Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi

by Nadhillah Kusindriani on 9 Januari, 2020

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri dan merogoh kocek yang besar hanya untuk pergi berlibur. Banyak sekali kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata bagus dan wajib kamu kunjungi. Salah satunya adalah Mojokerto. Dimana, banyak destinasi wisata Mojokerto paling favorit yang bisa kamu jadikan referensi.

Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi

Sama seperti kota wisata lainnya, keindahan yang ditawarkan Mojokerto tidak kalah dengan kota-kota lain yang ada di Jawa Timur, seperti Malang, Surabaya, Blitar dan Pacitan.

Tidak hanya itu, Mojokerto juga memiliki destinasi wisata kuliner, budaya, hingga sejarah yang wajib dikunjungi.

Apabila budget yang kamu persiapkan sedikit, jangan khawatir. Karena beberapa destinasi wisata yang ada di Mojokerto tidak akan bikin kantong kamu jebol.

Jika kamu berencana pergi liburan bersama keluarga, destinasi-destinasi wisata yang ada di Mojokerto tersebut sangat cocok untuk kamu.

Wisata Mojokerto Paling Favorit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Mojokerto memiliki berbagai destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, kuliner, budaya hingga sejarah bisa kamu kunjungi.

Terlebih, beberapa destinasi wisata ini akan lebih menyenangkan jika dikunjungi bersama keluarga.

Namun, apakah kamu sudah tahu destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi di Mojokerto?

Jika belum, yuk simak deretan wisata Mojokerto paling favorit yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu.

(Baca juga: 6 Tips Wisata Liburan di Awal Tahun Agar Semakin Menyenangkan)
1. Maha Vihara Mojopahit
Maha Vihara Mojopahit - Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi
source: ksmtour.com

Wisata Mojokerto paling favorit yang pertama adalah Maha Vihara Mojopahit.

Destinasi wisata ini merupakan sebuah bangunan wihara yang terletak di Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, 61362

Bangunan utama wihara ini memiliki gaya arsitektur Jawa dengan konsep atap berbentuk joglo.

Tidak hanya itu, wihara ini dibangun dengan luas lahan sebesar 20.000 meter persegi dan dibuka sebagai lokasi wisata sejak 31 Desember 1989.

Jika berkunjung ke wihara ini, kamu akan disambut dengan berbagai macam bunga serta tanaman asri yang diletakkan di sisi kiri dan kanan.

Selain itu kamu juga akan menemui akses masuk ke pendopo yang dikeramik serta sejumlah patung Buddha berukuran seperti manusia dengan berbagai sikap tangan.

Tidak hanya itu, di bagian belakang Maha Vihara Mojopahit kamu bisa melihat patung Buddha tidur yang memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter.

Patung Buddha tidur Mojokerto tersebut tercatat dalam rekor MURI dan dinobatkan sebagai patung terbesar ketiga setelah patung serupa yang terdapat di Thailand dan Nepal.

Destinasi wisata Maha Vihara Mojokerto buka setiap hari, yaitu pukul 07.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Kemudian, harga tiket masuk ke Maha Vihara Mojopahit yaitu Rp3.000 untuk weekday (Senin – Jumat) dan weekend (Sabtu – Minggu).

2. Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu - Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi
source: keluyuran.com

Destinasi wisata Mojokerto paling favorit selanjutnya adalah Candi Bajang Ratu. Dimana candi ini merupakan salah satu tempat wisata di Mojokerto yang terletak di Jl. Candi Tikus No. 9, trowulan, Temon, Mojokerto, Jawa Timur.

Candi Bajang Ratu berasal dari bahasa Jawa, dimana kata “Candi” memiliki arti gapura dan “Bajang Ratu” berarti raja cacat atau raja cilik.

Tidak hanya itu, menurut tulisan dalam Kitab Pararaton, Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto dan relief Sri Tanjung, candi tersebut dinamakan Bajang Ratu karena pada saat itu dibangun untuk menghormati Raja Jayanegara.

