Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 Desember, 2019

Jika zaman dulu, game masih dimainkan menggunakan perangkat game konsol, seperti Play Station, Sega Genesis, Gamecube, Atari, Nintendo, dan masih banyak lagi. Kini, di perkembangan zaman yang modern, membuat game konsol tersaingi dengan game online mobile dan di PC, yang lebih menarik dan bervariasi. Pasalnya, hanya dengan menggunakan PC, komputer, atau gadget, kini kamu sudah bisa mainkan game online terbaik dan terpopuler.

Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Namun, selain game online terbaik, game offline juga bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan untuk menemani waktu liburan panjang kamu. Akan tetapi, apa sih bedanya game online dan game offline, yang sering kamu temukan di gadget-mu? Yuk, cari tahu informasinya berikut ini:

Game Offline

Game offline merupakan game atau permainan yang bisa kamu mainkan di gadget, tanpa harus menghabiskan kuota internet. Pasalnya, untuk bisa memainkan berbagai permainan game offline, seperti Subway Surfers, Fruit Ninja, Candy Crush, tidak memerlukan jaringan internet.

Kamu hanya membutuhkan jaringan internet, pada saat mengunduh game offline tersebut saja, di Play Store atau Apple Store. Selanjutnya, ketika game offline telah diunduh, kamu bisa bermain dengan bebas, meski gadget-mu tak memiliki pulsa, kuota, atau akses internet.

Game Online Terbaik

Berbeda dengan game offline, game online bisa dibilang kebalikan dari game offline. Pasalnya, di zaman internet dan juga smartphone yang semakin canggih, kamu bisa bermain game di mana saja dan kapan saja, yang pastinya harus menggunakan jaringan internet.

Tidak hanya bisa dimainkan sendiri, dengan deretan game online terbaik yang populer ini pun, kamu bisa bermain secara multiplayer atau mabar (main bareng) yang tentunya sangat mengasyikkan, ketimbang game offline.

Dengan perangkat smartphone dan juga PC, kamu bisa bermain game secara bebas, tanpa batas. Tidak hanya itu, dengan berbagai pilihan game online terbaik dan tepopuler ini, kamu bisa memilih jenis game yang paling disukai dan dikuasai.

Nah, beberapa rekomendasi pilihan game online terbaik ini pun, bisa kamu coba untuk menemani liburan panjang akhir tahunmu. Mulai dari game online genre FPS, perang, petualangan, strategi, dan masih banyak lagi. Semuanya akan dirangkum, dan dipilih berdasarkan yang paling terbaik dan terpopuler.

Deretan Game Online Terbaik dan Terpopuler
1. Mobile Legends Bang Bang – 2016

Mobile Legends Bang Bang - 2016 - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Game online terbaik dan terpopuler yang pertama adalah Mobile Legends Bang Bang. Game online yang sering disingkat ML ini dirilis pada tahun 2016 silam, dimana saat ini ML sangat digemari banyak kalangan. Game yang juga bergenre MOBA atau (Multiplayer Online Battle Arena) hanya bisa dimainkan dengan menggunakan akses internet.

Meski begitu, koneksi internet dan spesifikasi yang dibutuhkan dalam game online ini juga tidak terlalu tinggi. Namun, untuk bisa memainkan game online ini, kamu dan tim harus membutuhkan kerja sama yang baik.

Pasalnya, di dalam permainan ini, kamu akan dibagi menjadi dua tim, yakni 5 lawan 5. Tidak hanya melawan musuh, kamu dan tim juga harus menghancurkan tower musuh. Dimana, jika kamu berhasil menghancurkan tower utama musuh, kamu dan tim akan menang.

(Baca Juga: 5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia. Ada yang Menjadi Favoritmu?)

2. PUBG Mobile (2018)

PUBG Mobile (2018) - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Game online terbaik selanjutnya adalah PUBG Mobile. Dimana game online ber-genre FPS atau First Person Shutter ini, sangat digemari para gamer di semua kalangan. Sebelum, PUBG rilis untuk Mobile pada Maret 2018, game ini sudah dirilis untuk PC terlebih dahulu, pada Maret 2017.

Semenjak game online PUBG Mobile resmi rilis, game ini pun langsung meraih kepopuleran yang sangat besar, bahkan kepopuleran PUBG Mobel sempat menyaingi Moblie Legends.

Untuk konsep permainannya, PUBG ini memiliki satu tujuan, yakni harus bisa bertahan hidup sebaik mungkin, sehingga bisa menjadi orang terakhir yang masih hidup. Selain itu, di dalam game online ini juga terdapat fitur seperti voice chat, dimana fitur tersebut bisa memudahkan kamu untuk berkomunikasi bersama tim.

3. Garena Free Fire – 2018

Garena Free Fire - 2018 - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Game online terbaik berikutnya, yang memiliki genre hampir sama dengan PUBG Moblie ini adalah Free Fire. Dimana, konsep game online ini adalah sama-sama harus bisa bertahan hidup melawan musuh, di sebuah pulau hingga menjadi orang yang berhasil bertahan hidup di akhir game.

