Disney+ Hotstar atau Netflix, Mana Nih Layanan Streaming Paling Oke?

Saat ini yang paling trending dari semua aplikasi nonton film ini adalah Disney+ Hotstar dan Netflix. Diantara keduanya kalian lebih memilih mana nih, Disney+ Hotstar atau Netflix?

Meski masing-masing memiliki konten dan memiliki penontonnya sendiri. Sebelumnya, Disney+ Hotstar dan Netflix pernah ternyata bekerja sama, di mana Disney mengizinkan Netflix untuk menyiarkan beberapa acara dan film aslinya di aplikasi.

Namun, sekarang kedua aplikasi ini memiliki tujuan yang berbeda dan tidak lagi bekerja bersama. Kita pasti agak bingung tentang aplikasi mana yang terbaik untuk menonton film dan acara TV dimana menonton secara streaming sedang menjadi tren.

(Baca Juga: Tontonan Wajib Bagi Keluarga)

Apakah kita akan memilih Disney+ Hotstar atau Netflix? Tapi sebelum itu tentu kita harus mengetahui informasi mendetail tentang Disney+ Hotstar atau Netflix mengenai langganan, jenis acara, apa yang trending saat ini, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberimu perbandingan mendetail antara kedua aplikasi, lalu menyerahkan keputusan kepada kamu tentang mana yang terbaik untuk menonton streaming.

Disney+ Hotstar atau Netflix?

Baik Disney+ Hotstar atau Netflix adalah layanan streaming TV yang populer, dan banyak dari kita harus memiliki biaya berlangganan. Mulai dari genre atau konten acara TV di Disney+ Hotstar atau Netflix, keduanya memiliki genre yang beragam.

Sementara Netflix terutama membahas konten klasik, acara Disney+ Hotstar lebih berpusat pada konten yang ramah keluarga. Sejak Disney+ Hotstar mendapatkan banyak popularitas, beberapa acara TV seperti acara Marvel telah dihapus dari Netflix.

Secara bersamaan, bahkan Netflix lebih fokus pada produksi aslinya dan memiliki seri lain seperti Stranger Things, F.R.I.E.N.D.S sebagai bagian darinya. Sekarang mari kita bandingkan fitur yang berbeda dari keduanya.

Fitur & Ketersediaan

Baik Disney+ Hotstar atau Netflix tersedia di beberapa platform seperti Android, iOS, firesticks, perangkat Chromecast, dan bahkan di komputer pribadi atau laptop. Kecuali empat negara, China, Korea Utara, Krimea, dan Suriah, Netflix tersedia di 190 negara.

Di sisi lain, hanya sedikit negara seperti AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, Belanda, dan lainnya. 

Sedangkan untuk Disney+ Hotstar bisa diakses di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Belanda, Selandia Baru, Irlandia, Jerman, Inggris, Italia, Austria, Spanyol, Swiss, India, Jepang, Prancis, Belgia, Luksemburg, Portugal, Nordik, Eropa Timur, Amerika Latin (rilis akhir 2020), dan sebagian Asia Pasifik (rilis tahun 2021). 

Disney+ Hotstar memiliki memiliki tujuh profil pengguna, yang sedikit lebih tinggi dari Netflix yang hanya memiliki lima profil pengguna.

Berlawanan dengan Disney+ Hotstar, Netflix mungkin tidak memiliki akses ke acara TV paling populer, tetapi memiliki konten orisinalnya, yang sering membuat orang terpesona.

Biaya Berlangganan

Biaya berlangganan Disney+ Hostar lebih murah dibandingkan dengan Netflix. Langganan bulanan Disney+ Hostar adalah Rp 39.000,- dan  langganan tahunan adalah Rp 199.000,-. Ini dianggap sebagai paket dasar untuk Disney+ Hotstar. 

Di sisi lain, Netflix memiliki empat paket langganan yang berbeda: Paket Mobile, Paket Dasar, Paket Premium, dan Paket Standar. Masing-masing paket ini memiliki fitur tambahan.

Paket Standar akan memungkinkan pengguna merasakan Kualitas HD hingga dua layar. Sedangkan Paket Premium memungkinkan pengguna untuk melihat acara TV dan film dalam kualitas HD hingga 4 layar.