Candi Bajang Ratu berada di tengah-tengah area berumput yang hijau dan cukup luas.

Area tersebut bisa kamu manfaatkan untuk bersantai dan berfoto untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Tidak hanya itu, candi ini memiliki sayap di kedua sisinya dan menghadap kedua arah, yaitu Timur dan Barat.

Kemudian, candi ini memiliki ukuran 11,5 x 10,5 meter dengan tinggi mencapai 16,5 meter dan lebar pintu 1,4 meter.

Bagian dalam Candi Bajang Ratu berbentuk lorong yang membujur dari Barat ke Timur.

Selain itu, candi ini memiliki atap berbentuk gunung yang mirip seperti limas bersusun dengan puncak persegi. Setiap lapisan pada atap candi ini dihiasi dengan ukiran berpola limas terbalik dan tanaman.

Candi Bajang Ratu sudah mengalami beberapa kali perbaikan, salah satunya adalah penggantian batu-batu dari susunan anak tangga yang hilang.

Jika kamu berkunjung ke candi ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang untuk tiket masuk lalu mengisi daftar tamu yang tersedia.

Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk weekday (Senin – Jumat) dan weekend (Sabtu – Minggu). Kemudian, Candi Bajang Ratu buka 24 jam, sehingga kamu bisa kapan saja berkunjung ke kawasan candi ini.

3. Museum Trowulan
Museum Trowulan - Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi
source: superadventure.co.id

Wisata Mojokerto paling favorit berikutnya adalah Museum Trowulan. Museum ini terletak di Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, 61362.

Museum Trowulan merupakan museum arkeologi yang dibangun pada tahun 1987 untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar daerah Trowulan.

Museum Trowulan merupakan salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia karena memiliki kaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Maka dari itu, museum ini memiliki banyak koleksi dari peninggalan kerajaan Majapahit.

Di dalam area museum, kamu bisa melihat beragam peninggalan sejarah dari era kerajaan serta sejumlah informasi mengenai peninggalan sejarah di daerah Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan.

Disana kamu akan menemukan sebuah peta Jawa Timur yang menunjukkan persebaran lokasi dari penemuan-penemuan benda kuno.

Tidak hanya itu, di dalam gedung museum kamu bisa mampir ke situs pemukiman Majapahit yang lokasinya cukup dekat dari bangunan utama.

Di situs pemukiman ini, kamu bisa melihat sisa dari bangunan pemukiman di era kerajaan Majapahit. Namun, kamu hanya bisa melihat dari kejauhan saja.

Jika kamu ingin melihatnya lebih dekat dan jelas, kamu bisa naik ke bagian atas anjungan dan menggunakan gardu pandang yang sudah tersedia disana.

Fasilitas yang tersedia di museum Trowulan ini sudah cukup lengkap. Bagi pengunjung yang beragama Islam, museum ini menyediakan mushola untuk beribadah.

Selain itu juga terdapat kawasan khusus untuk taman bermain anak. Sehingga, bagi kamu yang memiliki anak kecil bisa memanfaatkan fasilitas ini sebagai tempat bermain anak-anak.

Namun perlu diingat, bahwa di dalam museum pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto atau video.

Apabila ingin mengabadikan momen, kamu bisa melakukannya di beberapa spot di sekitar situs pemakaman Majapahit.

Harga tiket masuk di museum Trowulan ini berbeda sesuai dengan kategorinya. Dimana, harga tiket masuk untuk umum yaitu Rp 2.500,- perorang dan untuk pelajar atau anak-anak Rp 1.500,- perorang.

Kamu bisa mengunjungi Museum Trowulan di hari Senin – Kamis pukul 07.30 sampai 16.00 WIB, hari Jumat pukul 07.30 – 11.30 WIB dan hari Sabtu pukul 07.30 – 13.30 WIB.