Kamu bisa mengunduh game online terbaik ini di platform iOS dan Android. Bahkan, saking banyak digemarinya, game ini juga sempat berhasil menjadi mobile game nomor 1 di 22 negara, dan menjadi Top 5 mobile games di lebih dari 50 negara. Total unduhan game ini pun mencapai puluhan juta.

4. Call of Duty / COD (2003) & (2019 di Indonesia)

Call of Duty COD (2003) & (2019 di Indonesia) - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Game online terbaik selanjutnya adalah COD atau Call of Duty. COD sendiri pernah rilis sebagai game online PC pada tahun 2003. Untuk COD Mobile sendiri telah resmi rilis di Indonesia sejak Oktober 2019 kemarin. Namun, para gamer bisa melakukan pre-registrasi dengan menggunakan akun Garena atau akun Facebook, mulai 24 Juli 2019.

Call of Duty Mobile, merupakan game online yang memiliki mode multiplayer dan battle royale. Namun, ada beberapa yang memberdakan metoda ini dengan game lain seperti PUBG. Tidak hanya itu, game ini juga akan menghadirkan karakter ikonik dari seri Call of Duty yang sebelumnya.

5. Point Blank (2008)

Point Blank (2008) - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Point Blank atau biasa disebut PB ini merupakan salah satu game online terbaik dan terpopuler. PB sendiri merupakan game yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan lunak Korea Selatan, yakni Zepetto pada 2008. Lalu game ini banyak melalui perpindahan pengelolaan, yakni sempat dikelola oleh Garena.

Point Blank merupakan game online komputer atau PC ber-genre FPS. Dimana game ini memiliki kisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force). Tidak hanya itu, PB juga memiliki berbagai fitur atau mode permainan, di antaranya adalah Death Match, Bomb Mission, Destroy Mission, Madness, Eliminate, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya bisa dimainkan di komputer atau PC, PB juga sempat hadir menjadi game online versi Mobile. Namun, Point Blank Mobile Indonesia resmi tutup pada tahun 2017 lalu, padahal, PB Mobile baru rilis sekitar November 2016. Hal tersebut pun dikonfirmasi oleh pihak Zepetto, bahwa penutupan PB Mobile dikarenakan rendahnya kualitas, jika dimainkan di gawai.

6. Clash of Clans

Clash of Clans - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Game online terbaik yang tak kalah populer, adalah Clash of Clans atau COC. Dimana game ini bisa dibilang menjadi game terbaik di genrenya. Pasalnya, game ini menceritakan terkait strategi yang dilakukan untuk menyerang desa lawan, agar kamu bisa membangun desa.

Akan tetapi, tujuan utama dari game ini adalah bukan membangun desa, melainkan untuk mengalahkan goblin. Nah, untuk bisa mengalahkannya, kamh harus bisa membangun sebuah desa yang mekamur, beserta pasukan. Kamu juga dituntut untuk membuat strategi yang tepat untuk penyerangan.

7. Lineage 2 Revolution (2010)

Lineage 2 Revolution (2010) - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Selanjutnya ada game online terbaik Lineage 2 Revolution. Sempat sangat populer pada tahun 2010, game online ini resmi rilis kembali pada Maret 2019. Kembalinya game ini, ditandai dengan versi terbarunya di smartphone, dimana game yang memiliki genre massive multiplayer online role-playing game (MMORPG), ini memiliki gameplay yang bagus dan grafis yang sangat berkualitas tinggi.

8. World of Tanks Blitz (2014)

World of Tanks Blitz (2014) - Game Online Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2019

Game online terbaik berikutnya yang juga ber-genre MMORPG android ini adalah World of Tanks Blitz. Dimana game ini menawarkan sesuatu yang berbeda di kelasnya. Karena, para pemain bisa mengendalikan tank, selanjutnya memiliki tugas untuk menghancurkan semua pemain yang berusaha mengendalikan targer.

Kamu bisa meracik senjata terbaik dan juga pilihan tank yang akan dikendalikan. Gunakan taktikmu sendiri untuk memenangkan game ini, bahkan kamu juga bisa bertarung di mode 7 lawan 7 dengan sendiri, atau bersama dengan teman.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi game online terbaik, yang bisa kamu mainkan di smartphone atau PC. Terlebih, beberapa game di atas juga sering mengadakan kompetisi yang menawarkan hadiah menarik. Nah, agar kamu bisa mengikuti kompetisi tersebut dengan baik, sebaiknya kamu sering berlatih hingga bisa menguasai strategi.

Memang tidak mudah, namun untuk bisa lebih mudah naik level, sebaiknya kamu gunakan perangkat khusus untuk game. Seperti gawai atau PC khusus untuk game. Meski harganya tergolong mahal, tapi kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa memilikinya hanya dengan menggunakan kartu kredit.

Yuk, ajukan kartu kredit pilihanmu sekarang, hanya di Cekaja.com. Dan raih impianmu untuk menjadi atlet e-sport, hingga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk