Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Dibanding Hanya Chat dan Socmed, Ini yang Bisa Ponsel Pintarmu Lakukan

by Tisyrin on 11 Januari, 2018

Kecanggihan teknologi dalam ponsel pintar ternyata bisa membantu kita mengelola bahkan menginvestasikan uang melalui perencanaan finansial yang genius.

Sekarang coba tanya rekan sebelah kamu, apa aplikasi yang paling sering digunakan pada ponselnya? Pasti kebanyakan jawabannya adalah aplikasi chatting dan media sosial. Untuk sekadar memastikan lagi coba tanya pertanyaan yang sama kepada rekan yang lain, tak diragukan kamu akan menemukan jawaban yang sama.

Hal itu senada dengan hasil penelitian lembaga riset telematika asal Kota Bandung, Sharing Vision. Dalam risetnya pada tahun 2016, terungkap bahwa aplikasi yang paling sering digunakan pengguna ponsel pintar di Indonesia secara berurutan adalah chatting, browsing dan media sosial.

Padahal dengan tumbuhnya teknologi, ponsel yang kita miliki bisa memberikan manfaat yang lebih banyak daripada sekadar chat dan socmed, salah satunya adalah menggunakannya untuk aplikasi pengelolaan keuangan. Bahkan ada aplikasi yang dapat memberikan keuntungan finansial ketika kita menggunakannya.

Sebenarnya, apa saja keuntungan-keuntungan yang dapat digunakan dengan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan? Berikut adalah penjelasannya;

Dapat melacak uang kita

Salah satu langkah penting dalam pengelolaan keuangan adalah pencatatan seluruh aktivitas transaksi. Maksudnya, kita harus merekam arus keluar dan arus masuk uang secara rinci. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa menganalisis pengeluaran.

Sehingga ketika ingin melakukan penghematan, kebutuhan mana yang bisa kita dahulukan atau ditunda tanpa menurunkan kualitas hidup. Meskipun telah menyadari bahwa mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan penting untuk dilakukan, kita sering kali malas atau lupa mencatatkan transaksi ke dalam jurnal sehabis berbelanja.

Di sinilah penggunaan ponsel pintar untuk aplikasi pengelolaan keuangan sangat memberikan manfaat. Aplikasi yang dapat kita pilih adalah JENIUS, sebuah revolusi bidang perbankan dengan proses digitalisasi yang dimulai sejak awal, serta menjadi solusi hidup dan manajemen keuangan yang lengkap serta menyeluruh.

Banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan melalui JENIUS, mulai dari pembukaan rekening langsung dari aplikasi, mengatur limit kartu, blokir dan buka blokir kartu, serta manajemen keuangan secara swalayan dengan menggunakan ponsel pintar berbasis Android maupun iOS.

Selain itu, kita juga dapat merekam seluruh histori transaksi cukup dengan ujung jari. Jadi ketika membutuhkan rekaman tersebut, cukup buka aplikasi dan seluruh data transaksi yang kita lakukan mulai dari kita pertama kali membuka rekening sampai saat ini bisa diakses. Artinya, segala kebutuhan terkait pengeluaran dapat terlacak.

Transfer uang dan pembayaran? Cukup lewat ponsel

Sudah bukan zamannya lagi melakukan transfer uang dan pembayaran tagihan rutin lewat ATM atau kantor cabang bank. Saat ini, kita bisa lebih menghemat waktu karena aktivitas transfer dan pembayaran bisa dilakukan cukup lewat ponsel pintar kesayangan kita.

Berkat kemajuan teknologi, melakukan transfer dan pembayaran secara online bisa menghemat waktu dan uang yang kita keluarkan untuk transportasi menuju kantor cabang atau ATM terdekat.

Keuntungan lainnya, kita dapat dengan mudah melakukan transfer serta membayar tagihan rutin bulanan. Dengan menggunakan aplikasi JENIUS di ponsel pintar, tanpa perlu ke luar rumah atau berpindah tempat, kita dapat memenuhi segala kebutuhan transaksi tersebut.

Bahkan untuk urusan transfer, JENIUS memiliki $Cashtag, yaitu sebuah fitur yang menjadikan nama sebagai nomor rekening. Jadi, nasabah tidak perlu mengingat nomor rekening yang panjang dan hanya perlu menanyakan $Cashtag orang yang dituju untuk segala urusan transaksi dengan Jenius.

Mudah kumpulkan dana darurat

Pengelolaan keuangan yang baik tak lepas dengan pengelolaan untuk dana darurat. Dana ini dialokasikan khusus untuk membiayai kebutuhan penting dan mendadak.

Contoh kebutuhan itu di antaranya tambahan biaya berobat, ongkos reparasi kendaraan hingga biaya di saat kita kehilangan penghasilan tetap karena PHK. Secara teori, dana darurat yang ideal jumlahnya berkisar antara 4 bulan pengeluaran hingga 12 bulan pengeluaran.

Agar lebih mudah mengatur simpananmu, Flexi Saver dari Jenius bisa menjadi jawaban untuk mengatur keuangan dana darurat. Flexi Saver dari Jenius adalah tabungan yang secara fleksibel dapat mengatur dana darurat baik ditarik maupun disetor sesuai keinginan nasabah tanpa terikat periode waktu tertentu.

Karena itu, jenis simpanan ini tepat untuk dimanfaatkan menjadi dana kebutuhan darurat di masa depan. Bahkan memiliki bunga 5% per tahun yang bisa membuat tabungan tumbuh lebih cepat.

Tumbuhkan uang dengan cara tepat

Seiring berjalannya waktu, uang yang kita miliki pasti akan tergerus nilainya. Sebab barang kebutuhan setiap orang selalu mengalami peningkatan harga. Uang Rp1 juta yang kita miliki saat ini, belum tentu sama nilai tukarnya 10 tahun lagi. Alhasil, bila kita tidak melakukan apa-apa terhadap uang yang sudah kita kumpulkan dengan susah payah, kita akan mengalami kesulitan keuangan di masa depan.

Agar terhindar dari penurunan nilai uang, kita wajib menginvestasikan dana kita. Bila instrumen yang dipilih tepat, kita tidak hanya bisa mempertahankan nilai tukar melainkan menumbuhkan nilainya.

Nah, salah satu instrumen tumbuh kembang uang yang mudah digunakan adalah Maxi Saver dari Jenius. Aplikasi ini merupakan deposito berjangka milik BTPN yang dapat memaksimalkan simpanan kita dengan bunganya yang mencapai 5,75% per tahun.

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh jika menggunakan fasilitas ini. Pertama, mulai dari penempatan Rp 10 juta kita sudah bisa membuka deposito ini. Kedua, pilihan periode atau tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Ketiga, deposito berjangka ini bisa kita buat di mana saja dan kapan saja, karena semua proses dilakukan di dalam aplikasi Jenius, langsung dari ponsel pintar kita. Begitu pula dengan bukti penempatan, e-Advice bisa dilihat di dalam Maxi Saver masing-masing.

Makin besar nilai yang disimpan, maka keuntungan yang diperoleh makin besar. Begitu pun halnya bila kita memperpanjang periode simpanan, maka keuntungan yang diperoleh dari bunga 5,75% tersebut akan semakin besar. Namun, suku bunga juga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan suku bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Jadi, permudah keuangan kamu dengan gunakan JENIUS sekarang, yuk!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.