Namun, museum ini tutup dan tidak menerima pengunjung di hari Minggu dan hari libur nasional.

4. Museum Sanggar Gubug Wayang
Museum Sanggar Gubug Wayang - Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi
source: idntimes.com

Destinasi ke empat di wisata Mojokerto paling favorit adalah Museum Sanggar Gubug Wayang. Museum ini didirikan oleh Yensen Project Indonesia.

Dimana, museum ini didirikan dengan tujuan untuk wisata edukasi agar masyarakat lebih mengenal dan merasa memiliki seni dan budaya yang turun temurun sudah diwariskan.

Tidak hanya itu, dibentuknya museum ini sebagai bentuk nyata dari rasa peduli terhadap keberagaman seni dan budaya Indonesia.

Selain itu, semangat untuk menjaga dan melestarikan budaya tumbuh karena adanya kecintaan terhadap sejarah seni dan budaya Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari koleksi yang ada di museum ini, diantaranya yaitu wayang dari berbagai daerah di Indonesia, pusaka asli Indonesia, mainan anak-anak, alat musik tradisional, topeng dan lain sebagainya.

Museum yang diresmikan tanggal 15 Agustus 2015 ini memiliki peran penting dalam pendidikan karakter budaya masyarakat Indonesia.

Hal tersebut ditunjukkan melalui hadirnya berbagai macam karya anak bangsa dari berbagai daerah di museum Sanggar Gubug Wayang ini.

Bagi kamu yang ingin mengabadikan momen di museum ini, jangan khawatir. Karena, banyak sekali spot foto instagramable yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto, baik di dalam ataupun halaman luar museum.

Tidak hanya itu, museum Sanggar Gubug Wayang juga sering disewa dan digunakan untuk photoshoot.

Museum Sanggar Gubug Wayang terletak di Jl. R.A Kartini No. 23, Kel. Kauman, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Museum ini buka setiap hari Senin – Minggu, pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Tidak hanya itu, dengan merogoh kocek sebesar Rp 30.000 saja, kamu sudah bisa masuk dan menulusuri museum Sanggar Gubug Wayang.

(Baca juga: Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris)
5. Gapura Wringin Lawang
Gapura Wringin Lawang - Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi
source: kekunoan.com

Wisata Mojokerto paling favorit yang terakhir adalah Gapura Wringin Lawang. Dimana, gapura ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit abad ke – 14 yang terletak di Desa Jatipasar, Kec. Trowulan, Jawa Timur.

Nama Gapura Wringin Lawang diambil karena para pendahulu menemukan bangunan tersebut saat diapit oleh dua pohon beringin, sehingga disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Gapura Wringin Lawang.

Gapura Wringin Lawang terdiri dari tiga bagian utama, diantaranya bagian bingkai bawah tubuh yang tersusun atas pelipit-pelipit rata dan pelipit genta. Kemudian bagian bidang tubuh, dan bingkai atas tubuh yang menyambung dengan bingkai puncak gapura.

Gapura Wringin Lawang memiliki taman yang sangat cocok dan bagus untuk dijadikan spot foto selain gapura itu sendiri. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan taman tersebut untuk duduk santai menikmati suasana dan pemandangan di sekitar Gapura Wringin Lawang.

Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke Gapura Wringin Lawang, kawasan wisata ini buka 24 jam. Selain itu, kamu tidak perlu merogoh kocek yang besar, karena hanya dengan Rp 3.000 kamu sudah bisa masuk dan menikmati keindahan dari kawasan wisata ini.

Nah, lima rekomendasi wisata Mojokerto paling favorit sudah dipaparkan di atas. Kini saatnya kamu membuat daftar destinasi wisata yang akan kamu kunjungi bersama keluarga.

Jangan lupa untuk melindungi diri kamu dan keluarga dengan asuransi perjalanan. Kamu bisa membandingkan dan mengajukan asuransi perjalanan dengan cepat dan mudah hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis