Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Di Negara-negara Ini Tiket Pesawat Dihargai Murah

by Ariesta on 22 Maret, 2016

Traveling dengan biaya semurah mungkin seakan telah jadi prinsip bagi para backpacker. Namun, seringkali biaya tiket pesawat memakan bujet paling besar. Beruntungnya, di beberapa negara ini tiket pesawat murah malah bisa didapatkan. Penasaran?

Di artikel sebelumnya, kamu sudah mengetahui kalau trik mudah dapatkan tiket pesawat murah adalah berangkat di hari Selasa atau Rabu, booking tiket 54-66 hari sebelum keberangkatan,brangkat atau tiba di waktu subuh atau setelah makan malam, hindari musim liburan dan hari raya, dan rajin membandingkan harga tiket di aplikasi atau status travel.

Baru-baru ini, website tiket GoEuro merilis indeks ongkos transportasi negara-negara di dunia dengan membandingkan harga di 51 negara. Hasilnya didapatkan kesimpulan 10 negara dengan biaya naik pesawat termurah yang dihitung per 100 kilometer (62 mil) jarak terbang. Di Indonesia, kira-kira 100km adalah jarak dari Surabaya ke Malang. Kencangkan sabuk pengamanmu karena negara-negara tersebut adalah…

#10 Polandia

Meskipun terletak di Eropa, rupanya tiket di Polandia termasuk yang paling murah dibandingkan dengan negara lain. Untuk terbang per 100 kilometer, kamu cukup mengeluarkan US$18,32 (Rp238.160). Bandingkan dengan negara tetangganya Lithuania yang harga per 100 kilometernya US$116,72 (Rp1.517.360), padahal luas Lithuania jauh lebih kecil daripada Polandia.

(Baca juga: Traveling ke Pulau Jawa, Pilih Naik Pesawat atau Kereta Api?)

#9 Russia

Sebagai negara terluas di dunia dengan wilayah 17.075.200 kilometer persegi, harga tiket pesawat di Russia lebih terjangkau daripada Kanada sebagai negara terluas kedua. Untuk terbang sejauh 100 kilometer, biayanya hanya US$16.86 (Rp219.1890). Cukup murah jika dibandingkan biaya hidup di Russia yang tinggi.

#8 Italia

Italia terkenal karena keunikan menara Pissa dan kanal-kanal romantis di Vienna. Untuk berpindah kota, kamu tidak perlu naik bis jika harga tiket pesawat masih terjangkau. Pasalnya di negara pizza ini, tiket pesawat per 100 kilometer dihargai US$16.75 (Rp217.750). Semakin murah harga tiketnya, tentu kamu bisa semakin banyak menyantap pizza dan pasta karena budget transporasi jadi lebih hemat.

#7 Turki

Kalau ingin merasakan perpaduan Eropa dan Timur Tengah, Turki lah tempatnya. Turki tidak hanya Istanbul. Menikmati bebatuan unik Cappadocia dari balon udara atau berendam di kolam air panas alami di Pamukkale wajib kamu lakukan saat berkunjung ke Turki. Setiap kota di Turki juga menyajikan keindahan arsitektur yang unik. Kalau malas berpindah kota lewat jalur  darat, naik pesawat saja karena harga per 100 kilometernya cukup terjangkau yakni US$15.95 (Rp207.350).

(Baca juga: Selain Lebih Sehat, Kurangi Belanja Benda Ini Bikin Kamu Makin Hemat)

#6 Amerika Serikat

Luasnya wilayah Amerika Serikat membuat penduduknya sangat mengandalkan pesawat terbang untuk melintasi negara bagian. Karena menjadi alat transportasi andalan, harga tiket pesawat pun dibandrol tidak terlalu mahal, yakni US$13.89 (Rp180.570) per 100 kilometer.

#5 Spanyol

Spanyol merupakan negara terbesar kedua di Eropa Barat. Meski terletak di Eropa Barat, harga tiket pesawatnya tidak semahal negara-negara Eropa lainnya. Jadi kalau tidak mau naik kereta, naik saja pesawat karena rata-rata harga tiketnya US$13,21 (Rp171.730) per 100 kilometer.

#4 Australia

Traveling antar wilayah di Australia atau bahkan terbang ke negara tetanggnya Selandia Baru tidak lagi semahal dulu. Dengan adanya Jetstar yang didirikan pada 2003, kamu bisa terbang dengan harga terjangkau. Jetstar merupakan maskapai budget murah milik Qantas. Tidak hanya melayani rute Australia dan Selandia Baru, kini mereka juga melayani rute Asia Tenggara seperti SIngapura, Malaysia, dan Indonesia hingga Asia Timur seperti Jepang dan China. Tarif rata-rata per 100 kilometernya adalah US$12.20 (Rp158.600).

(Baca juga: 7 Hal yang Membuat Biaya Traveling Kamu Jadi Boros)

#3 Afrika Selatan

Afrika Selatan menjadi destinasi baru turis-turis muda yang menyukai petualangan. Mulai dari petualangan safari melihat satwa-satwa liar khas afrika seperti singa, cheetah, antelop, jerapah,serta hyena, atau berjunjung ke desa-desa yang masih menjaga budaya tradisonal suku-suku Afrika. Meski biaya hidupnya terbilang mahal, harga tiket pesawat per 100 kilometernya sebesar US$11,63 (Rp151.190) cukup terjangkau.

#2 Malaysia

Harga rata-rata tiket pesawat di Malaysia murah berkat kehadiran AirAsia. Menyandang gelar sebagai maskapai berbiaya rendah terbaik di dunia, AirAsia memang sering mengadakan promosi-promosi yang ramah kantong. Tak jarang, tarik nol rupiah (hanya membayar pajak bandara) diberlakukan saat pembukaan rute baru. Karenanya, tarif penerbangan di Malaysia didaulat menjadi yang termurah kedua di dunia dengan harga US$11,43 (Rp148.590) per 100 kilometer.

(Baca juga: Tips Mengepak Ransel untuk Traveling Jangka Panjang)

#1 India

Negara dengan gelar biaya tiket pesawat termurah jatuh kepada India. Dunia penerbangan di India dikuasai oleh tiga maskapai besar; Air India, IndiGo, dan Jet Airway. Untuk jarak tempuh 100 kilometer, dikenakan tarif rata-rata US$10,36 (Rp134.680) sebagai yang termurah di dunia.

US$1 = Rp13.000

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis