10 Drama Korea Terbaik di Netflix, Salah Satunya Reply 1988

7 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Selain film, ternyata drama Korea terbaik di Netflix juga ada sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah drama Korea terpopuler yang banyak ditonton masyarakat, seperti Reply 1988, Crash Landing On You dan lain sebagainya.

Drama Korea mungkin identik dengan genre romantis. Namun realitanya, ada banyak drama Korea terbaik di Netflix yang bergenre selain romantis, di antara yaitu genre action, komedi dan thriller yang bisa ditonton.

Semua genre tersebut, tentunya dikemas dengan cerita-cerita yang unik dan menarik, sehingga tidak membosankan untuk ditonton.

Jika kamu penasaran, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa daftar drama Korea terbaik di Netflix, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Drama Korea Terbaik di Netflix

1. Reply 1988

Tahun rilis: 2015 – 2016

Rating IMDb: 9,1

Drama Korea terbaik di Netflix yang pertama, yaitu Reply 1988. Posisi ini mungkin tidak mengejutkan, karena Reply 1988 memang menjadi drama Korea yang memiliki banyak penggemar.

Bagaimana tidak, pasalnya drama yang terdiri dari 20 episode ini bercerita tentang lima keluarga dengan permasalahannya masing-masing, yang saling bertetangga di sebuah gang di Ssangmun-dong, pinggiran utara Seoul.

Setiap anak dari lima keluarga tersebut, kemudian saling bersahabat hingga dewasa. Namun dibalik persahabatan dan hubungan kekeluargaan yang terjalin, ternyata ada cinta dan konflik yang terjadi, bahkan melibatkan satu sama lain.

Reply 1988 sendiri merupakan bagian ketiga dari serial drama Korea Reply, setelah Reply 1997 dan 1994.

Menariknya, untuk Reply 1988 ini cenderung lebih membahas tentang percintaan dan persahabatan, dibandingkan kultur pop Korea, seperti dua bagian sebelumnya.

2. Crash Landing On You

Tahun rilis: 2019 – 2020

Rating IMDb: 8,7

Meski terbilang drama baru, namun Crash Landing On You menjadi salah satu drama Korea terbaik di Netflix.

Hal tersebut dikarenakan drama ini berhasil menarik penonton, yang sebelumnya tidak pernah menonton drama Korea.

Jika melihat dari sinopsisnya, drama ini berkisah tentang seorang putri konglomerat sekaligus pebisnis muda yang sukses di Korea Selatan, yaitu Yoon Se-ri yang mengalami kecelakaan saat bermain paralayang, yang membuatnya tersesat di Korea Selatan.

Pada saat itu, ia bertemu dengan Ri Jeong Hyuk, yang merupakan kapten di wilayah perbatasan.

Nah, pertemuannya tersebut berujung pada sejumlah petualangan dalam menghindari kecurigaan orang-orang Korea Utara, perjuangan kembali ke Korea Selatan, serta hadirnya cinta di antara petualangan-petualangan yang terjadi.

Dari sinopsisnya saja mungkin sudah bisa dilihat, kalau drama Korea yang satu ini memiliki cerita yang dibumbui oleh romansa klasik.

Sehingga, ketika menonton film ini kamu akan mendapatkan sensasi menonton yang menegangkan, lucu, sekaligus terenyuh di beberapa bagian film.

3. SKY Castle

Tahun rilis: 2018 – 2019

Rating IMDb: 8,7

Selain dua drama di atas, SKY Castle juga menjadi bagian dari sejumlah drama Korea terbaik di Netflix yang wajib ditonton.

Bercerita tentang kisah empat keluarga yang tinggal di lingkungan elit bernama Sky Castle. Yang mana, masing-masing istri dari keluarga tersebut sangat antusias dengan pendidikan, sehingga membuat anaknya terluka karena antusias tersebut.

Namun tragisnya, antusias itu tidak hanya dilimpahkan pada anak-anaknya saja, tetapi juga pada suaminya yang dituntut harus semakin sukses, meskipun harus dengan cara menghancurkan hidup orang lain.

Karena banyaknya konflik yang diangkat, serta dinilai menggambarkan sisi kontroversial masyarakat Korea dan dunia pendidikannya, drama ini menjadi drama Korea terbaik dan sukses mendapatkan rating tertinggi di saluran TV kabel sejak 2019, sebelum akhirnya direbut oleh drama The World of The Married tahun ini.

(Baca Juga: 7 Rekomendasi Drama Korea)

4. Hospital Playlist

Tahun rilis: 2020

Rating IMDb: 8,7

Hayo, siapa di antara kamu yang belum nonton Hospital Playlist? Hati-hati terkena spoiler, ya. Sebab, drama ini menjadi salah satu drama Korea terbaik di Netflix yang paling banyak ditonton.

Apalagi, jalan cerita yang diberikan drama ini bagus dan sangat menarik. Sehingga sangat wajar, apabila Hospital Playlist mendapat rating IMDb sebesar 8,7.

Bicara soal jalan cerita, drama yang terdiri dari 12 episode ini berkisah tentang lima orang dokter yang sudah saling berteman sejak sekolah kedokteran, kemudian lanjut bekerja di rumah sakit yang sama, dan harus melihat kehidupan dan kematian setiap harinya.

Mungkin jika dilihat dari jalan ceritanya biasa saja, namun drama ini memberikan nuansa yang berbeda karena mengangkat lebih banyak sisi humanis, seperti kehidupan para dokter, suster, hingga kehidupan pasien yang beragam.

5. Love Alarm

Tahun rilis: 2019

Rating IMDb: 7,4

Menempati posisi kelima, Love Alarm menjadi bagian dari drama Korea terbaik di Netflix yang wajib ditonton.

Hal itu karena, film ini tidak hanya menyajikan jalan cerita yang bagus, tetapi juga menghadirkan para pemain muda terkenal yang sangat berbakat, seperti Kim So Hyun, Song Kang dan Jung Ga Ram.

Drama ini pada dasarnya sangat cocok ditonton oleh kamu yang suka dengan jalan cerita romantis. Dan jika ingin menontonnya, kamu hanya bisa menonton di Netflix.

Sebab, drama romantis remaja yang diadaptasi dari webtoon ini memang eksklusif hanya ditayangkan di Netflix.

6. Strong Woman Do Bong Soon

Tahun rilis: 2017

Rating IMDb: 8,2

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu drama Strong Woman Do Bong Soon? Drama Korea terbaik di Netflix bergenre komedi ini, menghadirkan Park Bo Young, Park Hyung Sik dan Ji Soo sebagai pemeran utamanya.

Di dalam drama ini, Park Bo Young berperan sebagai Do Bong Soon, yaitu seorang gadis bertubuh mungil dan terlihat layaknya manusia biasa, namun ternyata memiliki kekuatan super yang diturunkan dari keluarganya.

Jika tertarik untuk menontonnya, Strong Woman Do Bong Soon terdiri dari 16 episode, dengan durasi per episode-nya sekitar 1 jam.

Meskipun begitu, namun drama ini tidak membuatmu jenuh menontonnya, karena menyisipkan banyak adegan yang membuatmu tertawa terbahak-bahak.

7. It’s Okay to Not Be Okay

Tahun rilis: 2020

Rating IMDb: 8,8

Drama Korea terbaik di Netflix yang ketujuh, yaitu It’s Okay to Not Be Okay. Bisa dibilang, ini juga menjadi drama yang sangat populer di hampir seluruh dunia, karena menghadirkan sosok Moon Kang Tae yang diperankan oleh Kim Soo Hyun, dan Go Moon Young yang diperankan oleh Seo Ye Ji.

Drama yang episode terakhirnya selesai di sekitar bulan Agustus ini, bercerita tentang kisah cinta yang dapat menyembuhkan luka masa lalu satu sama lain, tepatnya antara Moon Kang Tae dan Go Moon Young.

Drama ini pun sedikit berbeda dari drama Korea lainnya, karena tidak hanya menampilkan sisi romantis saja, tetapi juga banyak membahas soal kesehatan mental, termasuk proses penyembuhannya.

8. Itaewon Class

Tahun rilis: 2020

Rating IMDb: 8,2

Itaewon Class merupakan salah satu drama Korea adaptasi Webtoon yang rilis pada 2020, dan sangat sukses. Tentunya tidak hanya sukses di Korea saja, tetapi juga sukses di mancanegara.

Drama yang diperankan oleh Park Seo Joon ini, berkisah tentang Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon), yang memiliki ambisi mendirikan franchise restoran bernama DanBam, karena luka masa lalunya terhadap mantan bos ayahnya, yang tega memanipulasi kematian ayahnya.

Sebelum membangun restoran tersebut, Park Sae Ro Yi sempat hidup menderita selama tiga tahun di penjara, akibat tuduhan percobaan pembunuhan pada anak Jang Dae Hee (Yoo Jae Myung), mantan bos ayahnya yang bernama Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun).

9. The King: Eternal Monarch

Tahun rilis: 2020

Rating IMDb: 8,3

Di urutan kedelapan ada The King: Eternal Monarch. Drama Korea terbaik di Netflix ini diperankan oleh Lee Min Ho, seorang aktor Korea papan atas yang sudah banyak memainkan drama populer.

Di sini, Lee Min Ho berperan sebagai Kaisar Lee Gon, yang akan beradu peran dengan Kim Go Eun sebagai Jung Tae Eul.

Yang mana, pada film ini keduanya saling bekerjasama dalam menutup pintu dua alam paralel, yaitu Republik Korea dan Kekaisaran Korea yang sebelumnya terbuka oleh iblis yang lepas ke dunia manusia.

Meski drama ini sudah tayang sejak April 2017, namun The King: Eternal Monarch hingga kini masih menjadi drama terfavorit di Netflix.

10. Hi Bye, Mama!

Tahun rilis: 2020

Rating IMDb: 8,0

Drama Korea terbaik di Netflix yang terakhir, yaitu Hi Bye, Mama!. Berkisah tentang seorang ibu bernama Cha Yu Ri (Kim Tae Hee), yang hidup kembali setelah meninggal 5 tahun lalu, karena kecelakaan tragis yang menimpanya.

Namun selama hidup kembali, ia diberi waktu 49 hari untuk menyelesaikan misi yang diberikan, serta diberi kesempatan untuk kembali ke anak dan suaminya.

Tetapi sayangnya, suaminya ternyata sudah menikah lagi dan anaknya sudah memiliki ibu baru.

(Baca Juga: Film Drama Korea Paling Sedih)

Nah beberapa daftar drama Korea terbaik di Netflix, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua drama Korea tersebut, tentunya bisa kamu tonton di Netflix secara lengkap. Namun jika belum memilikinya, maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu dan berlangganan agar bisa menonton lebih puas.

Untuk berlangganan Netflix sendiri, kamu perlu membayar sejumlah uang setiap bulannya. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, nantinya tagihan Netflix yang harus dibayarkan akan langsung mendebet atau memotong limit dari kartu kreditmu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot dan pusing memikirkan biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Kamu hanya perlu membayar tagihan kartu kredit dengan cara dicicil, agar tidak memberatkan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani