Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Duduk Manis di Rumah Tapi Menghasilkan Uang? Coba Yuk!

by Miftahul Khoer on 31 Oktober, 2019

Di era teknologi internet seperti sekarang ini, bekerja tidak lagi selalu berarti harus pergi ke kantor setiap hari. Kecepatan komunikasi membuat rantai pekerjaan menjadi lebih efisien. Laporan kerja bisa langsung dikirim dari jarak ribuan kilometer. Rapat bisa dilakukan melalui panggilan video.

kerja freelance - CekAja.com

Hal ini sangat menguntungkan bagi sebagian orang terutama yang kondisinya tidak memungkinkan untuk memiliki pekerjaan konvensional, misalnya para ibu rumah tangga.

Atau juga kaum milenial mageran yang males macet-macetan dan lebih suka kerja dari rumah saja.

Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Berikut ini adalah contoh pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah buat kamu yang mungkin sedang mencari inspirasi.

Beberapa pekerjaan berikut ini membutuhkan skill professional. Jadi kalau masih ada yang beranggapan jadi freelancer itu enak, nggak perlu pendidikan, nggak perlu keahlian, nggak perlu profesionalisme, dan sebagainya, kasusnya tidak selalu seperti itu.

Untuk menjadi seorang freelancer, justru diperlukan skill mumpuni. Kamu memang nggak harus kuliah atau ikut program pelatihan yang mahal banget, tapi latihan itu sangat perlu. Kenapa?

Karena dunia freelancer adalah medan persaingan yang sangat ketat. Saingannya banyak. Di luar sana banyak freelancer lain yang mungkin menawarkan jasa yang sama, yang mereka sudah berbekal skill dan jam terbang yang tinggi.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menekuni salah satu dari daftar pekerjaan berikut ini, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan diri.

Banyak latihan, banyak baca, banyak nonton video, nanya-nanya ke orang, dan lain sebagainya. Apapun yang kamu butuhkan untuk meningkatkan skill.

Oke, tanpa panjang kata, langsung saja ke pekerjaan apa saja sih yang bisa dilakukan di rumah berikut ini.

(Baca juga: Pekerjaan Tanpa Ngantor: Dari Wartawan Sampai Freelancer, Cek Yuk!)
1. Desainer grafis

Desain grafis adalah jasa yang banyak dibutuhkan beberapa tahun belakangan ini. Banyak hal yang mereka lakukan seperti misalnya mendesain logo (mulai dari perusahaan besar sampai online shop kecil), mendesain kartu nama (mulai dari hotel sampai perorangan).

Pekerjaan untuk mendesain brosur, pamflet, banner, materi iklan digital, dan lain sebagainya juga bisa dilakukan. Banyak sekali hal yang bisa dikerjakan oleh desainer grafis.

Tentu saja untuk menekuni profesi ini kamu membutuhkan kemampuan mengoperasikan software desain grafis secara mahir.

2. Desainer website

Makin berkembangnya dunia internet, makin banyak perusahaan atau perorangan yang membuat websitenya sendiri-sendiri, tentunya profesi yang satu ini juga jadi makin banyak dicari.

Sama seperti desainer grafis, seorang desainer web juga harus menguasai skill yang mumpuni. Skill seperti ini bisa kamu dapatkan melalui pendidikan formal atau juga secara otodidak asal disiplin berlatih. Ingat kata pepatah, rajin pangkal pandai.

3. Video editor

Bukan hanya perusahaan besar yang membuat iklan. Perusahaan kecil yang mau membuat materi iklan online, atau bahkan Youtuber personal pun kadang butuh bantuan editor lo.

Banyak dari mereka itu yang nggak ngedit videonya sendiri, melainkan menggunakan jasa video editor. Sama seperti dua profesi sebelumnya, yang satu ini juga membutuhkan kecakapan mengoperasikan software video editing.

4.  Media sosial manager

Ini juga kliennya bisa bervariasi mulai dari perusahaan, selebritis, sampai selebgram. Tugas seorang social media manager ya mengelola akun sosial media klien.

Memposting atas nama klien, menyapa followers atas nama klien, mungkin membalas komentar, dan lain sebagainya. Yang diperlukan untuk profesi ini adalah kemampuan manajerial.

Tahu cara memposting konten yang menarik. Tahu cara menyapa penggemar dengan menyenangkan dan nggak membosankan sehingga membuat mereka betah, menjaga kualitas engagement, dan kalau bisa meningkatkan pertumbuhan akun.

(Baca juga: Yakin Mau Kerja Freelance? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!)
5. Blogger

Udah banyak yang menjalani kalau ini sih. Blog zaman now nggak hanya jadi virtual diary, tapi udah jadi pekerjaan yang ditekuni banyak orang. Skill yang diperlukan setidaknya adalah menulis, tentu saja.

Trus juga mengatur tema blog, mengelola postingan, dan lain sebagainya. Untuk menjalani blogging sebagai profesi, kamu nggak hanya harus menguasai teknik tulis menulis (yang ini dasar banget, modal utamanya).

Tetapi juga gimana caranya biar postingan itu memperoleh banyak views sesuai yang diminta klien, dan lain sebagainya.

6. Penulis

Makin ke sini, profesi penulis makin lebar range-nya. Nggak hanya penulis buku, tapi juga penulis opini di media daring, content writer, jasa tulis artikel, dan banyak lagi. Skill yang harus dikuasai tentu saja menulis dan self editing.

Bagaimana, jenis pekerjaan apa yang kira-kira cocok untuk kamu? Kalau kamu memiliki hasrat di bidang wirausaha, jangan ragu untuk mengajukan KTA di CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.