Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

#Dirumahaja Belum Afdol Kalau Tidak Mengkonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

by Miftahul Khoer on 31 Maret, 2020

Upaya pemerintah untuk mencegah virus Corona terus digalakkan, salah satunya caranya adalah dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga darurat kesehatan. Ketika PSBB dilakukan, yang artinya kamu #dirumahaja, rasanya tak lengkap jika tidak ada 5 makanan sehat ini.

Meski begitu, kegiatan #dirumahaja bisa saja jadi tak baik jika tak dibarengi dengan berolahraga dan menjaga pola makan yang baik. Untuk memiliki tubuh yang sehat itu perlu asupan makanan yang sehat juga.

Nah dalam kondisi seperti ini, makanan sehat yang praktis harus selalu tersaji di rumahmu, biar kamu selalu sehat dan tubuh kamu tak terserang virus.

Berikut 5 makanan yang harus ada saat jalani social distancing, tengok apa aja kira kira ya?

(Baca juga: Peluang Bisnis Makanan Sehat Di Tengah Penyebaran Pandemi Virus Korona)

1. Sayuran

Makanan sehat dan praktis pertama yaitu sayuran. Dalam kondisi seperti ini sayuran adalah makanan yang harus ada untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat saat jalani kegiatan #dirumahaja.

Sebab di sayuran merupakan sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Dan sayuran juga lebih gampang diolah.

Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai varian, seperti dijadikan salad, sup, tumis, dan juga dimakan atau bisa juga dijadikan lalapan dengan sambal.

Sebaiknya sayuran ini tidak terlalu lama memasaknya, agar kandungan protein nabati ini selalu terjaga.

2. Buah-buahan

Buahan-buahan terbukti banyak memberi manfaat bagi kesehatan sebagai sumber vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah menjadi makanan yang harus tersedia di rumah kamu saat jalani kegiatan #dirumahaja.

Imunitas tubuh dalam kondisi saat ini memang sangat perlu dijaga. Nah buah-buahan seperti mangga, jeruk, kiwi, ataupun stroberi menjadi makanan wajib yang harus tersedia.

Sebab buah-buahan merupakan sumber vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh kamu. selain bisa dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya dengan berbagi olahan .

3. Telur

Makanan sehat dan praktis yang perlu tersedia saat jalani social distancing yaitu telur.

Siapa yang tak doyan telur? Selain enak dikonsumsi, telur merupakan bahan yang sehat dan praktis yang bisa diolah dengan cara-cara sederhana dan praktis. 

Telur merupakan sumber protein, dan telur juga mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, sebutir telur itu dipercaya mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

4. Abon

Makanan yang satu ini juga wajib tersedia. Abon cocok dikonsumsi saat kamu menjalani social distancing karena sangat praktis dan bisa tahan lama.

Selain itu, kandungan protein hewani yang terdapat pada abon baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi abon ternyata baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh lo karena mengandung senyawa selenium.

Selain kandungan gizinya antara lain terdiri dari energi 212 Kkal, protein 18 gram, dan karbohidrat 59,3 gram. Kandungan tersebut bisa membuat kamu mendapatkan asupan energi yang baik untuk beraktivitas.

(Baca juga: Makanan Tahan Lama yang Bisa Diandalkan Saat Social Distancing)

5. Cornet

Selain dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama, makanan kaleng seperti kornet dan sarden juga dapat memenuhi gizi dan nutrisi kamu selama menjalani masa isolasi di rumah lo.

Selain itu juga mudah disajikan dan diolah dengan simple. Caranya ya tinggal kamu panaskan di wajan.

Untuk menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan bahan makanan lain yang sesuai selera kamu.

Seperti kornet daging sapi ini yang mengandung zat besi. Nah ini baik untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan terhindar dari anemia.

Selain mencegah anemia, daging sapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh serta terhindar dari serangan penyakit dan tubuh selalu dalam kondisi prima, meski kamu selalu di rumah.

Itulah 5 makanan yang harus tersedia di rumah, terutama bagi kamu yang sedang menjalankan kegiatan #dirumahaja.

Makanan tersebut bisa jadi sebagai penjaga tubuh kami agar selalu terhindar dari berbagai penyakit. Semoga kamu selalu sehat ya di rumah. 

Untuk berbelanja kamu bisa manfaatkan kemudahan transaksi non tunai melalui kartu kredit. Ajukan kartu kredit kesukaanmu di CekAja.com

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.