Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Dipanggil ke Istana, Begini Perjalanan Karier dan Kekayaan Pendiri NET TV Wishnutama

by Tisyrin N. T on 22 Oktober, 2019

Sejak kemarin, Senin (21 Oktober 2019), sejumlah politikus hingga profesional merapat ke Istana Negara. Mereka satu per satu datang memenuhi panggilan dari Presiden Joko Widodo. Usai dilantik menjadi presiden untuk periode kedua, Jokowi harus segera mengumumkan nama-nama menteri di kabinetnya. Para tokoh yang menyambangi Istana Negara sejak kemarin merupakan calon menteri yang akan mendampingi Jokowi.

kekayaan Wishnutama
Sumber foto: Instagram Wishnutama/Diolah

Salah satu sosok yang terlihat mendatangi istana adalah profesional media Wishnutama. Belum jelas posisi apa yang ditawarkan kepadanya, tetapi berdasarkan pengakuannya kepada media, ia diminta meningkatkan kreativitas serta devisa. Isu yang beredar, ia akan menduduki jabatan menteri yang berkaitan dengan ekonomi kreatif.

Perjalanan Karier dan Kekayaan Wishnutama

Pria bernama lengkap Wishnutama Kusubandio ini dikenal sebagai pendiri PT NET Mediatama atau NET (News and Entertainment Television) TV. Ya, ia adalah seorang broadcaster kawakan yang menapaki karier di industri televisi selama lebih dari 20 tahun.

Sosok kelahiran Jayapura, 4 Mei 1976 ini menempuh pendidikan di luar negeri sejak SMA. Ia menghabiskan masa SMA di  Kooralbyn International School Queensland, Australia dan International School Singapore. Selanjutnya, Wishnutama menimba ilmu di Amerika Serikat yaitu di Norwich University – The Military College of Vermont. Ia juga sempat menimba ilmu di Mount Ida College jurusan Liberal Art, Boston, dan Emerson College, jurusan Communication, Boston.

(Baca juga: PNS Kementerian Keuangan dan 3 Instansi Lain Ikut Jokowi Pindah ke Ibu Kota Baru)

Sebelum kembali ke Indonesia, ia sempat berkarier sebagai Production Assistant di New England Cable News Amerika Serikat serta menjajal posisi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Barulah kemudian kembali ke Indonesia di tahun 1994 lalu memulai pekerjaan sebagai Supervisor On Air Promotion di Indosiar. Selanjutnya, berpindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant.

Setelah 7 tahun di Indosiar, pria berkacamata ini pindah ke Trans Corp tahun 2001 sebagai Kepala Divisi Produksi. Kariernya melesat menjadi Direktur Operasional dan tak lama kemudian meningkat lagi menjadi Wakil Direktur Utama. Bahkan pada tahun 2006, menduduki jabatan Direktur Utama TV7 (sekarang Trans7).

Bukan hanya di Trans 7, Wishnutama juga pernah menjadi Direktur Utama di Trans TV. Ia mengundurkan diri dari Trans Corp setelah 11 tahun berkarier. Bersama rekannya Agus Lesmono, ia membangun NET TV. NET TV berdiri pada tanggal 18 Mei 2013 dan resmi diluncurkan pada tanggal 23 Mei 2013.

Pada ajang Asian Games 2018, Wishnutama turut berkontribusi dengan memegang peran sebagai Creative Director opening and closing Ceremony Asian Games 2018. Hasil karyanya di Asian Games 2018 mengundang decak kagum banyak orang.

Kerja keras Wishnutama membuatnya berhasil memiliki kekayaan dalam jumlah lumayan.  Berdasarkan situs networthroll.com, ia memiliki kekayaan sekitar USD102,8 juta pada tahun 2019 atau setara Rp1,446 triliun jika USD1: Rp14.067,50. Angka tersebut didapatkan dari hasil riset di Wikipedia, YouTube, buku, dan sumber lainnya.

(Baca juga: Mengintip Kekayaan Nadiem Makarim, Calon Menteri Baru Jokowi)
Kehidupan Pribadi Wishnutama

Wishnutama memiliki seorang istri bernama Gista Putri yang kini tengah mengandung. Gista adalah seorang artis yang merupakan istri ketiga Wishnutama. Pernikahan mereka berlangsung pada tanggal 20 September 2015 di Jakarta.

Sebelum bersama Gista, pria yang biasa disapa Tama ini pernah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya dengan Wina Widodo dikaruniai dua anak yaitu Sabian dan Sakina. Sementara pernikahan keduanya dengan Wina Natalia juga dikaruniai dua orang anak yaitu Salva dan Sultan.

Nah, jadi, jabatan apakah yang akan diemban Wishnutama di era kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin? Kita tunggu saja kabar selanjutnya ya!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami