Diler Otomotif Amerika Serikat Tidak Serius Pasarkan Mobil Listrik

1 min. membaca Oleh CekAja on

Penjualan kendaraan listrik tahun 2019 di Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan 9 persen dari tahun sebelumnya. Penyebabnya, produsen otomotif dianggap kurang serius dalam mengerahkan sumber daya untuk memasarkan produk ramah lingkungan ini.

Berdasarkan data penjualan kendaraan listrik di AS pada tahun 2019 mencapai 329.528 unit, atau turun 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 361.307 unit.

Faktor penyebabnya beragam, seperti pajak kendaraan gas yang lebih murah, kelangkaan truk dan SUV listrik, serta uang muka yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan bensin.

(Baca juga: Mengintip Kecanggihan Hyundai IONIQ, Armada Baru GrabCar Listrik)

Namun laporan hasil survei Klub Sierra menunjukkan faktor lain yang menyebabkan penurunan penjualan, yaitu ketidak seriusan podusen otomotif dalam memasarkan kendaraan listrik. Di antaranya dibuktikan dengan tidak adanya mobil listrik yang dipajang di diler resmi perusahaan atau diler rekanan.

Survei pertama yang dilakukan ke beberapa konsumen yang berencana membeli mobil listrik menyebutkan, 74 persen diler tidak memiliki mobil listrik yang dijual di toko mereka. Survei ini dilakukan oleh hampir 600 sukarelawan dengan mendatangi lebih dari 900 diler dan toko mobil di seluruh 50 negara bagian.

10 dari negara bagian itu kebanyakan di Pantai Barat dan Timur termasuk Massachusetts, New York, dan Oregon telah mengadopsi standar kendaraan tanpa emisi (ZEV) untuk mobil baru. Akan tetapi, di lokasi yang jauh dari pantai, pengalaman membeli mobil listrik lebih buruk lagi. Angkanya mencapai 78 persen diler di negara non ZEV  sama sekali tidak memiliki mobil listrik di tokonya.

(Baca juga: Uni Eropa jadi Lebih Galak Atur Batas Emisi Mobil Baru)

Justin Guay, advokat yang konsen terhadap iklim mengatakan model kendaraan listrik saat ini sudah banyak pilihan di pasaran daerah California. Akan tetapi, pilihan itu belum menyebar ke negara bagian lainnya seperti di Utah.

“Pilihan mobil listrik di luar California sangat terbatas,” ujar Guay dilansir Greentechmedia.com.

Guay menambahkan salah seorang petugas di diler mengatakan bahwa model mobil listrik terbaru tidak akan tersedia di Utah hingga tahun 2022.

Mobil listrik atau mobil konvensional berbahan bakar minyak (BBM) yang tersedia di rumah, sebenarnya tidak jadi soal. Selama kamu mengasuransikannya dengan pilihan asuransi kendaraan terbaik, maka kamu tidak perlu was-was lagi berkendara.

Pilih dan ajukan sendiri asuransi kendaraan sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja