Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Dipilih-dipilih, Mobil Sedan ‘Motuba’ Rp25 Jutaan Aja

by Miftahul Khoer on 13 February, 2020

Penggemar mobil bekas pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah motuba alias mobil tua bangka. Ya, motuba merupakan pilihan bagi siapa saja yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau. Buat yang lagi mencari mobil sedan motuba terbaik, CekAJa punya banyak rekomendasinya di sini.

pilihan mobil sedan motuba Rp25 jutaan

Motuba identik dengan mobil-mobil berusia tua mulai dari tahun 80-an hingga 90-an. Tak hanya menjadi pilihan alternatif mobil murah, motuba juga menjadi kesan dan penjiwaan tersendiri bagi para pehobi mobil tua.

Buat kamu yang ingin punya mobil tetapi sadar isi dompet tak mencukupi,  motuba bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi jenis motuba yang masih bisa tampil gaya, salah satunya adalah sedan.

Ya sudah daripada penasaran, berikut ini beberapa jenis sedan motuba yang masih oke untuk dijadikan kendaraan sehari-hari dan keluarga. Harganya juga cuma Rp25 jutaan saja!

1. Mazda Interplay 1991

Mazda Interplay 1991 - Mobil Sedan Motuba Rp25 Jutaan

Mobil ini merupakan salah satu jagoan pada zamannya. Mazda Interplay dikeluarkan untuk menyaingi kompetitor pada saat itu macam Daihatsu Charade, Toyota Corolla hingga Honda Grand Civic. Saat ini untuk mendapatkan Mazda Interplay, kamu cukup menyiapkan bujet sekitar Rp25 juta.

Harga tersebut masih rata-rata, karena ada juga yang jauh lebih terjangkau bahkan ada juga yang lebih dari harga di atas. Jangan khawatir, untuk urusan spare part, Mazda Interplay termasuk yang masih banyak tersedia baik di bengkel ataupun di marketplace.

Soal mesin, jangan diragukan lagi. Kapasitas mesin 1.600 cc bisa diadu dengan mobil keluaran baru sekalipun. Untuk interior memang kelihatan klasik. Tapi beberapa fitur dashboard dan part interior lainnya sudah cukup moderen dengan speedometer digital. Hanya saja kekurangannya mobil ini sering overheat.

2. Suzuki Esteem 1990

Suzuki Esteem 1990 - Mobil Sedan Motuba Rp25 Jutaan

Punya kocek Rp25 juta bisa juga beli motuba satu ini. Harga pasaran sekitar Rp25 juta bahkan bisa kurang untuk mobil keluaran tahun 1990 ini.

Suzuki Esteem dikenal dengan mobil irit atau menghabiskan bahan bakar hingga 10-12 kilometer per liternya untuk dalam kota dan 13-16 kilometer per liternya. Soal mesin, gak usah khawatir, motuba keluaran Suzuki memang dikenal bandelnya.

Hanya saja, banyak dikeluhkan orang, motuba satu ini memiliki kekurangan di bagian kaki-kaki yang ringkih dan performa AC yang kurang dingin.

(Baca Juga: Cek Ombak Tren Mobil 2020, MPV Bakal Kalah Telak dari SUV!)
3. Timor SOHC 1996

Timor SOHC 1996 - Mobil Sedan Motuba Rp25 Jutaan

Indonesia pernah bangga setelah mengeluarkan produk mobil sendiri pada pertengahan 1990-an dengan nama Timor alias Teknologi Industri Mobil Rakyat. mobil berkapasitas mesin 1400 cc itu sempat menjadi primadona di dalam negeri. Bahkan para pecintanya pun hingga saat ini masih eksis.

Untuk memiliki mobil Timor, kamu cukup mengeluarkan kocek Rp25 jutaan. Ada banyak mobil Timor dijual belikan baik secara offline maupun online. Kelebihan mobil satu ini adalah mesinnya sederhana, sistem perkabelan tidak rumit dan mudah mendeteksi kerusakan.

Hanya saja, masih banyak orang yang mengeluhkan sparepartnya yang cukup langka. Di beberapa keluarannya mobil Timor tidak terdapat power window sehingga harus menutup jendela secara manual.

4. Honda Accord Prestige 1980-an

Honda Accord Prestige 1980-an - Mobil Sedan Motuba Rp25 Jutaan

Bicara motuba, mungkin mobil satu ini adalah yang paling senior karena diproduksi pada era 1981 hingga 1985. Tapi nyatanya, motuba satu ini masih menjadi barang berharga bagi para pecinta mobil tua keluaran honda.

Ya! Buat kamu yang ingin memiliki mobil dengan harga Rp25 jutaan, kamu bisa memiliki Honda Accord Prestige 1989. Mobil satu ini meski diproduksi sudah cukup lama tetapi tampilan eksteriornya terbilang moderen. Soal fitur-fitur interior jangan khawatir, mobil ini sudah dilengkapi power window, audio, AC dan mesin berkapasitas 2.000 cc.

Hanya saja, buat kamu yang ingin memiliki mobil satu ini harus siap-siap menebalkan isi dompet. Karena motuba satu ini terkenal boros bahan bakar. Selain itu, kekurangan lainnya adalah kaki-kaki yang rapuh dan karburator yang susah disetel dan sparepart yang mahal.

5. Toyota Cressida 1986

Toyota Cressida 1986 - Mobil Sedan Motuba Rp25 Jutaan

Satu lagi mobil yang bisa dibeli dengan kocek sekitar Rp25 jutaan. Namanya Toyota Cressida keluaran 1986. Mobil tua satu ini juga pernah menjadi primadona pada zamannya. Dan hingga saat ini masih banyak pecinta mobil yang merawatnya.

Untuk urusan eksterior, Cressida boleh dibilang mewah dan elegan. Meski berbentuk kotak, Cressida sering dijadikan bahan perombakan mobil klasik oleh para pecinta motuba. Sementara untuk interiornya, mobil ini punya ciri khas klasik yang menjadi ciri khas para pehobi mobil tua.

Sayangnya, yang namanya mobil tua sudah pasti sparepartnya langka dan perawatannya pun tergolong cukup tinggi. Dan kekurangan lainnya adalah boros bahan bakar.

Nah, itulah beberapa pilihan buat kamu yang ingin memiliki mobil tapi hanya punya kocek sekitar Rp25 jutaan. Mobil-mobil tua di atas rata-rata bisa menampung sebanyak lima penumpang. Jadi cocoklah buat kamu yang punya keluarga kecil yang ingin punya kendaraan.

Hanya saja, sekedar mengingatkan, jika kamu tertarik membeli motuba, usahakan ajak kenalan yang benar-benar mengetahui soal mesin mobil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Punya mobil jenis apapun itu, jangan lupa bekali dengan asuransi kendaraan. Dengan jaminan tersebut, segala risiko mulai dari kerusakan karena kecelakaan atau pencurian bisa ditanggung sepenuhnya. Tahun 2020 masa belum punya asuransi? Demi hidup yang lebih aman dan nyaman, apply sekarang juga di CekAja.

(Baca Juga: Yuk, Intip Daftar Mobil di Bawah 200 Juta Paling Laris!)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.