Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Di Pekerjaan Ini Gaji Wanita Lebih Tinggi dari Pria

by Rafly Aditia on 27 Februari, 2017

wanita karier _ CekAja.com

Tingkat penghasilan seseorang memang tidak bisa serta-merta ditentukan lewat jenis kelamin atau gender.

Namun, faktanya masih membuktikan bahwa secara rata-rata gender memang memiliki pengaruh dalam urusan karier dan penghasilan di beberapa bidang pekerjaan. Wanita yang biasanya dianggap sebagai minoritas dalam dunia kerja, ternyata memiliki gaji yang lebih tinggi di beberapa bidang pekerjaan. Berikut 5 pekerjaan dimana wanita mendapatkan gaji lebih tinggi dibanding pria

Penata Rias

Jurusan pendidikan kosmetologi biasanya akan membentuk seseorang sebagai penata rias yang handal. Nah, kebanyakan penata rias wanita memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan penata rias berjenis kelamin laki-laki.

Hal ini tidak lain dikarenakan bahwa tata rias secara natural memang cenderung lebih sesuai dengan wanita bukan laki-laki. Sehingga keterampilan atau kemampuan tata rias wanita lebih tinggi dibandingkan laki-laki secara umum, bahkan apabila menjalani pendidikan yang sama.

Hal tersebut juga yang mempengaruhi tingkat pendapatan sebagai penata rias profesional, dimana biasanya wanita lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Guru

Bagi kamu yang memiliki sarjana pendidikan dan ingin menjadi guru ataupun tutor, perlu diketahui bahwa di bidang ini wanita ternyata memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Kemungkinan hal ini dikarenakan fakta bahwa kebanyakan ujung tombak pendidikan atau guru adalah wanita.

HRD

Human Resources atau sumber daya manusia merupakan salah satu departemen dalam dunia kerja yang dikuasai oleh wanita. Biasanya yang memiliki posisi tinggi dalam departemen ini adalah wanita, bukan laki-laki.

Mungkin dikarenakan sifat alami wanita yang bisa lebih toleran dan mengerti terhadap berbagai kepribadian yang berbeda, membuat wanita lebih diperhitungkan dalam departemen satu ini.

Nutrisionis

Sebenarnya, maish sedikit yang mendalami ilmu sebagai nutrisionis. Namun data menunjukkan bahwa kebanyakan pekerjaan sebagai nutrisionis didominasi oleh wanita.

Ada kemungkinan hal ini berhubungan dengan fakta bahwa, sebagai ibu rumah tangga wanita dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab untuk urusan gizi dan kesehatan dalam rumah tangga, sehingga takdir alam inipun tercermin dalam dunia profesional.

Ahli terapi

Ahli terapi merupakan profesi yang membutuhkan pendidikan tingkat tinggi, bahkan memerlukan pendidikan setingkat master atau S2. Pekerjaan ini berurusan dengan rehabilitasi, penyembuhan cedera atau disabilitas melalui terapi khusus.

Berhubung pekerjaan ini membutuhkan rasa empati, kesabaran, serta rasa kepedulian yang tinggi maka wanita dipandang lebih cocok untuk pekerjaan ini. Sehingga kebanyakan wanita yang menggeluti pekerjaan ini dibayar lebih tinggi dibanding pria yang menggeluti pekerjaan yang sama.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami