Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Di Era Internet 5 Keahlian Ini Bisa Hasilkan Banyak Uang

by Rafly Aditia on 3 Agustus, 2016

Apapun pekerjaannya, orang dengan banyak keahlian biasanya jauh lebih sukses dibandingkan yang tidak. Oleh karenannya, tidak heran bila orang dengan berbagai skill jarang bermasalah dengan uang. Penghasilan mereka pun jauh lebih besar dibandingkan yang hanya membekali diri dengan sedikit keahlian.

Nah, sebenarnya ada beberapa keahlian yang bisa kamu pelajari tanpa harus keluar modal alias gratis. Berikut 5 keahlian yang bisa hasilkan banyak uang namun dapat dikuasai secara gratis:

Public speaking

Berbicara di depan orang banyak bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tapi bukan asal bicara ya, melainkan mempresentasikan sesuatu dengan baik. Keahlian berbicara pun dapat dikategorikan sebagai salah satu keahlian. Tentunya, tidak semua orang memiliki keahlian yang satu ini. Tetapi, kalau ingin mempelajarinya bukan mustahil kamu menguasai teknik Public Speaking yang benar.

Caranya simpel, banyak-banyak bergaul dengan para profesional. Tak hanya itu, sering-seringlah hadir dalam diskusi. Jangan ragu untuk menyatakan pendapat dan melontarkan pertanyaan. Dimulai dari kebiasaan itu, kamu bisa membiasakan diri untuk berbicara di depan banyak orang. Namun, tunjanglah keahlian bicara dengan pengetahuan yang cukup.

Kalau sudah bisa menguasai public speaking, uang bisa datang dengan mudah. Kamu bisa jadi motivator, public speaker, guru, dosen, atau bahkan politikus yang tentunya membutuhkan keahlian ini untuk berpidato.

(Baca juga: 6 Cara Manajemen Keuangan ala Miliarder Agar Makin Kaya)

Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing sangat penting di era digital seperti sekarang. Bahkan, sudah jadi kewajiban bagimu untuk setidaknya menguasai satu bahasa asing yakni bahasa Inggris. Bila mahir berbahasa asing, banyak profesi dan pekerjaan yang menunggumu. Profesi translator hingga diplomat bisa kamu jalani.

Namun, banyak yang berpikiran bahwa menguasai bahasa asing membutuhkan biaya tak sedikit untuk kursus atau setidaknya membeli buku. Padahal, kamu bisa belajar bahasa asing secara gratis. Banyak cara bisa dilakukan, mulai dari membaca buku di perpustakaan, nonton film berbahasa asing, sampai kursus gratis di situs online.

Olahraga

Berolahraga bukan hanya bikin tubuh kamu jadi lebih sehat tapi juga bisa mendatangkan kekayaan. Lihat saja, betapa kayanya para atlet sepakbola dunia. Uang miliaran rupiah bahkan hanya didapatkan hanya dalam waktu satu minggu saja.

Kalau berminat jadi atlet, tenang saja, kamu bisa mengasah kemampuan olahraga dengan gratis. Sekarang banyak sekali video tutorial seputar olahraga di YouTube. Maka dari itu, manfaatkan fasilitas gratis tersebut untuk mengembangkan kemampuan.

Menulis

Kalau kamu beranggapan bahwa kemampuan menulis bukan keahlian komersil, kamu salah total! Karena di zaman internet sekarang ini, kemampuan menulis sangat dibutuhkan. Banyak sekali profesi seperti copywriter, content writer, editor, dan sebagainya yang membutuhkan kemampuan menulis.

Untuk belajar menulis, satu-satunya cara yaitu dengan menulis. Yup, terus latih diri kamu dengan menulis hal-hal yang disukai. Tumpahkan segala inspirasi dan pikiranmu dalam sebuah blog yang juga bisa dibuat secara gratis.

(Baca juga: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

Mengatur keuangan

Keahlian untuk mengatur keuangan bukanlah keahlian sembarangan. Biasanya, keahlian ini dibutuhkan untuk posisi penting di perusahaan. Kemampuan mengatur keuangan adalah salah satu hal yang harus dimiliki bila ingin punya karier yang cemerlang.

Kamu bisa mempelajari keahlian ini dengan cuma-cuma. Caranya dengan mengatur keuangan pribadi terlebih dahulu. Banyak membaca artikel seputar keuangan di Internet bisa membantu kamu menguasai keahlian ini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami