Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

#Dirumah Aja, Ini 5 Film yang Asik Buat Temenin Kamu

by Miftahul Khoer on 26 Maret, 2020

Kondisi masyarakat saat ini secara psikologis mungkin tengah masuk dalam fase paranoid. Liarnya perkembangan virus novel  corona merupakan pemantik yang membuat rasa was-was dan khawatir kian berkecamuk di dada masyarakat.

film romantis terbaru 2020

Berbagai upaya juga sudah dilakukan oleh pemerintah seperti membuat rumah sakit darurat dan memberlakukan kebijakan social distancing untuk menghindari adanya kerumunan.

Namun ada banyak orang yang kini sudah mulai bosan diam di rumah. Tapi ada juga orang yang berusaha menyiasati kebosanan itu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dinamis dan menyenangkan.

Emang bener sih, berlama-berlama di rumah itu kan bisa bikin kamu gabut. Tapi gak usah khawatir, buat kamu yang kini lagi di rumah dan lagi mengisolasi diri, kamu bisa coba kegiatan yang menyenangkan seperti menonton film.

Dengan menonton film, mood kita juga bisa lebih baik. Apalagi di tengah kondisi sekarang yang menegangkan.

Selain kamu butuh hiburan kamu juga butuh kekuatan mental dan psikologis untuk bangkit dari keadaan ini.

Nah berikut ada 5 film yang bisa menginspirasi kamu untuk bangkit melawan penyakit dan virus seperti wabah virus Corona saat ini.

(Baca juga: 5 Film Terbaru Netflix 2020 untuk Menghilangkan Bosan)

1. Five Feet Apart (2019)

Diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Rachel Lippincott, Five Feet Apart adalah film drama romantis nan penuh perjuangan.

Kisah romantisme sepasang remaja ini menggugah. Kedua remaja tersebut punya penyakit, tetapi berjuang bareng melawannya,

lalu salah satu harus ‘pergi’ lebih dulu dan satunya lagi harus ikhlas melepas kepergian orang yang dicintai.

Ide cerita yang unik menjadi salah satu kekuatan dari film ini. Sebagai sesama pengidap Cystic Fibrosis (CF), keduanya tidak boleh berdekatan terlalu dekat.

Mereka merupakan pasien CF yang bertemu di sebuah rumah sakit khusus paru-paru.

Pesan dalam film ini sangat menyentuh yakni sentuhan orang-orang tercinta sungguh berarti, dan dalam akhir cerita mengingatkan untuk menyentuh orang-orang yang kamu cintai selagi kamu bisa dan hidup.

2. Train to Busan (2016)

Film ini bercerita tentang wabah penyakit mengerikan yang menjangkit manusia.

Film yang dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yoo-mi, dan Ma Dong-seok ini berkisah tentang negara Korea Selatan yang tengah diterpa bencana virus yang menyebabkan manusia menjadi zombie saling membunuh.

Yang menyeramkan ketika virus ini menginfeksi banyak orang di dalam kereta. Sehingga satu per satu penumpang kereta yang menuju ke Busan pun akhirnya menjadi korban dan hanya tersisa dua orang saja.

Namun ada pesan moral yang penting untuk diambil. Bahwa film ini berhasil menunjukkan bagaimana kerja sama mampu menaklukan kesulitan terberat untuk menghadapi ancaman apapun. 

3. Flu (2013)

Film Flu ini menceritakan tentang kekacauan warga Korea Selatan dikarenakan virus flu di salah satu daerah.

Sistem penularannya begitu cepat dan memakan banyak korban jiwa hanya dalam kurun waktu kurang dari sehari.

Flu, merupakan sebuah film bencana yang cukup masuk akal dan mengerikan. Cerita yang disajikannya mampu mengaduk emosi penonton dan membikin tegang.

Untuk mengatasi wabah tersebut, seluruh profesi di berbagai sektor bekerja sama. Mereka diantaranya tenaga medis, pemadam kebakaran hingga pihak militer dan politisi yang merencanakan strategi pertahanan agar tidak menginfeksi wilayah di luar Korea.

4. Contagion (2011)

Contagion adalah sebuah film yang disutradarai oleh Steven Soderbergh. Film ini diperankan diantaranya oleh Matt Damon, Kate Winslet dan Jude Law.

Contagion atau yang berarti “penularan’ berkisah tentang suatu virus yang mewabah.

Korban pertama yang diduga dari virus ini adalah Beth Emhoff. Ia tampak tak sehat dan kondisinya mirip seperti orang yang sedang menderita flu setelah kepulangan dari Hong Kong.

Sang sutradara Steven mengajak kita mengunjungi sejumlah rumah sakit dan negara yang terdampak wabah virus.

Steven yang juga merangkap penata sinematografi meramu sinematografi secara apik, laiknya fragmen-fragmen yang penuh adegan yang menggetarkan secara emosional seakan menyadarkan bahwa betapa bumi ini memberikan banyak kehidupan yang berarti.

Maka ketika wabah secara seketika merenggut banyak kehidupan, perihal menjaga bumi merupakan hal penting dan manusia pada akhirnya tak punya daya kekuatan apa-apa.

(Baca juga: 10 Film Komedi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri Paling Direkomendasikan)

5. World War Z (2013)

Film World War Z disutradarai oleh Marc Forster. Film ini diadaptasi dari buku novel berjudul sama karangan Max Brooks.

Film yang dibintangi Brad Pitt ini berkisah tentang sekelompok zombie yang menyerang berbagai kota metropolitan. Siapapun yang digigit oleh makhluk tersebut akan berubah menjadi zombie juga.

Tapi setelah serentetan panjang kisah berjuang melawan zombie-zombie ini, Gerry (Brad Pitt) memutuskan dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan dengan menyuntikkan virus sehingga dirinya menjadi sakit.

Percobaan itu berhasil, ternyata zombie tidak bisa mendeteksi keberadaan Gerry. Akhirnya PBB memproduksi vaksin-vaksin itu yang digunakan sebagai kamuflase tetapi bukan sebagai obat untuk menyembuhkan zombie.

Vaksin-vaksin digunakan oleh manusia yang masih hidup untuk mempertahankan diri atau untuk melawan zombie.

Dari 5 film di atas mungkin kamu bisa mengambil hikmah dan pesan moral untuk bisa direnungkan dan terapkan dalam kondisi darurat seperti sekarang ini akibat wabah virus Corona yang menimpa dunia.

Kamu juga bisa tetap produktif dengan menjalankan bisnis. Butuh modal? Akses saja JULO dan dapatkan kredit digital dengan cepat dan aman. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.