Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Deretan Negara Terbaik Untuk Pensiun Menikmati Masa Tua

by Estrin Vanadianti Lestari on 4 November, 2019

Meski setiap negara memiliki keunggulan masing-masing, terlebih jika dilihat dari segi kesejahteraan penduduknya. Namun, ternyata ada lho, beberapa negara yang tercatat sebagai negara terbaik untuk pensiun, demi bisa menikmati masa tua yang bahagia. Setidaknya ada 10 negara yang ditunjuk melalui survei yang dilakukan dari bermacam faktor.

Dikutip dari World Economic Forum, hasil survei tersebut memunculkan deretan negara yang memiliki faktor-faktor mendukung, dan dinilai pas untuk para pensiunan. Mulai dari faktor iklim, gaya hidup lokal, biaya hidup, kesehatan, persyaratan visa dan residensi, hingga seberapa mudahnya pendatang baru untuk bisa beradaptasi.

Faktor-faktor inilah yang menjadi bahan pertimbangan, guna menilai negara mana saja yang pantas. Terutama bagi para lansia yang tetap ingin merasakan bahagia di masa tua, dengan tenang dan damai.

Dihimpun dari Liputan6.com, deretan negara terbaik untuk pensiun yang dirilis oleh International Living, dalam Annual Global Retire Index ini pun, mencatat bahwa dari banyaknya negara di dunia, Panama masuk ke dalam urutan pertama. Ada beberapa faktor penunjang yang membuat Panama menjadi negara yang paling dibutuhkan para pensiunan, untuk menghabiskan masa tua.

10 Negara Terbaik Untuk Pensiun

Nah, mau tahu faktor apa saja yang membuat Panama bisa menjadi negara terbaik untuk pensiun? Cek rangkumannya di sini, beserta 10 negara lainnya:

1. Panama

Negara terbaik untuk pensiun yang pertama adalah Panama. Dimana Panama memiliki beberapa faktor yang mendukung, sehingga para pensiunan bisa betah, merasa aman, nyaman, dan terlindungi. Pasalnya Panama juga memiliki udara yang hangat, penduduk lokal yang ramah, hingga beban pajak juga rendah.

Tidak hanya itu, Panama juga memiliki sebuah program yang dikhususkan bagi para pensiunan yang memenuhi ketentuan, bernama Pensionado Program. Terlebih, program tersebut akan membuat pensiunan mendapatkan berbagai benefit berupa diskon serta kemudahan biaya kesehatan.

2. Costa Rica

Negara terbaik untuk pensiun kedua adalah negara Costa Rica. Pasalnya, negara ini pernah mendapatkan skor tinggi dalam katogeri gaya hidup sehat. Selain itu, Costa Rica yang dikenal sebagai Swiss Kecil ini juga terkenal dengan aktivitas outdoor-nya. Sementara biaya hidup di sini juga tergolong rendah, hingga memiliki penduduk lokal yang ramah.

3. Meksiko

Negara terbaik untuk pensiun selanjutnya ini sengat populer di kalangan pensiunan. Negara yang berada di selatan Amerika Serikat ini juga menjadi unggul karena wilayah yang variatif fan budaya lokalnya yang masih kental.

Meksiko juga merupakan negara yang menyediakan fasilitas kesehatan yang mumpuni, hingga biaya hidup yang rendah.

(Baca Juga: Yuk Keliling Dunia, Ini 70 Negara Bebas Visa Untukmu!)

4. Ekuador

Selanjutnya ada Ekuador yang menjadi negara terbaik untuk pensiun. Bahkan, di Ekuador terdapat sebuah komunitas eskpatriat, yang bisa kamu temukan di pedesaan, kota kecil, hingga kota besar. Pasalnya, komunitas ekspatriat biasanya hanya ditemukan di kota besar atau kota metropolitan saja.

Negara Ekuador juga memiliki biaya hidup yang rendah, bahkan biaya tersebut bisa kembali menjadi uang intensif bagi para pensiunan. Selain itu, sistem keamanan dan pajaknya juga tidak memberatkan.

5. Malaysia

Siapa yang sangka, ternyata Malaysia juga masuk ke dalam daftar negara terbaik untuk pensiun loh. Pasalnya, ternyata banyak para pensiunan seluruh dunia malah mencari negara yang memiliki udara panas ketimbang dingin.

Malaysia pun bisa populer di kalangan para pensiunan karena biaya hidup yang rendah, kuliner, hingga penggunaan Bahasa Inggris yang baik dan dipakai luas di negara ini.

6. Kolombia

Kolumbia juga masuk ke dalam negara terbaik untuk pensiunan urutan 6. Hal yang membuat negara ini cocok untuk para pensiunan adalah pembuatan visa yang mudah, berada pada wilayan pegunungan yang indah, hingga memiliki pantai tropis yang cantik dan menjadi destinasi andalan di negara ini.

Tidak hanya itu, Kolumbia juga memiliki sistem kesehatan yang baik, dan masuk ke urutan nomor 22 menurut data WHO.

7. Portugal

Negara sepak bola Portugal, disebut-sebut juga menjadi salah satu negara terbaik untuk pensiun. Hal tersebut dikarenakan, karena negara ini memiliki iklim yang hangat, masyarakat yang ramah, biaya hidup relatif murah dibandingkan negara Eropa lain, hingga kehidupan yang santai.

Penggunaan Bahasa Inggris di Portugal juga digunakan secara meluas, sehingga pendatang tidak perlu bingung. Bahkan, Portugal juga pernah mendapat peringkat ke empat di Global Peace Index 2018.

8. Peru

Negara Peru juga masuk dalam negara terbaik untuk pensiun, bahkan Peru juga naik dua peringkat dari tahun sebelumnya. Peru berada di urutan delapan, karena negara ini memiliki biaya hidup yang rendah, pemandangan di Negeri Inca yang sangat bervariasi. Yakni ada pegunungan, pantai, dan juga hutan.

Tidak hanya memiliki surga wisata alam yang indah, Peru juga memiliki beragam kuliner yang terkenal. Namun, ada hal yang menjadi kekurangan negara ini, yaitu penggunaan Bahasa Inggris yang kurang meluas.

(Baca Juga: 8 Tradisi Unik Tahun Baru di Berbagai Negara)

9. Thailand

Tahun ini Thailand berhasil muncul di deretan 10 besar negara terbaik untuk pensiun. Thailand bisa menjadi salah satu negara karena, memiliki wisata pantai dan desa yang indah.

Penggunaan Bahasa Inggris di Thailand juga sudah sangat umum. Selain itu, bergama kuliner lezat ada di negara ini, hingga budaya yang unik, sehingga menjadi salah satu daya tarik para wisatawan dan pensiunan.

10. Spanyol

Negara terbaik untuk pensiunan, yang berada pada 10 besar selanjutnya ada Spanyol. Sama seperti Thailand, Spanyol juga memiliki banyak wisata pantai serta kehidupan yang santai. Selain itu, Spanyol juga memiliki banyak komunitas ekspatriat yang bisa menggunakan Bahasa Inggris, sebagai bahasa umum. Biaya kehidupan di Spanyol juga cenderung lebih rendah, ketimbang negara Eropa lainnya.

Persiapkan segala kebutuhan menyambut hari tua yang bahagia dengan berinvestasi. Beragam produk investasi yang kamu inginkan bisa dilihat di situs Cekaja.com.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk