Rafly Aditia on 21 Juni, 2016

Tidak terasa, sekarang telah memasuki minggu kedua puasa. Tidak lama lagi, kamu yang beragama Islam bakal merayakan momen kemenangan. Yup, Idul Fitri merupakan salah satu hari yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya, Idul Fitri bakal dirayakan secara besar-besaran sehingga perlu ada persiapan belanja untuk hal tersebut.

Namun, seringkali pengeluaran untuk belanja lebaran membengkak dari tahun ke tahun. Penyebabnya adalah harga barang yang terus naik. Tapi jangan khawatir, berikut ini 5 tips yang bisa membuat belanja Lebaran jadi lebih murah:

Jangan letih berburu diskon

Tips pertama yang harus dilakukan kalau ingin belanja keperluan Lebaran murah adalah berburu diskon. Biasanya, pusat perbelanjaan bakal menawarkan diskon besar-besaran menjelang Lebaran. Begitupun toko online, diskon yang diberikan bahkan tidak tanggung-tanggung mencapai 90%. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri untuk berburu diskon.

Tidak ada salahnya mencari perbandingan harga antara tempat belanja yang satu dan lainnya. Membandingkan diskon dan harga di toko online juga bisa dilakukan. Cukup luangkan waktu lebih lama di depan notebook atau komputer kesayangan, pengeluaran belanja lebaran bisa jadi lebih irit. (Baca juga: Cukup Lakukan Hal Ini, Ongkos Naik Pesawat Bisa Makin Irit)

Manfaatkan kartu member

Bagi kamu yang memiliki kartu anggota sebuah pusat perbelanjaan, sekarang merupakan waktu yang tepat bagimu untuk memanfaatkannya. Biasanya, kartu member belanja bakal memberikan keuntungan tersendiri.

Banyak sekali keuntungan yang ditawarkan seperti diskon khusus, diskon tambahan, doorprize dan promo lainnya. Sudah pasti, dengan kartu member tersebut kamu bisa lebih irit berbelanja. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat kartu member belanja.

Beli dalam jumlah banyak

Tip lainnya yang bisa bikin irit uang belanja Lebaran adalah membeli dalam jumlah banyak. Misalnya kamu ingin membeli baju muslim untuk keluarga, sebaiknya beli di satu toko sekaligus.

Kenapa demikian? Karena biasanya ada penawaran dan potongan harga yang cukup menarik. Sehingga, harga yang didapatkan bisa lebih murah dibanding membelinya satu per satu di tempat terpisah.

Utamakan keperluan

Hal penting yang mesti diingat saat belanja lebaran yaitu mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Memang biasanya keinginan untuk beli barang ini itu memuncak jelang Lebaran. Penyebabnya karena uang THR yang baru turun dan momen yang hanya bisa dirasakan satu tahun sekali menjadikan Lebaran terasa sangat spesial dan perlu ada perlakuan khusus.

Namun, kamu juga perlu menyadari budget yang dimiliki. Utamakanlah keperluan, jangan hanya karena menuruti keinginan setelah lebaran nanti kamu mengalami kebangkrutan. (Baca juga: 5 Cara yang Biasa Dilakukan Orang INdonesia Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Lebaran)

Pakai kartu kredit

Terakhir, kamu bisa menghemat anggaran belanja dengan menggunakan kartu kredit. Manfaatkan promo serta tawaran yang ada pada kartu kredit milikmu, di sinilah fungsi dan manfaat kartu kredit benar-benar terasa. Pengeluaran belanja lebaran dapat ditekan dengan menggunakan kartu kredit secara bijak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami