Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Deretan Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

by lhmdi on 28 Juni, 2017

kerja atau bisnis setelah lulus kuliah _ pinjaman bisnis - CekAja.com

Duduk di bangku kuliah kampus atau Universitas negeri selalu menjadi pilihan bagi remaja yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

Khusus di Jakarta, kampus-kampus negeri sebenarnya tidak banyak. Hanya ada beberapa seperti Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan beberapa Universitas yang memberikan pendidikan Magister dan program Doctor.

Namun, sebenarnya masih terdapat beberapa Universitas atau kampus swasta terbaik di Jakarta. Sejumlah Universitas atau kampus swasta ini memiliki prestasi yang tidak kalah mentereng dibandingkan Universitas Negeri yang ada di Jakarta.

Bahkan beberapa mahasiswa atau mahasiswi yang lulus di kampus ini pun mampu menjadi orang-orang yang berprestasi setelah bekerja. Lalu, apa saja kampus swasta terbaik di Jakarta? Berikut beberapa pilihannya:

  1. Universitas Katolik Atma Jaya

Pilihan kampus pertama yang bisa dicoba adalah Universitas katolik swasta atau dikenal dengan singkatan UAJY. Kampus swasta ini dikenal sebagai pilihan bagi para calon mahasiswa yang belum beruntung melanjutkan kuliah di Universitas Negeri di Jakarta.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa UAJY merupakan salah satu Universitas yang berada di rangking lima besar tempat kuliah terbaik di Jakarta.

Beberapa fakultas andalan dari UAJY diantaranya adalah Ekonomi, dan kedokteran.

  1. London School Public Relations

Stikom The London School of Public Relation atau dikenal dengan singkatan LSPR merupakan pilihan kampus swasta berikutnya yang berada di Jakarta. Didirikan sejak tahun 1992, kampus yang satu ini khusus bergerak di pendidikan yang terkait dengan Mass Communication, Public Relation, Advertising dan Public Relations.

Nah! bagi kamu yang tertarik untuk belajar tentang pendidikan yang ditawarkan oleh LSPR, bisa mencobanya. Pun, di dunia kerja nanti peluang untuk menerapkan apa yang kamu dapatkan di bangku kuliah akan terbuka lebar jika memilih kuliah di LSPR.

  1. Universitas Trisakti

Pilihan ketiga yang bisa kamu coba adalah Universitas Trisakti. Meskipun tergolong kampus swasta, Universitas Trisakti, justru didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Beberapa fakultas favorit dari kampus ini diantaranya adalah Ekonomi, Teknik Arsitektur, hingga fakultas sosial dan politik.

  1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau dikenal juga dengan nama BINUS University merupakan kampus swasta terbaik di Jakarta yang bisa kamu pilih berikutnya.

Selain mengandalkan fakultas-fakultas seperti Informasi teknologi dan komputer yang menjadi andalan, Binus juga dikenal karena memiliki sarana serta fasilitas pendidikan yang terbilang modern untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

  1. Universitas Tarumanegara

Pilihan berikutnya yang bisa kamu pilih adalah Universitas Tarumanegara atau dikenal juga dengan singkatan UNTAR. Beberapa fakultas unggulan dari UNTAR diantaranya adalah fakultas hukum, teknologi informasi komputer, dan psikologi.

  1. Universitas Esa Unggul

Salah satu keunggulan dari Universitas Esa Unggul karena merupakan salah satu perintis tentang ilmu Akademik Rekam Medik yang merupakan lanjutan dari sarjana terapan Fisioterapi pertama di Indonesia.

Selain itu masih ada fakultas kesehatan yang terbaik dengan gizi masyarakat, biologi dan farmasi yang bisa menjadi pilihan. Fakultas ilmu keguruan dan pendidikan pun menjadi pilihan yang laik untuk dicoba jika kamu memilih Universitas Esa Unggul.

Tips Memilih Universitas Swasta di Jakarta

Meskipun dihadapkan oleh banyak pilihan berbagai Universitas swasta terbaik di Jakarta, namun beberapa tips berikut ini wajib kamu coba. Tujuannya agar tidak salah memilih kampus yang kamu inginkan dan kondisi lingkungan belajar terbaik yang bisa didapatkan.

  1. Teliti dengan akreditasi

kuliah setelah berkeluarga _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Sebelum kamu duduk di bangku kuliah, pastinya akan mengenal sebuah istilah akreditasi. Akreditas merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta dari sebuah perguruan tinggi itu penting.

Nah! Semakin bagus akreditasi dai Universitas atau perguruan tinggi swasta, maka semakin bagus kualitas akademik pendidikan tersebut.

Secara umum, perguruan tinggi atau Universitas swasta yang memiliki akreditasi A memiliki kualitas akademik yang bagus, meskipun memiliki biaya kuliah yang tinggi.

Selain akreditasi Universitas, hal penting yang wajib kamu teliti berikutnya adalah akreditasi fakultas. Oleh karena itu perhatikan dengan teliti dan detil sebelum kamu memilih fakultas apa yang akan diambil.

Imbangi dengan kemampuan diri kamu sendiri. Tidak hanya berpedoman pada hasil nilai ujian nasional, namun juga bisa dilihat dari passion atau minat kamu. Karena jika kita menikmati kuliah maka peluang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pun sangat besar.

  1. Kondisi keuangan

biaya kuliah_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kesiapan finansial atau kondisi keuangan kamu. Memilih dan masuk ke Universitas swasta dengan akreditasi A serta fakultas yang juga memiliki akreditasi yang baik, tentunya sangat mahal.

Oleh karena itu pastikan kamu memang benar-benar memiliki keuangan yang cukup. Cara sederhana yang bisa ditempuh adalah dengan menyiapkan perencanaan pendidikan sejak dini. Saat ini terdapat beberapa layanan asuransi yang menawarkan dana pendidikan untuk memudahkan pembiayaan sekolah atau kuliah.

  1. Pertimbangkan kualitas hasil kelulusan

kuliah sambil kerja_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Salah satu cara untuk menilai sebuah kualitas perguruan tinggi swasta adalah melihat kualitas hasil kelulusan. Sebagai contoh, satu perguruan tinggi mampu menghasilkan mahasiswa yang lulus dengan baik.

Pengertian kualitas baik tidak hanya dilihat dari hasil indeks prestasi kumulatif saja, namun juga bisa dihitung dari bagaimana kesiapan mereka setelah lulus. Misalnya mahasiswa A meskipun lulus dengan IPK standar, namun mampu mengembangkan semangat wirausaha dan justru mampu membuka lapangan kerja baru.

Sementara itu mahasiswa B berhasil lulus dengan IPK memuaskan dan mampu bekerja di sebuah perusahaan ternama di Indonesia.

Nah! Dari sana kamu bisa melihat bagaimana kualitas sebuah universitas tersebut. Apakah metode seperti ini mampu membantu kamu mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik baik dari sisi akademis maupun non-akademis. Ingat! Kuliah tidak hanya tentang mencari nilai dengan hasil A atau B saja.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami