Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Digital Onboarding di Industri Keuangan? Ini Fitur-fitur Lengkapnya

by Sindhi Aderianti on 20 September, 2018

Teknologi digital onboarding semakin banyak dipakai oleh industri keuangan Indonesia. Teknologi ini dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

THR

Bank-bank seperti BTPN adalah salah satu yang sudah menerapkan digital onboarding. Beberapa tahun lalu, produknya yang bertajuk Jenius dikeluarkan dengan mengusung digital onboarding.

Dalam dunia perbankan, teknologi ini memudahkan setiap pengguna dalam membuat rekening secara digital. Artinya, semua proses tersebut bisa dilakukan melalui website atau aplikasi ponsel. Mulai dari pendaftaran hingga menerima kartu ATM.

(Baca juga: Yuk Cek, Apa Saja Manfaat Digital Onboarding?)

Hambatan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan selalu terbayang-bayang akan prosedur yang rumit, kaku, dan membuang waktu. Faktanya, untuk membuka rekening tabungan di Indonesia rata-rata diperlukan sedikitnya satu jam, mulai dari mengisi formulir, fotokopi data, menunggu pencetakan kartu ATM, verifikasi, hingga aktivasi internet banking and mobile banking.

Selain itu, belum termasuk mengantri di cabang dan waktu tempuh ke lokasi bank yang berpotensi memakan waktu lama. Itulah mengapa teknologi digital onboarding akhirnya dihadirkan, semata-mata untuk meminimalisir berbagai keresahan masyarakat tersebut.

Dalam suatu produk digital onboarding, tentunya ada fitur-fitur yang mendukung setiap kebutuhan finansial para nasabah. Mengambil contoh dari digital onboarding milik BTPN tadi, ada 6 fitur utama dimana layanan bank konvensional tidak memilikinya. Fitur-fitur tersebut meliputi:

(Baca juga:Ini Sosok “Crazy Rich Surabayan” yang Sebenarnya)

$Cashtag

Biasanya sebelum ada digital onboarding, Anda tentu harus mendaftarkan nomor rekening tujuan sebelum bertransaksi. Namun, ada fitur $Cashtag yang mengganti nomor dengan nama agar lebih mudah diingat. Di awal, Anda cukup memasukkan email atau nomor handphone pemilik rekening. Lalu jika sudah, terdaftar otomatis deh!

Send It

Tak jauh berbeda dengan layanan mobile banking, fitur send it memungkinkan setiap pengguna untuk mentransfer uang tanpa harus bolak-balik ke ATM. Anda dapat mengirimkan uang dengan tiga langkah mudah. Pertama, ketik jumlah nominal, selanjutnya masukan nama penerima, dan konfirmasi.

Pay Me

Lewat fitur ini pengguna bisa meminta uang yang harus dibayarkan kepada pengguna lain. Ingatkan mereka dengan mengirim notifikasi khusus. Kemudian lengkapi detail seperti nominal yang ingin dikirimkan, dan klik “kirim permintaan”. Jika orang yang diminta setuju, maka uang Anda akan dikirim secepatnya.

(Baca juga: Wow! Ini Potret Gaya Hidup 'Crazy Rich Asians' di Dunia Nyata)

Pay Bill & Split Bill

Bayar tagihan kartu kredit, listrik, atau asuransi? Jelas bisa melalui produk digital onboarding ini. Lalu ada juga fitur split bill yang sangat mempermudah tagihan kepada pengguna jika sedang makan bersama teman.

Cara kerjanya, pengguna Jenius cukup memasukan jumlah nominal tagihan dan otomatis akan membagi tagihan secara adil. Fitur ini juga memungkinkan orang tertentu untuk membayar lebih dari jumlah rata-rata dan sisanya akan disesuaikan.

Save It

Satu hal yang membuat inovasi digital onboarding ini istimewa, bisa dibilang karena adanya fitur save it yang mengajarkan setiap penggunanya untuk menabung. Baik menabung dalam jangka panjang ataupun jangka pendek. Jadi, fitur ini otomatis akan menghitung estimasi uang yang dibutuhkan nasabah untuk membeli produk digital onboarding dengan harga tertentu dari jumlah tabungan yang sudah ada.

One Touch

Untuk keamanan, jangan khawatir. Ada fitur one touch yang akan melindungi rekening digital Anda. Fitur canggih ini hanya akan memberi akses kepada pengguna melalui scanning sidik jari, jika smartphone Anda mendukung. Dengan adanya one touch, Anda tidak perlu lagi menggunakan nomor PIN yang sering kali terlupakan.

Itulah keenam fitur dalam produk digital onboarding yang bisa Anda nikmati. Selain itu, membuka rekening dengan teknologi ini juga amat dipermudah. Bank lain seperti Commonwealth contohnya, bersama produk bernama Tyme Digital, dia menjamin rekening yang diajukan akan jadi dalam waktu 10 menit saja. Canggih dan memudahkan ya?

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.