Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Deretan Presiden yang Tidak Mau Terima Gaji dari Negara

by Rafly Aditia on 26 November, 2016

Donald Trump_investasi - CekAja.com

Sebagai orang nomor satu di negaranya, presiden memiliki kekuasaan yang tinggi. Dengan tugas berat yang diemban serta tanggung jawab yang dipikul, tentu gaji besar untuk seorang pemimpin negara terbilang sangat pantas.

Walau begitu, beberapa presiden ini ternyata menolak untuk digaji oleh negaranya dengan berbagai alasan. Salah satunya Trump yang menjabat sebagai presiden AS sekaligus pengusaha sukses. Berikut selengkapnya 5 presiden yang tidak mau terima gaji dari negaranya:

Hamid Karzai, Afghanistan

Sosok pria berusia 58 tahun ini menjabat posisi presiden Afghanistan pada tahun 2001. Dirinya terkenal begitu dominan dalam sektor politik Afghanistan semenjak jatuhnya era pemerintahan Taliban.

Menguasai 7 bahasa, memiliki kemampuan intelenjensi yang tinggi serta sifatnya yang elegan dan bersahaja membuat dirinya diangkat sebagai Ksatria Kehormatan Britania pada 2003. Hamid ternyata juga enggan menerima gaji sebagai presiden.

(Baca juga: Mau Beli Mobil? Ini 5 Mobil Terlaris Tahun 2016 di Indonesia)

Jose Mujica, Uruguay

Jose Mujica dikenal sebagai presiden yang cukup santai dan tidak merepotkan urusan protokoler kepresidenan. Mujica terkenal sebagai dermawan karena mendonasikan 90% pendapatannya sebagai presiden untuk rakyatnya. Mujica memiliki image sebagai sosok yang sederhana dan kerap berpergian tanpa menggunakan iring-iringan mewah ala presiden.

Paus Fransiskus, Vatikan

Memang sih yang satu ini bukan merupakan Presiden, tetapi sebagai Paus, Jose Mario Bergoglio memiliki kekuatan dan kekuasaan yang besar untuk mengatur Vatikan sejak tahun 2013 menggantikan Paus Benediktus XVI.

Pria berdarah Argentina dan Italia ini terkenal akan kepribadiannya yang bersahaja, sederhana, dan hemat. Walau dirinya sangat menyukai kekuasaan dan pengaruh yang dimiliki, beliau tidak menerima gaji atas layanan yang diberikan.

Ahmadinejad, Iran

Memiliki nama lengkap Mahmud Ahmadinejad, presiden keenam Iran ini dikenal sebagai sosok yang sangat bersahaja dan sederhana. Dirinya lebih memilih berkendara dengan mobil tua miliknya daripada menggunakan limo mewah fasilitas negara.

Selain itu, dirinya bisa saja menyelenggarakna pesta mewah terkait pernikahan anaknya tetapi yang dilakukan hanyalah menggelar pesta sederhana yang begitu menunjukkan betapa rendah hatinya beliau.

Selama menjabat sebagai presiden, Ahmadinejad enggan menerima gaji dengan alsan bahwa semua kesejahteraan milik negara dan sudah menjadi tugas beliau untuk tetap amanah dalam menjaganya.

(Baca juga: Trik Kelola Gaji Jadi Investasi)

Donald Trump, Amerika Serikat

Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump memang begitu kontroversial. Berbagai skandal dan perilakunya di hadapan media memang kerap menuai banyak protes dan komentar miring. Tetapi yang menarik, Trump berujat bahwa dirinya tidak ingin digaji saat menjabat sebagai presiden.

Perubahan sikap Trump setelah menjadi presiden terpilih sedikit banyak membuat masyarakat AS berubah pandangan terhadpa dirinya. Mudah-mudahan saja perubahan tersebut benar dilakukan oleh Trump.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon dan cashback jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.