Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Dibandingkan di Indonesia, 5 Hal Ini Lebih Murah Dibeli di Singapura

by Surtan Siahaan on 30 Januari, 2016

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Singapura sering disebut sebagai kota termahal di dunia. Bahkan, berdasarkan riset Economist Intelligence Unit (EIU) seperti dirilis bbc.com, negeri teluk ini mengalahkan sejumlah kota metropolitan lain seperti Paris, Oslo, Zurich dan Sydney.

Meski pamor Singapura sebagai kota orang kaya sudah terlanjur melekat, namun beberapa barang kebutuhan justru dijual lebih murah dibandingkan di Indonesia, sehingga tak jarang orang Indonesia belanja barang-barang ini di sana. Mau tahu apa saja barang yang lebih murah dibeli di Singapura dibandingkan di Indonesia? Berikut jawabannya:

BBM

Meskipun tidak memiliki kilang minyak dan pajak kendaraan pribadi sangat mahal di Singapura, ternyata harga BBM di Singapura jauh lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia.

Berdasarkan riset CekAja, saat harga BBM jenis premium per 1 Oktober hingga 31 Desember 2015 dibanderol senilai Rp 7.300 per liter, harga BBM di Singapura dengan kualitas RON 92 dibanderol senilai Rp 6300 per liter.

Selisihnya bahkan mencapai Rp 1.000 per liternya.

(Baca juga: Tips Marketing Murah Meriah untuk Bisnis Skala UKM)

Avtur

Selain BBM, harga avtur di Singapura juga diketahui jauh lebih murah dibandingkan dengan di Indoensia. Mengutip dari detik.com, Harga avtur PT Pertamina (Persero) di Indonesia mencapai Rp 7.508/liter. Sedangkan di negeri Singa tersebut, harga avtur dijual hanya Rp 6.583 per liter

Gadget

Informasi ini memang sudah seperti menjadi kepercayaan bagi warga Indonesia. Tidak heran banyak dari penduduk Indonesia yang memilih membeli gadget di Singapura. Salah satu contohnya adalah saat Apple baru saja merilis iPhone 5S dan 5c.

Jika di Singapura harga iPhone 5S 64 GB dibanderol seharga Rp 13,6 juta, harga barang sejenis hanya mencapai $S 1.288 alias Rp 12, 27 juta.

Tiket konser

Selain barang, rupanya harga hiburan seperti pertunjukan musik juga relatif lebih murah di Singapura. Yang paling anyar adalah saat Bon Jovi menggelar konser keliling Asia. Di Asia Tenggara, band rock legendaris tersebut singgah di beberapa negara seperti Indonesia dan Singapura.

Menurut keterangan artis Indonesia Elfonda Mekel alias Once, seperti dikutip dari viva.co.id, Once mengeluhkan mahalnya harga tiket saat artis luar negeri melakukan pertunjukan di Indonesia.

(Baca juga: 10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Tahun 2016)

Daging sapi

Meski Indonesia memiliki banyak lokasi peternakan dan penggemukan sapi, harga daging satu ini justru lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara lain di ASEAN. Harga daging sapi di Indonesia bahkan bisa mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura.

Sekadar sebagai contoh, saat harga daging sapi di Indonesia mencapai puncaknya pada Agustus tahun lalu senilai Rp 120 ribu per kilogram, harga di Singapura hanya mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Tentang Penulis