Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Dengan Lebih Sedikit Usaha Wanita Bisa Lebih Sukses Berbisnis dari Pria

by Ariesta on 23 Agustus, 2016

wanita pebisnis - CekAja.com

Meski saat ini zaman emansipasi kaum hawa, tetap saja wanita sering kesulitan mengakses berbagai fasilitas umum seperti bantuan dana bisnis. Hal ini pernah dialami Diajeng Lestari, founder HijUp. Dalam sebuah video, dia menceritakan pengalamannya dipandang sebelah mata saat menemui investor sambil membawa anaknya.

Tapi perjuangannya tidak sia-sia. Kini HijUp menjadi e-commerce fesyen muslim terbesar. Banyak penelitian membuktikan bahwa wanita cenderung lebih sukses berbisnis daripada pria. Berikut alasannya.

Wanita hanya butuh setengah dari modal yang pria butuhkan

Ajeng memulainya dengan modal sendiri. Hal ini sesuai dengan survei yang dilakukan Global Entrepreneurship Monitor. Survei tersebut melibatkan 5.944 orang berusia 18-74 tahun di Amerika Serikat. Hasilnya, startup alias perusahaan rintisan yang dijalankan wanita hanya butuh modal US$10.000 untuk memulai.

Studi tersebut juga menemukan bahwa kebanyakan wanita yang disurvei mengatakan mereka hanya butuh setengah dari modal yang dibutuhkan pria dalam membangun bisnis. Cara mengumpulkan modal usaha pun bukan dengan mengajukan pada investor, tapi meminjam pada keluarga, teman, atau dari tabungan sendiri. (Baca juga: 8 Kiat Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah)

Wanita bisa mengelola modal yang sedikit

Kenapa wanita hanya butuh setengahnya untuk memulai bisnis? Banyak ahli percaya jika wanita lebih efisien saat mengelola uang sehingga bisa memaksimalkan modal usaha yang didapat meski sedikit. Wanita memang identik dengan kebiasaan belanja. Tapi mereka juga pandai mengatur uang belanja.

Memulai bisnis di usia lebih tua

Kebanyakan wanita memulai bisnis di usia lebih tua namun bisa sesukses pria. Ini artinya wanita hanya menghabiskan setengah dari waktu yang dihabiskan pria. Rata-rata pria memulai bisnis antara usia 22-34 tahun. Sedangkan wanita di usia 35-44 tahun. Ini karena waktu wanita tersita oleh kegiatan mengurus keluarga.

Wanita tidak seharian mengurusi bisnis

Pada kenyataannya, wanita memang masih dipandang sebelah mata oleh banyak pihak. Anggapan ini menyebabkan investor ragu menanamkan uang mereka. Namun keterbatasan modal justru membuat wanita berpikir cermat baik ketika membagi waktu antara bisnis dan keluarga, sekaligus cermat dalam mengelola dana yang terbatas.

Jika porsi untuk mengurusi bisnis wanita dibandingkan pria adalah 1:2, maka dengan porsi waktu yang hanya setengahnya, wanit bisa mengejar kesuksesan pria. Bahkan survei lain yang dilakukan Boston Consulting Group menemukan bahwa wanita mengontrol US$39,6 triliun kekayaan dunia. (Baca juga: 7 Usaha Agrobisnis Menguntungkan yang Bisa Dilakukan di Rumah)

Namun bisnis wanita maju lebih cepat dari pria

Terlepas dari modal yang lebih sedikit, wanita punya kemampuan mendominasi bisnis yang dia geluti. Berdasarkan laporan tahunan National Women’s Business Council, di antara perusahaan-perusahaan sukses, pria mendapatkan modal enam kali lebih banyak daripada pria. Namun perusahaan dengan lebih banyak eksekutif wanita di dalamnya bisa memiliki keuntungan 64% lebih tinggi.

Ini hanya sedikit contoh bagaimana wanita bisa sama sukses bahkan lebih sukses dari pria denganberbagai keterbatasan. Masa depan bagi entrepreneur wanita terbentang luas. Jadi bagi kamu wanita yang ingin sukses berbisnis, terbatasnya modal bukan alasan untuk enggan memulai. Justru kekurangan tersebut malah memacu wanita untuk berpikir lebih cermat.

Berniat memulai bisnis namun terbentur keterbatasan modal? Ajukan pinjaman usaha dengan bunga termurah di sini

Tentang Penulis