Paket mobile berharga sekitar Rp 54.000 per bulan, Standar berharga sekitar Rp 153.000 sebulan, dan terakhir, Paket Premium sekitar Rp 186.000. Jadi bisa pilih langganan Disney+ Hotstar atau Netflix sesuai budget ya.

Genre dan Konten

Seperti yang sudah kita bahas, konten dan genre dari kedua aplikasi TV streaming itu berbeda. Disney+ Hotstar memiliki rangkaian acara TV dan film yang berbeda.

Kita akan menemukan beberapa film lokal, serial populer, dokumenter, konten original  dari studio Disney, Marvel, Pixar, Star Wars dan lainnya. Di sisi lain, Netflix mempersembahkan kepada pemirsanya sejumlah acara klasik seperti F.R.I.E.N.D.S, Office, dan banyak lagi selain yang disebutkan diatas.

Di Netflix sudah ada lebih dari 4 ribu film dan 47 ribu episode serial. Disney+ Hotstar adalah platform jika kita lebih menyukai acara atau film hit daripada yang asli. Sedangkan jika kamu yang sering mendambakan konten unik, Netflix bisa jadi pilihan yang tepat.

Konten-konten dengan banyak penghargaan juga sering muncul di Netflix. Mau pilih Disney+ Hotstar atau Netflix nih?

Tampilan Layar

Untuk tampilan layar keduanya, Disney+ Hotstar atau Netflix masing-masing memiliki tampilan yang unik. Konten Disney+ Hotstar ditampilkan dalam baris horizontal dengan pola campur aduk.

Ia bahkan menunjukkan kepada kita konten atau pertunjukan yang dapat menarik minat kita. Selain itu, karena memiliki akses ke Marvel, Pixar, National Geographic, dan Star Wars, ada tombol terpisah dibuat untuk masing-masing.

Di sisi lain, Netflix mengatur kontennya sesuai dengan genre yang berbeda seperti thriller, komedi, atau romantis. Kita bisa melihat salah satu pertunjukan sesuai pilihan kita.

Jumlah Pelanggan

Netflix memiliki lebih dari 200 juta pelanggan dari seluruh dunia. Sedangkan Disney+ Hotstar memiliki 86 juta pelanggan hanya dalam beberapa tahun, jadi Disney+ Hotstar masih jauh dari Netflix untuk segi pelanggan.

Baik Disney+ Hotstar atau Netflix memiliki sesuatu yang menarik untuk ditawarkan kepada penggunanya. Pada saat yang sama, Disney+ Hotstar masih menghadirkan acara yang semakin unik dan konten bermanfaat lainnya.

Di sisi lain, Netflix sedikit lebih maju dan selangkah lebih maju dengan kontennya. Namun, Disney+ Hotstar memiliki penawaran bagus untuk diberikan kepada penggunanya dalam hal langganan, sementara Netflix mungkin sedikit berat di kantong.

Selain itu, Disney+ Hotstar memiliki acara TV untuk semua kelompok umur, dari anak-anak hingga dewasa. Namun, tidak demikian halnya dengan Netflix, yang mungkin menarik lebih banyak remaja dan orang dewasa.

(Baca Juga: Selain Nonton Film, Musik Juga Punya Banyak Manfaat Buat Kesehatan)

Sementara itu ada banyak kesamaan antara Disney+ Hotstar dan Netflix yaitu bisa ditonton secara online, menyediakan subtitle bahasa Inggris serta bahasa masing-masing negara layanan, bebas dari iklan yang mengganggu serta bisa diatur Mode Anak agar anak bisa menonton film atau serial sesuai dengan usianya.

Jadi memilih Disney+ Hotstar atau Netflix sebenarnya hanya menurut selera serta kebutuhan masing-masing pelanggan. Dan untuk mempermudah pembayaran dalam berlangganan, kita bisa menggunakan kartu kredit.

Disnet+ Hotstar dan Netflix menerima pembayaran dari berbagai kartu kredit. Beberapa pilihan kartu kredit pun bisa kita temukan di CekAja.com yang pasti juga menawarkan kemudahan dan kecepatan.

Yuk, buruan miliki kartu kredit pilihanmu dan berlangganan aplikasi streaming terbaikmu.