Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Deretan Tokoh Dunia yang Menjadi Mualaf

by Ariesta on 10 Juni, 2016

Muhammad Ali, petinju legendaris dunia yang baru-baru ini tutup usia, merupakan salah satu tokoh dunia yang diketahui berpindah keyakinan menjadi seorang muslim atau disebut mualaf. Ia yang asalnya bernama Cassius Marcellus Clay, Jr mengganti namanya dengan nama islami dan sejak saat itu aktif di menyuarakan persamaa  hak dan kemanusiaan.

Selain Muhammad Ali, ternyata ada tokoh dunia lain yang menjadi mualaf namun tidak diketahui secara luas. Siapa saja mereka?

Janet Jackson

janet-jackson-wissam-al-mana

Janet Jackson dikenal sebagai bintang pop sekaligus kakak dari ‘king of pop’ Michael Jackson. Menurut laporan media internasional, penyanyi berusia 50 tahun tersebut mengikuti jejak saudaranya Jermaine yang telah dulu menjadi mualaf, tepatnya saat menikah dengan miliarder Wissam Al-Mana asal Qatar di tahun 2012.

Sejak pernikahannya, Janet terlihat tampil lebih tertutup di berbagai kesempatan dengan hanya mengenakan pakaian berwarna hitam. Dia juga mengurangi aktivitas di dunia hiburan demi bisa selalu mendampingi suaminya yang 10 tahun lebih muda.

Mike Tyson

Tyson

Berita mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson menjadi mualaf diperkuat saat Tyson sendiri menulis kicauan di Twitter setelah menyelesaikan ibadah Umrah di Mekkah, Arab Saudi tahun 2010. “Aku baru saja meninggalkan kota suci Mekkah di mana aku merasa sangat diberkahi karena berhasil melakukan Umroh,” katanya.

Perjalanan spiritual si leher beton dimulai ketika dia dipenjara karena tuduhan perkosaan di tahun 1995.  Setelah menjadi mualaf, Tyson memilih nama Malik Abdul Aziz sebagai nama islamnya. (Baca juga: 5 Seleb Mualaf yang Jago Berbisnis)

Mark Shaffer

Meski bukan dari kalangan selebriti, nama Mark Shaffer cukup terkenal di Amerika sebagai pengacara ternama sekaligus miliarder. Salah satu kasus terbesar yang pernah ditanganinya adalah kasus yang melibatkan Michael Jackson, seminggu sebelum bintang pop tersebut meninggal. (Baca juga: Inspirasi: 5 Prinsip Bisnis Tokoh Islam Dunia yang Bisa Kamu Tiru)

Mark memeluk Islam sejak kunjungannya ke Arab Saudi tahun 2009, tepatnya ke Riyadh, Najran, dan Jeddah selama 10 hari. Dari situ ketertarikannya pada Islam semakin kuat hingga keyakinanya ini mengantarkannya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat.

 

Ellen Burstyn

ellen-burstyn-1

Peraih penghargaan Emmy Award, Ellen Busrtyn, dibesarkan secara Katolik. Dia mempelajari banyak keyakinan mulai dari Hindu sampai Konghucu, namun akhirnya berlabuh ke Islam Sufi.

Ellen merupakan aktris senior yang memulai kariernya di akhir tahun 1950. Sejak saat itu dia banyak membintangi serial televisi dan film. Salah satunya adalah Interstellar yang dirilis pada 2014. (Baca juga: Tokoh Dunia yang Berhasil Sukses Setelah Alami Banyak Kegagalan)

Ice Cub

Ice cub

O’Shea Jackson atau yang dikenal dengan nama panggung Ice Cube adalah seorang rapper kelahiran Los Angeles Amerika. Selain sebagai rapper, kariernya juga melejit sebagai produser dan pembuat film. Karier musiknya dimulai sejak 1986. Ia terkenal menciptakan lirik tajam, agresif, juga mengandung kritik sosial politik. (Baca juga: 5 Pebisnis Tajir dari Timur Tengah)

Icu Cube menjadi mualaf pada 1990. Namun ia mengaku bukan muslim yang taat. “Aku memang muslim, namun aku tidak menjalani ibadah atau pergi ke masjid. Yang terpenting adalah hubunganku dengan Tuhan,” akunya dalam sebuah wawancara.

Tentang Penulis